faq FAQ

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Pemesanan
    • Tiket

      Tiket

      Bagaimana memesan tiket Citilink? Tiket penerbangan dapat dipesan secara online di www.citilink.co.id, mobile apps Citilink, dan melalui call center di 0804-1-080808, sales office dan travel agent terdekat.

      Bagaimana membayar tiket setelah memesan tiket penerbangan?

      Pembayaran dapat dilakukan di www.citilink.co.id, mobile apps Citilink, Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Indomaret, Carrefour, Kantor Pos Indonesia, ATM, Sales office Citilink, dan travel agent terdekat. Untuk informasi lengkap klik www.citilink.co.id/payment-channel

      Bagaimana memesan tiket melalui telepon?

      Pemesanan tiket melalui telepon di nomor 0804-1-080808. Tim call center kami akan membantu anda untuk reservasi tiket anda dan selanjutnya anda dapat melakukan pembayaran.

      Berapa harga tiket penerbangan Citilink untuk tanggal xx dari kota yy ke zz?

      Untuk informasi lengkap harga penerbangan, anda dapat mengunjungi website kami. Informasi ini tidak tersedia di akun social media, harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti ketersedian kursi penerbangan.

      Kenapa harga tiket berubah-ubah dari waktu ke waktu?

      Harga tiket dapat berubah tergantung dengan ketersedian kursi penerbangan. Kami menyarankan agar anda segera memesan tiket sebelum harga tiket berubah.

      Berapa lama sebelum penerbangan, saya bisa memesan dan membeli tiket pada citilink.co.id?

      Penerbangan yang anda pesan harus 2 jam setelah anda melakukan pembelian tiket di www.citilink.co.id. Jika salah satu penerbangan anda berangkat kurang dari 2 jam maka kunjungi ticketing office Citilink di bandara terdekat.

      Berapa banyak jumlah penumpang yang dapat saya pesan dalam satu reservasi?

      Diatas 9 orang penumpang dapat memesan satu kali dalam satu reservasi. Untuk jumlah penumpang yang lebih besar, silahkan menghubungi groupdesk@citilink.co.id

      Di mana lokasi yang pasti dari kantor penjualan Citilink di bandara internasional Soekarno Hatta?

      Kami berada di terminal 1C

      Dapatkah saya memesan tiket untuk connecting flight?

      Ya, anda dapat membeli tiket untuk connecting flight dengan memilih kota asal dan kota tujuan di kotak pencarian penerbangan. Sistem akan otomatis mencari connecting flight untuk kota asal dan kota tujuan akhir dan system akan memberikan anda pilihan penerbangan.

      Apakah tiket Citilink sudah termasuk dengan airport tax?

      Ya, tiket Citilink sudah termasuk dengan airport tax

      Apakah bisa memesan makanan melalui website www.citilink.co.id?

      Anda dapat membeli/memesan makanan melalui website Citilink, dengan syarat batas pemeasan paling lambat atau maksimal 2x24 jam sebelum jadwal keberangkatan Anda yang telah terkonfirmasi.

      Apa yang dimaksud dengan IWJR, PSC dan Surcharge?

      • IWJR = biaya asuransi jasa raharja, dimana wajib dibayarkan oleh penumpang, dan dana nya masuk ke lembaga jasa raharja, dan ini diluar harga tiket.
      • PSC atau Passenger Service Charge yaitu Airport tax, dimana biasanya biaya ini dibayarkan saat dibandara dan dananya masuk kepada angkasa pura, namun saat ini untuk penerbangan Citilink, pembayaran PSC dikolektif terlebih dahulu melalui Citilink, untuk nantinya disetorkan kepada Angkasa Pura.
      • Surcharge yaitu biaya tambahan yang ditetapkan oleh pemerintah, atas naiknya bahan bakar yang dipicu oleh lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar.  Surcharge merupakan Peraturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) No.2 tahun 2014 tentang Besaran Biaya Tambahan Tarif Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang disosialisasikan 26 Februari 2014 lalu. 

      Apakah saya bisa memesan tiket untuk anak saya yang akan berpergian tanpa pendamping?

      Citilink melayani penumpang UM (Unaccompanied Minor) untuk anak yang berusia dibawah 12 tahun, dengan ketentuan orang tuanya harus datang kekantor Citilink terdekat / di bandara dikarenakan orang tuanya harus membuat surat pernyataan 

      Apakah pembelian tiket anak akan mendapatkan harga khusus?

      Tidak, penumpang anak akan dikenakan harga normal

      Apakah pembelian tiket untuk penumpang usia lanjut (60 tahun keatas) akan mendapatkan harga khusus?

      Tidak, penumpang usia lanjut akan dikenakan harga normal

    • Destinasi

      Destinasi

      Dimana saja destinasi penerbangan Citilink? Dimana saya bisa melihat jadwal penerbangan terkini? Untuk saat ini, Citilink melayani 28 rute domestik. Untuk informasi lengkap kunjungi website kami atau klik www.citilink.co.id/route-map untuk rute penerbangan kami.

      Di kota apa saja Citilink dapat terbang?

      Silahkan melihat kota yang tersedia di halaman Citilink atau anda dapat melihat pada flight search box.

      Mengapa saya tidak menemukan penerbangan yang saya inginkan?

      Hal ini terjadi karena beberapa alasan:

      • Rute penerbangan yang tidak beroperasi setiap hari
      • Kursi mungkin tidak tersedia
      • Kami memiliki 2 bandara di Jakarta, rute tersebut beroperasi dari Halim Perdanakusuma (HLP) atau Soekarno Hatta (CGK). Cek kembali rute anda, apakah citilink terbang dari dua bandara tersebut pada kotak pencarian penerbangan 
    • Pembayaran

      Pembayaran

      Apakah aman membayar menggunakan kartu kredit di www.citilink.co.id dan mobile apps Citilink?

      Ya, informasi kartu kredit anda aman dengan menggunakan advanced web technology yaitu SSL (Secure Socket Layer) untuk melindungi informasi yang bersifat personal . SSL adalah sebuah standard industry technology yang didukung oleh Internet Explorer, Netscape, Safari, Firefox dan web browser lainnya. Citilink menggunakan SSL untuk mengenkripsi data pada kartu kredit anda agar tidak dapat terbaca oleh orang lain.

      Dapatkah saya memesan tiket dan membayar tiket dengan menggunakan kartu kredit teman saya dan dia tidak ikut dalam penerbangan tersebut?

      Ya, tentu saja. Tetapi, anda harus membawa dan menunjukan foto kopi kartu kredit dan kartu identitas yang valid pada saat check in di konter Bandara.

      Apa yang dimaksud dengan Card Security Code (CVV)?

      Card security code adalah 3 atau 4 digit kode yang menyediakan proteksi tambahan terhadap penipuan kredit card. Dengan meminta card security code, kami memvalidasi reservasi online oleh pelanggan dalam kepemilikan dari kredit atau kartu debit dan rekening tersebut sah

      Dimana saya bisa melihat security code located?

      VISA dan Mastercard: Lihat pada bagian belakang kartu di panel tanda tangan. Anda akan melihat 3 digit kode setelah seluruh 16 digit nomor kartu kredit anda atau hanya 4 digit terakhir nomor kartu kredit anda. 3 digit kode ini adalah kode kode keamanan kartu anda.

      Akan citilink.co.id menyimpan kode keamanan saya?

      Tidak. Validasi akan dilakukan di depan dan kode tersebut tidak akan disimpan .

      Saya tidak memiliki kredit atau kartu debit. Apakah saya masih dapat memesan tiket melalui citilink.co.id dan mobile apps?

      Ya , Citilink memberikan kesempatan untuk membayar tunai di alfamart, indomart, carrefour, kantor pos dan kantor penjualan citilink.

      Bagaimana cara membayar secara tunai tiket Citilink di toko, kantor pos dan kantor penjualan tiket citilink?

      Silahkan membawa nomor kode booking Anda dan melakukan pembayaran di payment point terdekat, beritahukan kepada petugas bahwa anda ingin membayar reservasi Citilink dengan menyebutkan kode booking Anda. Anda akan mendapatkan tanda terima untuk pembayaran kode booking Anda dan Anda bisa menukarnya dengan e-ticket di bandara. Anda juga bisa mengelola pemesanan anda di situs web kami setelah melakukan pembayaran dan mencetak  e-ticket .

      Bagaimana saya membayar reservasi dengan ATM BNI,  ATM Mandiri, ATM BCA dan ATM Bersama?

      Gunakan kode pembayaran untuk melakukan pembayaran di atm terdekat .Untuk informasi lebih lanjut silahkan ikuti petunjuk di sini http://www.citilink.co.id/payment-channel 

      Apa yang harus saya lakukan jika saya memesan tiket namun tidak bisa melakukan pembayaran?

      Silahkan menghubungi call center Citilink di 0804 1 080808

      Bagaimana saya menemukan dan membayar tiket saya di lain waktu?

      Anda dapat mengecek tiket Anda di  “Check My Booking” dari navigasi bar di bagian atas halaman, Silahkan masukkan kode booking dan nama belakang Anda,. Jika anda lupa PNR yang berlaku, Anda dapat menghubungi call center kami dan meminta mereka untuk mencari reservasi anda dengan nama penumpang, penerbangan dan tanggal keberangkatan.

    • Mengelola Pemesanan

      Mengelola Pemesanan

      Dapatkah saya membatalkan penerbangan saya dan me-refund uang saya?

      Anda dapat melakukan pembatalan / pengajuan refund yang diajukan dari pihak penumpang dengan menghubungi call centre 24 jam kami di 0804 1 080808 atau dengan mengajukan email ke refund@citilink.co.id atau ke refund.travel@citilink.co.id jika anda melakukan pembelian melalui travel agent. Dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

      Dapatkah saya mengganti reservasi saya setelah saya melakukan pembayaran?

      Ya, anda dapat mengganti jadwal penerbangan anda (reschedule) paling lambat  / maksimal 4 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) serta ditambah selisih harga ticket yang lama dengan yang baru (jika ada) dengan menghubungi Call centre kami di 0804 1 080808

      Dapatkah saya mengubah reservasi saya di www.citilink.co.id?

      Ya, Anda dapat membuat perubahan (reschedule, rincian kontak). Untuk reservasi paling  lambat/maksimal 1 x 24 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi pada menu Check My Booking setelah menemukan PNR Anda, dan perubahan dapat selesai dengan menghubungi call center kami. Harap dicatat bahwa perubahan akan dikenakan biaya tambahan.

      Bagaimana saya mengubah keberangkatan saya? Berapa biaya tambahan yang harus saya tambahkan?

      Anda dapat terbang, namun perubahan keberangkatan anda tergantung dari ketersediaan kursi dalam penerbangan baru anda. Biaya administrasi adalah Rp50.000,00 perorang dan per-rute, ditambah biaya tambahan untuk perbedaan antara harga tiket yang asli dan harga tiket baru (jika terdapat perbedaan harga).

      Dapatkah saya mengubah nama penumpang setelah melakukan pembayaran?

      Ya. Anda dapat mengubah nama penumpang pada tiket  langsung di Airport keberangkatan dengan batas waktu paling lambat atau maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Biaya administrasi adalah Rp300.000,00 sampai Rp500.000,00 per Nama. Dengan menunjukkan KTP/Identitas lain penumpang asli dan penumpang pengganti ke petugas darat Citilink di Bandara.

      Bagaimana Citilink akan memberitahu saya jika jadwal penerbangan saya berubah?

      Rincian penerbangan Anda dapat berubah tanpa pemberitahuan, dan Citilink akan berusaha untuk menghubungi anda jika terjadi perubahan. Silakan memastikan bahwa semua rincian (email dan nomor handphone) yang diberikan kepada Citilink adalah benar, untuk menghubungi anda jika diperlukan. Harap untuk memeriksa apakah semua rincian benar setelah anda menerima konfirmasi terutama pada bagian nama di email konfirmasi atau tiket adalah benar,  dan sesuai dengan nama di paspor atau identitas foto anda 

      Bagaimana saya menemukan dan membayar pesanan saya di lain waktu?

      Anda dapat mengambil pesanan anda di kemudian hari dengan memilih “Check My Booking” dari navigasi bar di bagian atas halaman, anda perlu mengisi PNR yang berlaku (kode booking), nama terakhir penumpang dan email. Jika anda lupa PNR yang berlaku, Anda dapat menghubungi call center kami dan meminta mereka untuk mencari reservasi anda dengan nama penumpang, penerbangan dan tanggal keberangkatan.

    • Kursi

      Kursi

      Dimana saya bisa melihat dan memilih kursi di pesawat?

      Peta kursi di penerbangan akan ditampilkan selama proses pemesanan (langkah ke 3)

      Bagaimana saya memilih kursi?

      Kursi penumpang dipilih secara acak berdasarkan system.

      Apa artinya Green seat?

      Green seat adalah kursi yang berada di urutan/baris nomor 1-5 yang
       ditandai dengan pembungkus sandaran kepala berwarna hijau.

       

  • Di Bandara
    • Proses Keberangkatan

      Proses Keberangkatan

      Kapan kios / counter check in buka dan pencatatan bagasi dibuka?

      2 jam sebelum keberangkatan. Kita juga bisa melakukan check in melalui web 2 hari hingga 2 jam 30 menit sebelum keberangkatan.

      Kapan kios / counter check in dan pencatatan bagasi ditutup?

      Tepat 30 menit sebelum keberangkatan

      Kapan harus menunggu di ruang tunggu / ruang boarding?

      Kita harus berada diruang tunggu 40 menit sebelum jadwal keberangkatan (tertera didalam boarding pass)

      Apakah ada batas waktu untuk check-in?

      Konter check in buka 2 jam sebelum jam keberangkatan dan akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Anda harus membeli tiket baru jika anda tidak melakukan check-in 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Web Check-in dan mobile check-in dapat dilakukan 2 hari hingga 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

      Dokumen apa saja yang diperlukan untuk proses check in dan memasuki bandara?

      Untuk memasuki bandara dan untuk keperluan check-in, Anda harus menunjukkan Tiket Elektronik  beserta dengan surat identifikasi yang dilampiri foto yang dikeluarkan oleh Pemerintah, seperti paspor, kartu identitas atau KTP Indonesia.

      Jika penumpang belum memiliki kartu identitas (KTP), dokumen apa yang harus dibawa?

      Bagi penumpang yang tidak memiliki kartu identitas (KTP) dapat diganti dengan SIM, Passport, Buku Nikah, Kartu Pelajar atau surat keterangan lainnya dengan tertera foto penumpang) dan bukan fotocopy.

      Apa yang harus dibawa untuk check-in bayi?

      Untuk check-in bayi silahkah membawa fotokopi akta kelahiran bayi tersebut. Jika bayi belum memiliki akta lahir, dapat diganti dengan surat keterangan lahir dari rumah sakit.

      Apa yang terjadi jika saya menolak embarkasi?

      Kami tidak akan menerima setiap orang untuk masuk, atau berada di dalam pesawat terbang ketika kami memiliki alasan untuk mencurigai seseorang dibawah pengaruh alcohol atau obat-obatan terlarang untuk aspek keselamatan di atas pesawat.

      Kami tidak akan mengizinkan penumpang yang berkelakuan tidak baik karena akan membahayakan penumpang lain dan memberikan aspek tidak nyaman bagi penumpang lain.

      Kami mendukung keputusan yang diambil petugas darat kami jika ada penumpang yang tidak diizinkan masuk atau naik ke dalam pesawat karena penumpang tersebut mengkonsumsi alcohol, narkoba dan zat-zat lainnya, seperti keadaan diatas.

    • Ketentuan Penumpang

      Ketentuan Penumpang

      Apa saja syarat penumpang yang sedang hamil supaya tetap bisa terbang?

       Para penumpang yang sedang hamil dan terbang bersama kami harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

      • Demi keselamatan dan kenyamanan penerbangan, penumpang yang sedang hamil berkewajiban untuk memberitahukan kepada kami kondisi kehamilannya pada saat memesan kursi dan pada saat melapor di konter Check-in  dan wajib memiliki surat rekomendasi terbang dari Dokter dan mengisi surat pernyataan yang dikeluarkan oleh Citilink
      • Penumpang diharuskan menyerahkan surat keterangan dokter yang mengkonfirmasikan usia kehamilan telah masuk ke minggu ke berapa dan bahwa penumpang dalam kondisi fit untuk bepergian kepada petugas konter check in kami
      • Masa berlaku Surat keterangan Dokter tersebut adalah 7 (tujuh) hari sejak tanggal dikeluarkannya
      • Penumpang harus menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban terbatas Citilink pada saat melakukan check-in untuk membebaskan Citilink dari pertanggungjawaban yang timbul dari hal tersebut.
      • Kehamilan antara 32 minggu hingga 35 minggu (inklusif): Penumpang hanya boleh melakukan penerbangan tidak lebih Dari 3 jam (180 menit) 
      • Kehamilan lebih dari 35 minggu: Penumpang tidak diperkenankan untuk menumpang Citilink.
      • Semoga informasi yg kami berikan dapat memudahkan.

       

      Persyaratan umur bayi yang sudah bisa terbang sebagai penumpang?

      Kami memiliki hak untuk tidak mengangkut bayi yang berusia enam (6) hari atau kurang dari itu. 

      Kami mungkin bersedia membawa bayi seusia itu apabila pengangkutan ini dilakukan dengan surat tertulis resmi dari dokter dan setelah orangtua dari bayi menandatangani Pernyataan Pertanggung-jawaban Terbatas.

      Untuk mencegah terjadinya kondisi hypoxia dan kemungkinan terjadinya penyakit lainnya, kami tidak mengizinkan untuk membawa bayi berusia kurang dari 3 minggu untuk terbang bersama kami, dengan kemungkinan kami dapat menerimanya jika disertai surat tertulis resmi dari dokter, dan setelah orang tua dari bayi menandatangani pernyataan pertanggungjawaban.

      Membawa bayi baru lahir?

      1. Bayi berumur dibawah 7 hari tidak direkomendasikan untuk perjalanan di udara
      2. Bayi berumur 21 hari sampai 2 tahun dapat diterima
      3. Bayi prematur. Bayi prematur harus dipertimbangkan sebagai MEDA (Medical Cases) dan ditangani sebagai Penumpang yang memerlukan penanganan atau permintaan khusus melebihi penumpang lainnya

      Membawa Infant?

      Infant dibawah umur 2 tahun dapat diterima untuk perjalanan udara dengan mengikuti kondisi dibawah ini:

      • Infant harus didampingi oleh pendamping yang membeli tiket penerbangan
      • Pendamping  harus berpergian dengan pesawat yang sama, di dalam kelas yang sama, dan tujuan yang sama dengan Infant
      • Satu infant harus didampingi oleh satu pendamping dewasa yang dapat dan mampu untuk bertanggung jawab penuh untuk menangani infant 

        Perbedaan antara dewasa, anak-anak, dan infant?

      • Penumpang yang dianggap sebagai dewasa berumur dari 12 tahun keatas
      • Penumpang yang dianggap sebagai anak-anak berumur dari 2-12 tahun
      • Penumpang yang dianggap sebagai infant berumur dibawah 2 tahun

      Apakah ada biaya yang harus dibayarkan jika membawa kerete dorong bayi (baby stroller) atau wheel chair?

      Bagi para pelanggan penyandang cacat (incapacitate Passenger) yang menggunakan atau membawa kursi dorong (wheel chair) dan ibu dnegan bayi yang membawa kereta bayi (baby stroller), dibebaskan dari biaya pengangkutan untk kursi dorong dan kereta bayinya, apabila dimasukan kedalam bagasi pesawat sebagai bagasi tercatat (checked baggage)

  • Di Atas Pesawat
    • Ketentuan Penumpang

      Ketentuan Penumpang

      Apakah di dalam penerbangan Citilink dapat merokok?

      Tidak, penerbangan Citilink adalah penerbangan bebas asap rokok

      Apakah citilink menjual makanan dan minuman saat penerbangan?

      Citilink menjual makanan dengan banyak macam yang tersedia, dimulai dari snack sampai dengan makanan utama (selama persediaan masih ada)

      Apakah bisa berbelanja dengan menggunakan kartu kredit?

      Untuk saat ini pembayaran dengan kartu kredit hanya berlaku untuk pembelian merchandise, untuk pembelanjaan lainya ketika penerbangan hanya dapat dibayarkan dengan cash.

      Apakah boleh mengunakan peralatan elektronik saat penerbangan?

      Peralatan elektronik yang dapat mengganggu navigasi pesawat ketika lepas landas dan mendarat harus dimatikan.

      Apakah Citilink menyediakan bantal dan selimut saat penerbangan?

      Citilink tidak menyediakan bantal dan selimut saat penerbangan.

      Apakah jendela pesawat harus dibuka dan sandaran kuris ditegakkan saat lepas landas dan mendarat?

      Demi keselematan penumpang, seluruh jendela harus dibuka dan sandaran kursi harus ditegakkan

      Apakah dapat meminta air panas untuk membuat susu bayi?

      Bisa

      Apakah menyediakan susu dan popok untuk bayi?

      Tidak

      Apakah merekam aktivitas cabin crew diperbolehkan saat penerbangan?

      Saat penerbangan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka dilarang merekam aktifitas crew di dalam pesawat terkait penggunaan elektronik devices

      Apa yang harus saya lakukan jika saya duduk dikursi darurat?

      Jika anda menempati kursi dekat pintu darurat, anda akan diminta untuk membuka pintu darurat dan membantu awak pesawat pada saat pesawat dalam keadaan bahaya.

      Silahkan minta pindah tempat duduk, jika anda :

      • Memiliki keterbatasan fisik yang mungkin tidak terlihat namun akan menghambat jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu.
      • Merasa memiliki keterbatasan: kekuatan, gerak, ketrampilan pada kedua tangan dan kaki, atau masalah keseimbangan saat membuka pintu untuk membantu awak pesawat.
      • Merasa tidak mampu mencapai pintu darurat, membukanya dan keluar dengan cepat.
      • Meyakini bahwa kegiatan fisik yang dilakukan untuk membuka pintu akan menyebabkan anda cedera.
      • Memiliki keterbatasan pendengaran sehingga kemungkinan tidak mendengar perintah awak pesawat
      • Memiliki keterbatasan penglihatan atau tidak mengerti instruksi yang dimaksud dalam kartu ini.

      • Tidak mampu memberikan perintah-perintah kepada penumpang lain

      • Mempunyai tanggung jawab lain (misalnya menjaga anak kecil) sehingga akan menghambat dalam membantu awak pesawat.

      • Berusia kurang dari 15 tahun.Pada saat ini tidak bersedia membantu.

  • Bagasi
    • Ketentuan Penumpang

      Ketentuan Penumpang

      Berapa limit bagasi untuk penumpang Citilink?
      Anda akan mendapatkan bagasi gratis 20kg, dan maksimum 7kg untuk hand-carry di dalam cabin untuk setiap penumpang dewasa dan anak-anak. Tidak ada bagasi gratis untuk infant. Jika anda memiliki kelebihan bagasi, maka biaya kelebihan bagasi akan ditambahkan. (Lihat ke biaya-biaya). 

      Setiap bagasi yang didaftarkan tidak boleh melebihi 
      ukuran 81cm (T) x 119cm (L) x 119  cm (D) dan berat 32kg. Bagasi Cuma-Cuma: Domestik-15kg Catatan: Berat bagasi yang didaftarkan hanya dapat digunakan bersama penumpang yang memiliki nomor pembelian tiket yang sama. Setiap barang tidak boleh memiliki berat di atas 32kg dan harus memenuhi persyaratan dinas kesehatan dan keselamatan.

      Setiap tamu diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dan 1 tas laptop atau satu tas tangan ke dalam pesawat.Bagasi kabin utama besarnya harus tidak melebihi ukuran 56cmx36cmx23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg. Bagasi ini harus muat untuk ditaruh di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen atas.


      Barang saya tertinggal di bandara keberangkatan. Bagaimana cara saya menghubungi bagian kantor kehilangan barang (Lost & Found) Citilink?

      Untuk bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, silahkan hubungi 021-55913952 untuk keberangkatan domestik.

      Untuk kota tujuan lain silahkan hubungi Call Center kami di nomor 0804 1 08 08 08, atau kontak langsung bagian Kehilangan Barang (Lost & Found) diterminal kedatangan.

      Setibanya di terminal kedatangan, segera melaporkan kehilangan / kerusakan bagasi anda kebagian Lost & Found supaya segera dibuatkan PIR (‎Property Irregularity report) yang akan diinput kedalam system tracing bagasi kami untuk dilakukan investigasi.

      Kami mengingatkan kepada seluruh penumpang Citilink untuk tidak menyimpan‎/menaruh barang berharga didalam tas bagasi sebelum barangnya dimasukan kedalam check in bagasi. Karena jika terjadi kehilangan barang berharga yang disimpan didalam bagasi tersebut kami tidak bertanggung jawab. (info terdapat di setiap check in counter berupa signage).  

      Jika saya tidak membuat laporan kehilangan pada terminal kedatangan,dan baru akan melaporkannya kembali setelah saya sampai dirumah, apa yang harus saya lakukan?

      Apabila  Anda ingin mengajukan klaim  mengenai bagasi tercatat yang hilang atau rusak dan anda baru akan melaporkan klaim bagasi anda  setelah meninggalkan tempat pengambilan bagasi di terminal  kedatangan atau bandara, atau sesudah anda sampai dirumah, maka anda tidak dapat melakukan klaim. (laporannya tidak bisa dijadikan bukti pertanggung jawaban)

      Apa yang harus saya lakukan bila bagasi saya mengalami kerusakan?

      Sebelum meninggalkan terminal kedatangan, pastikan bagasi Anda dalam kondisi yang baik. Jika Anda menemukan kerusakan, sebelum meninggalkan terminal kedatangan, pastikan Anda membuat laporan ke Bagian Kehilangan untuk domestik atau internasional untuk mendapatkan bukti Laporan Kerusakan Barang (PIR). Petugas Bagian Kehilangan (Lost & Found) akan memperbaiki bagasi Anda segera jika masih dalam kondisi dapat diperbaiki. Jika sudah tidak dapat diperbaiki maka bagasi Anda akan diganti dengan yang baru. Jika laporan Anda dibuat setelah anda meninggalkan terminal. Petugas kami membuat laporan sebagai ganti dari PIR. Bagaimanapun juga dokumen Laporan kehilangan ini tidak dapat digunakan sebagai bukti pertanggung jawaban.

      Berapa banyak barang bawaan yang boleh saya bawa ke dalam cabin pesawat?

      Anda hanya boleh membawa satu tas tangan yang berukuran maksimal 56cm x 36cm x 23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg. Sebagai tambahan, Anda boleh membawa kotak peralatan kosmetik atau laptop. Bagasi ini harus cukup  untuk ditaruh di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen atas.

      Berapa banyak barang bawaan yang boleh saya bawa kedalam bagasi tercatat check in baggage (free baggage allowance)?

      Bagasi yang bisa dimasukan kedalam bagasi terdaftar (check in baggage) sebagai free baggage allowance adalah sebanyak 20 kg (Domestik) / penumpang.

      Dan dimensinya tidak boleh melebihi ukuran 81 cm (T) x 119 cm (L) x 119cm (D) dan jika ada kelebihan bagasi, beratnya tidak boleh melebihi 32kg. (dengan tariff kelebihan bagasi yang berlaku).

      Apa yang akan terjadi bila bagasi saya terlambat sampai?

      Pastikan Anda segera melapor untuk mendapatkan bukti laporan (PIR) dari petugas kami di bagian Barang Kehilangan (Lost & Found).

      Isi bagasi saya yang disimpan didalam bagasi terdaftar (check in baggage) ada yang hilang, apakah saya bisa mengajukan klaim dan meminta penggantian kepada Citilink?

      Mohon maaf kami tidak dapat memberikan penggantian jika ada isi dari bagasi terdaftar (check in baggage) ada yang hilang. Karena kami sudah mengingatkan kepada seluruh penumpang Citilink untuk tidak menyimpan‎/menaruh barang berharga / dokumen penting  didalam tas bagasi sebelum barangnya dimasukan kedalam check in bagasi. Karena jika terjadi kehilangan barang berharga yang disimpan didalam bagasi tersebut kami tidak bertanggung jawab. (info terdapat di setiap check in counter berupa signage). 

      Apa yang akan terjadi pada bagasi saya ketika saya memiliki connecting flight?

      Ketika anda memiliki connecting flight bagasi akan terbawa secara otomatis ke penerbangan akhir anda dengan melaporkan kepada petugas saat di konter check in tempat asal keberangkatan anda bahwa anda memiliki connecting flight

      Membawa binatang peliharaan?

      Tidak diperbolehkan

      Membawa tanaman/bunga?

      Tidak diperbolehkan

      Membawa Balon?

      Tidak diperbolehkan

  • Komunikasi
    • Kontak

      Kontak

      Bagaimana cara saya menghubungi departemen komunikasi dari Citilink? Untuk keperluan media, silahkan menghubungi jktdp@citilink.co.id. Sedangkan untuk keperluan kerjasama, silahkan menghubungi marcomm@citilink.co.id
  • Mitra
    • Kontak

      Kontak

      Ingin mendaftar sebagai travel agent? Kirim email ke partneroperation@citilink.co.id untuk mendaftar sebagai travel agent



  • Unaccompanied Minor
    • Ketentuan Unaccompanied Minor

      Ketentuan Unaccompanied Minor

      Definisi Unaccompanied Minor
       

      Unaccompanied Minor (UM) adalah Anak dibawah umur yang akan dan atau saat berpergian / travelling dengan menggunakan penerbangan (Airlines) dalam kondisi Fisik maupun mental normal dan Sehat serta tanpa ditemani / didampingi oleh Orang Dewasa (Orang Tua / wali Anak dan atau Orang Dewasa) yang bertanggung jawab selama penerbangan. 

      Ketentuan Umum.

      1. Penumpang U.M saat melalukan booking / travelling berusia mulai dari 7 tahun sampai 12 tahun. 
      2. Penumpang UM diterima dalam penerbangan Citilink Indonesia untuk Domestik maupun Internasional.
      3. Penumpang UM harus dalam keadaan sehat fisik dan mental 4. Harus ada pemesanan tempat duduk terlebih dahulu (Confirmed Booking)
      5. Confirmed Booking berlaku Point to Point, untuk Transit : hari yang sama / pesawat yang sama atau bermalam (Over Night) tidak dizinkan / tidak diperkenankan.
      6. Pengangkutan berlaku dari bandara ke bandara. 7. Nama UM harus sesuai dan valid untuk penerbangan yang tertera pada dokumen / tiket.
      7. Penanganan / handling prosess terhadap UM dikenakan biaya sesuai ketentuan yang diberlakukan. 
      9. Memastikan data penjemput dan mencatat secara lengkap siapa orang yang akan menjemput di Station tujuan. 
      10. Bila UM tidak ada penjemput dan atau tidak sesuai dengan data penjemput sebelumnya dikedatangan, agar UM tersebut dikembalikan ke Station Original pada kesempatan pertama, biaya yang timbul dibebankan kepada Penumpang/Orang tua/Keluarga.

      PELAYANAN PRE- FLIGHT (SEBELUM PENERBANGAN)

      1. Pelayanan Reservasi dan Ticketing.
      a. Menerima pemesanan tempat ( seat ) dengan menanyakan nama penumpang, nomor telp, tujuan, tanggal keberangkatan, beserta nama penjemput, alamat, telp yang mudah dihubungi di station tujuan dan batas waktu pengambilan ticket.
      b. Menyampaikan dengan jelas terhadap ketentuan dan persyaratan bagi UM yang akan berangkat sesuai peraturan yang diberlakukan oleh PT.Citilink Indonesia, sehingga tidak mengalami kendala dalam penerbangannya.
      c. Menyampaikan permintaan khusus dari penumpang (makanan, minum, dll.....) kepada bagian terkait untuk ditindaklanjuti.
      d. Memberi tanda khusus bagi penumpang khusus UM sehingga mendapat perhatian khusus dari Cabin crew / petugas GHA.
      e. Menghubungi penumpang dan menginformasikan, bila terjadi perubahan jadwal keberangkatan penerbangan.
      f. Memberikan perhatian dan penjelasan penuh saat melayani Orang Tua/Wali Keluarga ( calon penumpang UM) saat membeli / booking tiket dan waktu check in, ( free baggage allowance dan sebagainya.)
      g. Menyampaikan kepada Orang Tua / Wali Keluarga (Calon penumpang UM), agar di persiapkan setiap dokumen yang dibutuhkan pada saat melapor untuk Chek in di Counter.
      h. Jumlah penumpang UM dalam satu penerbangan hanya diperbolehkan 2 / Dua orang penumpang.
      i. Proses pembukuan UM harus dilakukan melalui Ticketing Office, baik di kantor kota maupun di Airport dan tidak bisa dilakukan melalui WEB site, Untuk UM dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku / Handling fee sebesar : Rp.150.000,- (sudah termasuk green seat).
      j. proses pelaporan / Chek in tidak bisa dilakukan melalui web check in, tetapi harus langsung di Chek in Counter Airport.
      k. Petugas Ticketing Office untuk melakukan Reservasi harus melalui System pembukuan yang di sesuaikan dengan ketentuan : pada “U.M Cheker” (untuk dapat diketahui total / pembatasan maximal 2 pax/UM) 

      2. Pelayanan Chek- in di Airport keberangkatan.

      a. Orang tua / Wali Keluarga (calon Penumpang UM) harus mendampingi pada saat lapor untuk prosess Chek in yang dilengkapi dengan documen penerbangan yang sah dan berlaku.
      b. Mengisi dokumen Pemberitahuan (UM Handling advice) yang ditandatangani oleh orang tua / wali Keluarga atas nama penumpang UM, pastikan / jaminan untuk penjemputan di Airport tujuan dan kemudian segera menghubungi orang (dewasa) yang akan menjemputnya.
      c. ID untuk UM mempergunakan kartu pelajar atau surat keterangan pelajar /Kartu keluarga. dll d. Memberi tanda UM pada penumpang UM tersebut dan dipakai selama penerbangan sampai tempat tujuan.
       e. Diberikan tempat duduk di row depan row 2 / aisle seat (diharapkan UM bisa langsung mendapatkan Seat pada saat melakukan pembukuan / Booking/Block Seat (Row 2/Aisle seat )
      f. Dibandara keberangkatan, orang tua / Wali Keluarga pengantar harus menyelesaikan prosedur check in, menyerahkan kelengkapan formalitas, dan menandatangani serah terima pengawasan kepada petugas pasasi.
      g. Menyerahkan Boarding Pass langsung kepada calon penumpang UM atau pengantar nya dan mempersilakan penumpang segera ke Boarding Lounge dengan ditemani / assistance oleh Ground Staff
      h. Orang tua / pengantarnya tidak dijinkan meninggalkan bandara sebelum pesawat berangkat.
      i.Proses Handling dilakukan oleh GHA, dan apabila Handling Fee (Rp.150.000,-/Termasuk green seat). tersebut belum dibayarkan sesuai ketentuan yang berlaku, maka harus dipungut pembayarannya di Check in Counter oleh petugas Counter (Tehnis pembayaran seperti Ancillary revenue atau pembayaran EBT).

      3. Pelayanan Proses Menuju Ruang Tunggu. ( Bording lounge ).
      a. Assistance dilakukan oleh GHA untuk menuju ruang tunggu yang sudah ditentukan atau dapat diketahui melalui Flight Information Display System (FIDS) / papan petunjuk yang diatur oleh pihak bandara.
      b. Penumpang / UM diberikan perhatian khusus dan diprioritaskan untuk naik ke pesawat terlebih dahulu.
      c. Pada saat petugas menarik Boarding Pass harus melakukan check dengan benar tujuan dan nomor penerbangan yang tertulis pada boarding pass dan mengucapkan salam "SELAMAT JALAN".
      d. Petugas menyampaikan informasi apabila terjadi perubahan jadwal penerbangan, baik keberangkatan maupun kedatangan pesawat begitu pula bila terjadi pembatalan penerbangan sehingga tidak menyulitkan pengantar maupun penjemputnya.
      e. Harus ditulis dalam PIS / APB (Passenger Information Sheet/Passenger Actual on Board) sebagai informasi kepada Crew/PIC atau unit terkait.
      f. Berkoordinasi dengan Ramp Handling yang bertugas di penerbangan tersebut
      g. Melakukan boarding lebih awal / pertama dari penumpang lainnya dan dilakukan serah terima Penumpang UM tersebut beserta dokumen nya dari staff services kepada Cabin Crew (FA-1).
      h. Setelah keberangkatan pesawat ( Airborne), segera mengirim berita melalui email, telex, telp ke staion tujuan pada kesempatan pertama berupa data2 (Handling Advice).

      PELAYANAN APABILA TERJADI IRREGULARITIES

      1. Flight Delay:
      a. Petugas GHA memberitahukan kepada fihak pengantar/orang tua.
      b. UM tetap dalam pengawasan petugas GHA sampai keberangkatan penerbangan.
      c. Prosedure sesuai dengan peraturan yang berlaku

      2. Flight Cancelled:
      a. Petugas GHA memberitahukan kepada fihak pengantar/orang tua
      b. Petugas GHA menyerahkan kembali UM tersebut kepada fihak pengantar/Orang tua
      c. Petugas GHA membuat surat serah terima kepada fihak pengantar/Orang tua
      d. Prosedure sesuai dengan peraturan yang berlaku.

      3. Flight Divertion (Flt Continue ke Destination, Flt RON):
      a. Flt. Continue;
      - Apabila penumpang tetap di pesawat, UM dalam pengawasan cabin crew
      - Apabila Penumpang Harus turun dari pesawat, UM dalam pengawasan GHA
      - Pengawasan sampai keberangkatan penerbangannya.

      b. Flt.RON;
      - Cabin Crew melakukan serah terima dengan petugas GHA.
      - Petugas GHA harus tetap mendampingi UM termasuk apabila harus bermalam di Hotel, sampai keberangkatan penerbangan berikutnya.
      - Melakukan serah terima kembali kepada Cabin Crew pada saat keberangkatan penerbangan.

Pemesanan

Bagaimana memesan tiket Citilink? Tiket penerbangan dapat dipesan secara online di www.citilink.co.id, mobile apps Citilink, dan melalui call center di 0804-1-080808, sales office dan travel agent terdekat.

Bagaimana membayar tiket setelah memesan tiket penerbangan?

Pembayaran dapat dilakukan di www.citilink.co.id, mobile apps Citilink, Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Indomaret, Carrefour, Kantor Pos Indonesia, ATM, Sales office Citilink, dan travel agent terdekat. Untuk informasi lengkap klik www.citilink.co.id/payment-channel

Bagaimana memesan tiket melalui telepon?

Pemesanan tiket melalui telepon di nomor 0804-1-080808. Tim call center kami akan membantu anda untuk reservasi tiket anda dan selanjutnya anda dapat melakukan pembayaran.

Berapa harga tiket penerbangan Citilink untuk tanggal xx dari kota yy ke zz?

Untuk informasi lengkap harga penerbangan, anda dapat mengunjungi website kami. Informasi ini tidak tersedia di akun social media, harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti ketersedian kursi penerbangan.

Kenapa harga tiket berubah-ubah dari waktu ke waktu?

Harga tiket dapat berubah tergantung dengan ketersedian kursi penerbangan. Kami menyarankan agar anda segera memesan tiket sebelum harga tiket berubah.

Berapa lama sebelum penerbangan, saya bisa memesan dan membeli tiket pada citilink.co.id?

Penerbangan yang anda pesan harus 2 jam setelah anda melakukan pembelian tiket di www.citilink.co.id. Jika salah satu penerbangan anda berangkat kurang dari 2 jam maka kunjungi ticketing office Citilink di bandara terdekat.

Berapa banyak jumlah penumpang yang dapat saya pesan dalam satu reservasi?

Diatas 9 orang penumpang dapat memesan satu kali dalam satu reservasi. Untuk jumlah penumpang yang lebih besar, silahkan menghubungi groupdesk@citilink.co.id

Di mana lokasi yang pasti dari kantor penjualan Citilink di bandara internasional Soekarno Hatta?

Kami berada di terminal 1C

Dapatkah saya memesan tiket untuk connecting flight?

Ya, anda dapat membeli tiket untuk connecting flight dengan memilih kota asal dan kota tujuan di kotak pencarian penerbangan. Sistem akan otomatis mencari connecting flight untuk kota asal dan kota tujuan akhir dan system akan memberikan anda pilihan penerbangan.

Apakah tiket Citilink sudah termasuk dengan airport tax?

Ya, tiket Citilink sudah termasuk dengan airport tax

Apakah bisa memesan makanan melalui website www.citilink.co.id?

Anda dapat membeli/memesan makanan melalui website Citilink, dengan syarat batas pemeasan paling lambat atau maksimal 2x24 jam sebelum jadwal keberangkatan Anda yang telah terkonfirmasi.

Apa yang dimaksud dengan IWJR, PSC dan Surcharge?

  • IWJR = biaya asuransi jasa raharja, dimana wajib dibayarkan oleh penumpang, dan dana nya masuk ke lembaga jasa raharja, dan ini diluar harga tiket.
  • PSC atau Passenger Service Charge yaitu Airport tax, dimana biasanya biaya ini dibayarkan saat dibandara dan dananya masuk kepada angkasa pura, namun saat ini untuk penerbangan Citilink, pembayaran PSC dikolektif terlebih dahulu melalui Citilink, untuk nantinya disetorkan kepada Angkasa Pura.
  • Surcharge yaitu biaya tambahan yang ditetapkan oleh pemerintah, atas naiknya bahan bakar yang dipicu oleh lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar.  Surcharge merupakan Peraturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) No.2 tahun 2014 tentang Besaran Biaya Tambahan Tarif Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang disosialisasikan 26 Februari 2014 lalu. 

Apakah saya bisa memesan tiket untuk anak saya yang akan berpergian tanpa pendamping?

Citilink melayani penumpang UM (Unaccompanied Minor) untuk anak yang berusia dibawah 12 tahun, dengan ketentuan orang tuanya harus datang kekantor Citilink terdekat / di bandara dikarenakan orang tuanya harus membuat surat pernyataan 

Apakah pembelian tiket anak akan mendapatkan harga khusus?

Tidak, penumpang anak akan dikenakan harga normal

Apakah pembelian tiket untuk penumpang usia lanjut (60 tahun keatas) akan mendapatkan harga khusus?

Tidak, penumpang usia lanjut akan dikenakan harga normal

Pemesanan

Dimana saja destinasi penerbangan Citilink? Dimana saya bisa melihat jadwal penerbangan terkini? Untuk saat ini, Citilink melayani 28 rute domestik. Untuk informasi lengkap kunjungi website kami atau klik www.citilink.co.id/route-map untuk rute penerbangan kami.

Di kota apa saja Citilink dapat terbang?

Silahkan melihat kota yang tersedia di halaman Citilink atau anda dapat melihat pada flight search box.

Mengapa saya tidak menemukan penerbangan yang saya inginkan?

Hal ini terjadi karena beberapa alasan:

  • Rute penerbangan yang tidak beroperasi setiap hari
  • Kursi mungkin tidak tersedia
  • Kami memiliki 2 bandara di Jakarta, rute tersebut beroperasi dari Halim Perdanakusuma (HLP) atau Soekarno Hatta (CGK). Cek kembali rute anda, apakah citilink terbang dari dua bandara tersebut pada kotak pencarian penerbangan 

Pemesanan

Apakah aman membayar menggunakan kartu kredit di www.citilink.co.id dan mobile apps Citilink?

Ya, informasi kartu kredit anda aman dengan menggunakan advanced web technology yaitu SSL (Secure Socket Layer) untuk melindungi informasi yang bersifat personal . SSL adalah sebuah standard industry technology yang didukung oleh Internet Explorer, Netscape, Safari, Firefox dan web browser lainnya. Citilink menggunakan SSL untuk mengenkripsi data pada kartu kredit anda agar tidak dapat terbaca oleh orang lain.

Dapatkah saya memesan tiket dan membayar tiket dengan menggunakan kartu kredit teman saya dan dia tidak ikut dalam penerbangan tersebut?

Ya, tentu saja. Tetapi, anda harus membawa dan menunjukan foto kopi kartu kredit dan kartu identitas yang valid pada saat check in di konter Bandara.

Apa yang dimaksud dengan Card Security Code (CVV)?

Card security code adalah 3 atau 4 digit kode yang menyediakan proteksi tambahan terhadap penipuan kredit card. Dengan meminta card security code, kami memvalidasi reservasi online oleh pelanggan dalam kepemilikan dari kredit atau kartu debit dan rekening tersebut sah

Dimana saya bisa melihat security code located?

VISA dan Mastercard: Lihat pada bagian belakang kartu di panel tanda tangan. Anda akan melihat 3 digit kode setelah seluruh 16 digit nomor kartu kredit anda atau hanya 4 digit terakhir nomor kartu kredit anda. 3 digit kode ini adalah kode kode keamanan kartu anda.

Akan citilink.co.id menyimpan kode keamanan saya?

Tidak. Validasi akan dilakukan di depan dan kode tersebut tidak akan disimpan .

Saya tidak memiliki kredit atau kartu debit. Apakah saya masih dapat memesan tiket melalui citilink.co.id dan mobile apps?

Ya , Citilink memberikan kesempatan untuk membayar tunai di alfamart, indomart, carrefour, kantor pos dan kantor penjualan citilink.

Bagaimana cara membayar secara tunai tiket Citilink di toko, kantor pos dan kantor penjualan tiket citilink?

Silahkan membawa nomor kode booking Anda dan melakukan pembayaran di payment point terdekat, beritahukan kepada petugas bahwa anda ingin membayar reservasi Citilink dengan menyebutkan kode booking Anda. Anda akan mendapatkan tanda terima untuk pembayaran kode booking Anda dan Anda bisa menukarnya dengan e-ticket di bandara. Anda juga bisa mengelola pemesanan anda di situs web kami setelah melakukan pembayaran dan mencetak  e-ticket .

Bagaimana saya membayar reservasi dengan ATM BNI,  ATM Mandiri, ATM BCA dan ATM Bersama?

Gunakan kode pembayaran untuk melakukan pembayaran di atm terdekat .Untuk informasi lebih lanjut silahkan ikuti petunjuk di sini http://www.citilink.co.id/payment-channel 

Apa yang harus saya lakukan jika saya memesan tiket namun tidak bisa melakukan pembayaran?

Silahkan menghubungi call center Citilink di 0804 1 080808

Bagaimana saya menemukan dan membayar tiket saya di lain waktu?

Anda dapat mengecek tiket Anda di  “Check My Booking” dari navigasi bar di bagian atas halaman, Silahkan masukkan kode booking dan nama belakang Anda,. Jika anda lupa PNR yang berlaku, Anda dapat menghubungi call center kami dan meminta mereka untuk mencari reservasi anda dengan nama penumpang, penerbangan dan tanggal keberangkatan.

Pemesanan

Dapatkah saya membatalkan penerbangan saya dan me-refund uang saya?

Anda dapat melakukan pembatalan / pengajuan refund yang diajukan dari pihak penumpang dengan menghubungi call centre 24 jam kami di 0804 1 080808 atau dengan mengajukan email ke refund@citilink.co.id atau ke refund.travel@citilink.co.id jika anda melakukan pembelian melalui travel agent. Dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Dapatkah saya mengganti reservasi saya setelah saya melakukan pembayaran?

Ya, anda dapat mengganti jadwal penerbangan anda (reschedule) paling lambat  / maksimal 4 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) serta ditambah selisih harga ticket yang lama dengan yang baru (jika ada) dengan menghubungi Call centre kami di 0804 1 080808

Dapatkah saya mengubah reservasi saya di www.citilink.co.id?

Ya, Anda dapat membuat perubahan (reschedule, rincian kontak). Untuk reservasi paling  lambat/maksimal 1 x 24 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi pada menu Check My Booking setelah menemukan PNR Anda, dan perubahan dapat selesai dengan menghubungi call center kami. Harap dicatat bahwa perubahan akan dikenakan biaya tambahan.

Bagaimana saya mengubah keberangkatan saya? Berapa biaya tambahan yang harus saya tambahkan?

Anda dapat terbang, namun perubahan keberangkatan anda tergantung dari ketersediaan kursi dalam penerbangan baru anda. Biaya administrasi adalah Rp50.000,00 perorang dan per-rute, ditambah biaya tambahan untuk perbedaan antara harga tiket yang asli dan harga tiket baru (jika terdapat perbedaan harga).

Dapatkah saya mengubah nama penumpang setelah melakukan pembayaran?

Ya. Anda dapat mengubah nama penumpang pada tiket  langsung di Airport keberangkatan dengan batas waktu paling lambat atau maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Biaya administrasi adalah Rp300.000,00 sampai Rp500.000,00 per Nama. Dengan menunjukkan KTP/Identitas lain penumpang asli dan penumpang pengganti ke petugas darat Citilink di Bandara.

Bagaimana Citilink akan memberitahu saya jika jadwal penerbangan saya berubah?

Rincian penerbangan Anda dapat berubah tanpa pemberitahuan, dan Citilink akan berusaha untuk menghubungi anda jika terjadi perubahan. Silakan memastikan bahwa semua rincian (email dan nomor handphone) yang diberikan kepada Citilink adalah benar, untuk menghubungi anda jika diperlukan. Harap untuk memeriksa apakah semua rincian benar setelah anda menerima konfirmasi terutama pada bagian nama di email konfirmasi atau tiket adalah benar,  dan sesuai dengan nama di paspor atau identitas foto anda 

Bagaimana saya menemukan dan membayar pesanan saya di lain waktu?

Anda dapat mengambil pesanan anda di kemudian hari dengan memilih “Check My Booking” dari navigasi bar di bagian atas halaman, anda perlu mengisi PNR yang berlaku (kode booking), nama terakhir penumpang dan email. Jika anda lupa PNR yang berlaku, Anda dapat menghubungi call center kami dan meminta mereka untuk mencari reservasi anda dengan nama penumpang, penerbangan dan tanggal keberangkatan.

Pemesanan

Dimana saya bisa melihat dan memilih kursi di pesawat?

Peta kursi di penerbangan akan ditampilkan selama proses pemesanan (langkah ke 3)

Bagaimana saya memilih kursi?

Kursi penumpang dipilih secara acak berdasarkan system.

Apa artinya Green seat?

Green seat adalah kursi yang berada di urutan/baris nomor 1-5 yang
 ditandai dengan pembungkus sandaran kepala berwarna hijau.

 

Di Bandara

Kapan kios / counter check in buka dan pencatatan bagasi dibuka?

2 jam sebelum keberangkatan. Kita juga bisa melakukan check in melalui web 2 hari hingga 2 jam 30 menit sebelum keberangkatan.

Kapan kios / counter check in dan pencatatan bagasi ditutup?

Tepat 30 menit sebelum keberangkatan

Kapan harus menunggu di ruang tunggu / ruang boarding?

Kita harus berada diruang tunggu 40 menit sebelum jadwal keberangkatan (tertera didalam boarding pass)

Apakah ada batas waktu untuk check-in?

Konter check in buka 2 jam sebelum jam keberangkatan dan akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Anda harus membeli tiket baru jika anda tidak melakukan check-in 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Web Check-in dan mobile check-in dapat dilakukan 2 hari hingga 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk proses check in dan memasuki bandara?

Untuk memasuki bandara dan untuk keperluan check-in, Anda harus menunjukkan Tiket Elektronik  beserta dengan surat identifikasi yang dilampiri foto yang dikeluarkan oleh Pemerintah, seperti paspor, kartu identitas atau KTP Indonesia.

Jika penumpang belum memiliki kartu identitas (KTP), dokumen apa yang harus dibawa?

Bagi penumpang yang tidak memiliki kartu identitas (KTP) dapat diganti dengan SIM, Passport, Buku Nikah, Kartu Pelajar atau surat keterangan lainnya dengan tertera foto penumpang) dan bukan fotocopy.

Apa yang harus dibawa untuk check-in bayi?

Untuk check-in bayi silahkah membawa fotokopi akta kelahiran bayi tersebut. Jika bayi belum memiliki akta lahir, dapat diganti dengan surat keterangan lahir dari rumah sakit.

Apa yang terjadi jika saya menolak embarkasi?

Kami tidak akan menerima setiap orang untuk masuk, atau berada di dalam pesawat terbang ketika kami memiliki alasan untuk mencurigai seseorang dibawah pengaruh alcohol atau obat-obatan terlarang untuk aspek keselamatan di atas pesawat.

Kami tidak akan mengizinkan penumpang yang berkelakuan tidak baik karena akan membahayakan penumpang lain dan memberikan aspek tidak nyaman bagi penumpang lain.

Kami mendukung keputusan yang diambil petugas darat kami jika ada penumpang yang tidak diizinkan masuk atau naik ke dalam pesawat karena penumpang tersebut mengkonsumsi alcohol, narkoba dan zat-zat lainnya, seperti keadaan diatas.

Di Bandara

Apa saja syarat penumpang yang sedang hamil supaya tetap bisa terbang?

 Para penumpang yang sedang hamil dan terbang bersama kami harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Demi keselamatan dan kenyamanan penerbangan, penumpang yang sedang hamil berkewajiban untuk memberitahukan kepada kami kondisi kehamilannya pada saat memesan kursi dan pada saat melapor di konter Check-in  dan wajib memiliki surat rekomendasi terbang dari Dokter dan mengisi surat pernyataan yang dikeluarkan oleh Citilink
  • Penumpang diharuskan menyerahkan surat keterangan dokter yang mengkonfirmasikan usia kehamilan telah masuk ke minggu ke berapa dan bahwa penumpang dalam kondisi fit untuk bepergian kepada petugas konter check in kami
  • Masa berlaku Surat keterangan Dokter tersebut adalah 7 (tujuh) hari sejak tanggal dikeluarkannya
  • Penumpang harus menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban terbatas Citilink pada saat melakukan check-in untuk membebaskan Citilink dari pertanggungjawaban yang timbul dari hal tersebut.
  • Kehamilan antara 32 minggu hingga 35 minggu (inklusif): Penumpang hanya boleh melakukan penerbangan tidak lebih Dari 3 jam (180 menit) 
  • Kehamilan lebih dari 35 minggu: Penumpang tidak diperkenankan untuk menumpang Citilink.
  • Semoga informasi yg kami berikan dapat memudahkan.

 

Persyaratan umur bayi yang sudah bisa terbang sebagai penumpang?

Kami memiliki hak untuk tidak mengangkut bayi yang berusia enam (6) hari atau kurang dari itu. 

Kami mungkin bersedia membawa bayi seusia itu apabila pengangkutan ini dilakukan dengan surat tertulis resmi dari dokter dan setelah orangtua dari bayi menandatangani Pernyataan Pertanggung-jawaban Terbatas.

Untuk mencegah terjadinya kondisi hypoxia dan kemungkinan terjadinya penyakit lainnya, kami tidak mengizinkan untuk membawa bayi berusia kurang dari 3 minggu untuk terbang bersama kami, dengan kemungkinan kami dapat menerimanya jika disertai surat tertulis resmi dari dokter, dan setelah orang tua dari bayi menandatangani pernyataan pertanggungjawaban.

Membawa bayi baru lahir?

  1. Bayi berumur dibawah 7 hari tidak direkomendasikan untuk perjalanan di udara
  2. Bayi berumur 21 hari sampai 2 tahun dapat diterima
  3. Bayi prematur. Bayi prematur harus dipertimbangkan sebagai MEDA (Medical Cases) dan ditangani sebagai Penumpang yang memerlukan penanganan atau permintaan khusus melebihi penumpang lainnya

Membawa Infant?

Infant dibawah umur 2 tahun dapat diterima untuk perjalanan udara dengan mengikuti kondisi dibawah ini:

  • Infant harus didampingi oleh pendamping yang membeli tiket penerbangan
  • Pendamping  harus berpergian dengan pesawat yang sama, di dalam kelas yang sama, dan tujuan yang sama dengan Infant
  • Satu infant harus didampingi oleh satu pendamping dewasa yang dapat dan mampu untuk bertanggung jawab penuh untuk menangani infant 

    Perbedaan antara dewasa, anak-anak, dan infant?

  • Penumpang yang dianggap sebagai dewasa berumur dari 12 tahun keatas
  • Penumpang yang dianggap sebagai anak-anak berumur dari 2-12 tahun
  • Penumpang yang dianggap sebagai infant berumur dibawah 2 tahun

Apakah ada biaya yang harus dibayarkan jika membawa kerete dorong bayi (baby stroller) atau wheel chair?

Bagi para pelanggan penyandang cacat (incapacitate Passenger) yang menggunakan atau membawa kursi dorong (wheel chair) dan ibu dnegan bayi yang membawa kereta bayi (baby stroller), dibebaskan dari biaya pengangkutan untk kursi dorong dan kereta bayinya, apabila dimasukan kedalam bagasi pesawat sebagai bagasi tercatat (checked baggage)

Di Atas Pesawat

Apakah di dalam penerbangan Citilink dapat merokok?

Tidak, penerbangan Citilink adalah penerbangan bebas asap rokok

Apakah citilink menjual makanan dan minuman saat penerbangan?

Citilink menjual makanan dengan banyak macam yang tersedia, dimulai dari snack sampai dengan makanan utama (selama persediaan masih ada)

Apakah bisa berbelanja dengan menggunakan kartu kredit?

Untuk saat ini pembayaran dengan kartu kredit hanya berlaku untuk pembelian merchandise, untuk pembelanjaan lainya ketika penerbangan hanya dapat dibayarkan dengan cash.

Apakah boleh mengunakan peralatan elektronik saat penerbangan?

Peralatan elektronik yang dapat mengganggu navigasi pesawat ketika lepas landas dan mendarat harus dimatikan.

Apakah Citilink menyediakan bantal dan selimut saat penerbangan?

Citilink tidak menyediakan bantal dan selimut saat penerbangan.

Apakah jendela pesawat harus dibuka dan sandaran kuris ditegakkan saat lepas landas dan mendarat?

Demi keselematan penumpang, seluruh jendela harus dibuka dan sandaran kursi harus ditegakkan

Apakah dapat meminta air panas untuk membuat susu bayi?

Bisa

Apakah menyediakan susu dan popok untuk bayi?

Tidak

Apakah merekam aktivitas cabin crew diperbolehkan saat penerbangan?

Saat penerbangan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka dilarang merekam aktifitas crew di dalam pesawat terkait penggunaan elektronik devices

Apa yang harus saya lakukan jika saya duduk dikursi darurat?

Jika anda menempati kursi dekat pintu darurat, anda akan diminta untuk membuka pintu darurat dan membantu awak pesawat pada saat pesawat dalam keadaan bahaya.

Silahkan minta pindah tempat duduk, jika anda :

  • Memiliki keterbatasan fisik yang mungkin tidak terlihat namun akan menghambat jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu.
  • Merasa memiliki keterbatasan: kekuatan, gerak, ketrampilan pada kedua tangan dan kaki, atau masalah keseimbangan saat membuka pintu untuk membantu awak pesawat.
  • Merasa tidak mampu mencapai pintu darurat, membukanya dan keluar dengan cepat.
  • Meyakini bahwa kegiatan fisik yang dilakukan untuk membuka pintu akan menyebabkan anda cedera.
  • Memiliki keterbatasan pendengaran sehingga kemungkinan tidak mendengar perintah awak pesawat
  • Memiliki keterbatasan penglihatan atau tidak mengerti instruksi yang dimaksud dalam kartu ini.

  • Tidak mampu memberikan perintah-perintah kepada penumpang lain

  • Mempunyai tanggung jawab lain (misalnya menjaga anak kecil) sehingga akan menghambat dalam membantu awak pesawat.

  • Berusia kurang dari 15 tahun.Pada saat ini tidak bersedia membantu.

Bagasi

Berapa limit bagasi untuk penumpang Citilink?
Anda akan mendapatkan bagasi gratis 20kg, dan maksimum 7kg untuk hand-carry di dalam cabin untuk setiap penumpang dewasa dan anak-anak. Tidak ada bagasi gratis untuk infant. Jika anda memiliki kelebihan bagasi, maka biaya kelebihan bagasi akan ditambahkan. (Lihat ke biaya-biaya). 

Setiap bagasi yang didaftarkan tidak boleh melebihi 
ukuran 81cm (T) x 119cm (L) x 119  cm (D) dan berat 32kg. Bagasi Cuma-Cuma: Domestik-15kg Catatan: Berat bagasi yang didaftarkan hanya dapat digunakan bersama penumpang yang memiliki nomor pembelian tiket yang sama. Setiap barang tidak boleh memiliki berat di atas 32kg dan harus memenuhi persyaratan dinas kesehatan dan keselamatan.

Setiap tamu diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dan 1 tas laptop atau satu tas tangan ke dalam pesawat.Bagasi kabin utama besarnya harus tidak melebihi ukuran 56cmx36cmx23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg. Bagasi ini harus muat untuk ditaruh di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen atas.


Barang saya tertinggal di bandara keberangkatan. Bagaimana cara saya menghubungi bagian kantor kehilangan barang (Lost & Found) Citilink?

Untuk bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, silahkan hubungi 021-55913952 untuk keberangkatan domestik.

Untuk kota tujuan lain silahkan hubungi Call Center kami di nomor 0804 1 08 08 08, atau kontak langsung bagian Kehilangan Barang (Lost & Found) diterminal kedatangan.

Setibanya di terminal kedatangan, segera melaporkan kehilangan / kerusakan bagasi anda kebagian Lost & Found supaya segera dibuatkan PIR (‎Property Irregularity report) yang akan diinput kedalam system tracing bagasi kami untuk dilakukan investigasi.

Kami mengingatkan kepada seluruh penumpang Citilink untuk tidak menyimpan‎/menaruh barang berharga didalam tas bagasi sebelum barangnya dimasukan kedalam check in bagasi. Karena jika terjadi kehilangan barang berharga yang disimpan didalam bagasi tersebut kami tidak bertanggung jawab. (info terdapat di setiap check in counter berupa signage).  

Jika saya tidak membuat laporan kehilangan pada terminal kedatangan,dan baru akan melaporkannya kembali setelah saya sampai dirumah, apa yang harus saya lakukan?

Apabila  Anda ingin mengajukan klaim  mengenai bagasi tercatat yang hilang atau rusak dan anda baru akan melaporkan klaim bagasi anda  setelah meninggalkan tempat pengambilan bagasi di terminal  kedatangan atau bandara, atau sesudah anda sampai dirumah, maka anda tidak dapat melakukan klaim. (laporannya tidak bisa dijadikan bukti pertanggung jawaban)

Apa yang harus saya lakukan bila bagasi saya mengalami kerusakan?

Sebelum meninggalkan terminal kedatangan, pastikan bagasi Anda dalam kondisi yang baik. Jika Anda menemukan kerusakan, sebelum meninggalkan terminal kedatangan, pastikan Anda membuat laporan ke Bagian Kehilangan untuk domestik atau internasional untuk mendapatkan bukti Laporan Kerusakan Barang (PIR). Petugas Bagian Kehilangan (Lost & Found) akan memperbaiki bagasi Anda segera jika masih dalam kondisi dapat diperbaiki. Jika sudah tidak dapat diperbaiki maka bagasi Anda akan diganti dengan yang baru. Jika laporan Anda dibuat setelah anda meninggalkan terminal. Petugas kami membuat laporan sebagai ganti dari PIR. Bagaimanapun juga dokumen Laporan kehilangan ini tidak dapat digunakan sebagai bukti pertanggung jawaban.

Berapa banyak barang bawaan yang boleh saya bawa ke dalam cabin pesawat?

Anda hanya boleh membawa satu tas tangan yang berukuran maksimal 56cm x 36cm x 23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg. Sebagai tambahan, Anda boleh membawa kotak peralatan kosmetik atau laptop. Bagasi ini harus cukup  untuk ditaruh di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen atas.

Berapa banyak barang bawaan yang boleh saya bawa kedalam bagasi tercatat check in baggage (free baggage allowance)?

Bagasi yang bisa dimasukan kedalam bagasi terdaftar (check in baggage) sebagai free baggage allowance adalah sebanyak 20 kg (Domestik) / penumpang.

Dan dimensinya tidak boleh melebihi ukuran 81 cm (T) x 119 cm (L) x 119cm (D) dan jika ada kelebihan bagasi, beratnya tidak boleh melebihi 32kg. (dengan tariff kelebihan bagasi yang berlaku).

Apa yang akan terjadi bila bagasi saya terlambat sampai?

Pastikan Anda segera melapor untuk mendapatkan bukti laporan (PIR) dari petugas kami di bagian Barang Kehilangan (Lost & Found).

Isi bagasi saya yang disimpan didalam bagasi terdaftar (check in baggage) ada yang hilang, apakah saya bisa mengajukan klaim dan meminta penggantian kepada Citilink?

Mohon maaf kami tidak dapat memberikan penggantian jika ada isi dari bagasi terdaftar (check in baggage) ada yang hilang. Karena kami sudah mengingatkan kepada seluruh penumpang Citilink untuk tidak menyimpan‎/menaruh barang berharga / dokumen penting  didalam tas bagasi sebelum barangnya dimasukan kedalam check in bagasi. Karena jika terjadi kehilangan barang berharga yang disimpan didalam bagasi tersebut kami tidak bertanggung jawab. (info terdapat di setiap check in counter berupa signage). 

Apa yang akan terjadi pada bagasi saya ketika saya memiliki connecting flight?

Ketika anda memiliki connecting flight bagasi akan terbawa secara otomatis ke penerbangan akhir anda dengan melaporkan kepada petugas saat di konter check in tempat asal keberangkatan anda bahwa anda memiliki connecting flight

Membawa binatang peliharaan?

Tidak diperbolehkan

Membawa tanaman/bunga?

Tidak diperbolehkan

Membawa Balon?

Tidak diperbolehkan

Komunikasi

Bagaimana cara saya menghubungi departemen komunikasi dari Citilink? Untuk keperluan media, silahkan menghubungi jktdp@citilink.co.id. Sedangkan untuk keperluan kerjasama, silahkan menghubungi marcomm@citilink.co.id

Mitra

Ingin mendaftar sebagai travel agent? Kirim email ke partneroperation@citilink.co.id untuk mendaftar sebagai travel agent



Unaccompanied Minor

Definisi Unaccompanied Minor
 

Unaccompanied Minor (UM) adalah Anak dibawah umur yang akan dan atau saat berpergian / travelling dengan menggunakan penerbangan (Airlines) dalam kondisi Fisik maupun mental normal dan Sehat serta tanpa ditemani / didampingi oleh Orang Dewasa (Orang Tua / wali Anak dan atau Orang Dewasa) yang bertanggung jawab selama penerbangan. 

Ketentuan Umum.

1. Penumpang U.M saat melalukan booking / travelling berusia mulai dari 7 tahun sampai 12 tahun. 
2. Penumpang UM diterima dalam penerbangan Citilink Indonesia untuk Domestik maupun Internasional.
3. Penumpang UM harus dalam keadaan sehat fisik dan mental 4. Harus ada pemesanan tempat duduk terlebih dahulu (Confirmed Booking)
5. Confirmed Booking berlaku Point to Point, untuk Transit : hari yang sama / pesawat yang sama atau bermalam (Over Night) tidak dizinkan / tidak diperkenankan.
6. Pengangkutan berlaku dari bandara ke bandara. 7. Nama UM harus sesuai dan valid untuk penerbangan yang tertera pada dokumen / tiket.
7. Penanganan / handling prosess terhadap UM dikenakan biaya sesuai ketentuan yang diberlakukan. 
9. Memastikan data penjemput dan mencatat secara lengkap siapa orang yang akan menjemput di Station tujuan. 
10. Bila UM tidak ada penjemput dan atau tidak sesuai dengan data penjemput sebelumnya dikedatangan, agar UM tersebut dikembalikan ke Station Original pada kesempatan pertama, biaya yang timbul dibebankan kepada Penumpang/Orang tua/Keluarga.

PELAYANAN PRE- FLIGHT (SEBELUM PENERBANGAN)

1. Pelayanan Reservasi dan Ticketing.
a. Menerima pemesanan tempat ( seat ) dengan menanyakan nama penumpang, nomor telp, tujuan, tanggal keberangkatan, beserta nama penjemput, alamat, telp yang mudah dihubungi di station tujuan dan batas waktu pengambilan ticket.
b. Menyampaikan dengan jelas terhadap ketentuan dan persyaratan bagi UM yang akan berangkat sesuai peraturan yang diberlakukan oleh PT.Citilink Indonesia, sehingga tidak mengalami kendala dalam penerbangannya.
c. Menyampaikan permintaan khusus dari penumpang (makanan, minum, dll.....) kepada bagian terkait untuk ditindaklanjuti.
d. Memberi tanda khusus bagi penumpang khusus UM sehingga mendapat perhatian khusus dari Cabin crew / petugas GHA.
e. Menghubungi penumpang dan menginformasikan, bila terjadi perubahan jadwal keberangkatan penerbangan.
f. Memberikan perhatian dan penjelasan penuh saat melayani Orang Tua/Wali Keluarga ( calon penumpang UM) saat membeli / booking tiket dan waktu check in, ( free baggage allowance dan sebagainya.)
g. Menyampaikan kepada Orang Tua / Wali Keluarga (Calon penumpang UM), agar di persiapkan setiap dokumen yang dibutuhkan pada saat melapor untuk Chek in di Counter.
h. Jumlah penumpang UM dalam satu penerbangan hanya diperbolehkan 2 / Dua orang penumpang.
i. Proses pembukuan UM harus dilakukan melalui Ticketing Office, baik di kantor kota maupun di Airport dan tidak bisa dilakukan melalui WEB site, Untuk UM dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku / Handling fee sebesar : Rp.150.000,- (sudah termasuk green seat).
j. proses pelaporan / Chek in tidak bisa dilakukan melalui web check in, tetapi harus langsung di Chek in Counter Airport.
k. Petugas Ticketing Office untuk melakukan Reservasi harus melalui System pembukuan yang di sesuaikan dengan ketentuan : pada “U.M Cheker” (untuk dapat diketahui total / pembatasan maximal 2 pax/UM) 

2. Pelayanan Chek- in di Airport keberangkatan.

a. Orang tua / Wali Keluarga (calon Penumpang UM) harus mendampingi pada saat lapor untuk prosess Chek in yang dilengkapi dengan documen penerbangan yang sah dan berlaku.
b. Mengisi dokumen Pemberitahuan (UM Handling advice) yang ditandatangani oleh orang tua / wali Keluarga atas nama penumpang UM, pastikan / jaminan untuk penjemputan di Airport tujuan dan kemudian segera menghubungi orang (dewasa) yang akan menjemputnya.
c. ID untuk UM mempergunakan kartu pelajar atau surat keterangan pelajar /Kartu keluarga. dll d. Memberi tanda UM pada penumpang UM tersebut dan dipakai selama penerbangan sampai tempat tujuan.
 e. Diberikan tempat duduk di row depan row 2 / aisle seat (diharapkan UM bisa langsung mendapatkan Seat pada saat melakukan pembukuan / Booking/Block Seat (Row 2/Aisle seat )
f. Dibandara keberangkatan, orang tua / Wali Keluarga pengantar harus menyelesaikan prosedur check in, menyerahkan kelengkapan formalitas, dan menandatangani serah terima pengawasan kepada petugas pasasi.
g. Menyerahkan Boarding Pass langsung kepada calon penumpang UM atau pengantar nya dan mempersilakan penumpang segera ke Boarding Lounge dengan ditemani / assistance oleh Ground Staff
h. Orang tua / pengantarnya tidak dijinkan meninggalkan bandara sebelum pesawat berangkat.
i.Proses Handling dilakukan oleh GHA, dan apabila Handling Fee (Rp.150.000,-/Termasuk green seat). tersebut belum dibayarkan sesuai ketentuan yang berlaku, maka harus dipungut pembayarannya di Check in Counter oleh petugas Counter (Tehnis pembayaran seperti Ancillary revenue atau pembayaran EBT).

3. Pelayanan Proses Menuju Ruang Tunggu. ( Bording lounge ).
a. Assistance dilakukan oleh GHA untuk menuju ruang tunggu yang sudah ditentukan atau dapat diketahui melalui Flight Information Display System (FIDS) / papan petunjuk yang diatur oleh pihak bandara.
b. Penumpang / UM diberikan perhatian khusus dan diprioritaskan untuk naik ke pesawat terlebih dahulu.
c. Pada saat petugas menarik Boarding Pass harus melakukan check dengan benar tujuan dan nomor penerbangan yang tertulis pada boarding pass dan mengucapkan salam "SELAMAT JALAN".
d. Petugas menyampaikan informasi apabila terjadi perubahan jadwal penerbangan, baik keberangkatan maupun kedatangan pesawat begitu pula bila terjadi pembatalan penerbangan sehingga tidak menyulitkan pengantar maupun penjemputnya.
e. Harus ditulis dalam PIS / APB (Passenger Information Sheet/Passenger Actual on Board) sebagai informasi kepada Crew/PIC atau unit terkait.
f. Berkoordinasi dengan Ramp Handling yang bertugas di penerbangan tersebut
g. Melakukan boarding lebih awal / pertama dari penumpang lainnya dan dilakukan serah terima Penumpang UM tersebut beserta dokumen nya dari staff services kepada Cabin Crew (FA-1).
h. Setelah keberangkatan pesawat ( Airborne), segera mengirim berita melalui email, telex, telp ke staion tujuan pada kesempatan pertama berupa data2 (Handling Advice).

PELAYANAN APABILA TERJADI IRREGULARITIES

1. Flight Delay:
a. Petugas GHA memberitahukan kepada fihak pengantar/orang tua.
b. UM tetap dalam pengawasan petugas GHA sampai keberangkatan penerbangan.
c. Prosedure sesuai dengan peraturan yang berlaku

2. Flight Cancelled:
a. Petugas GHA memberitahukan kepada fihak pengantar/orang tua
b. Petugas GHA menyerahkan kembali UM tersebut kepada fihak pengantar/Orang tua
c. Petugas GHA membuat surat serah terima kepada fihak pengantar/Orang tua
d. Prosedure sesuai dengan peraturan yang berlaku.

3. Flight Divertion (Flt Continue ke Destination, Flt RON):
a. Flt. Continue;
- Apabila penumpang tetap di pesawat, UM dalam pengawasan cabin crew
- Apabila Penumpang Harus turun dari pesawat, UM dalam pengawasan GHA
- Pengawasan sampai keberangkatan penerbangannya.

b. Flt.RON;
- Cabin Crew melakukan serah terima dengan petugas GHA.
- Petugas GHA harus tetap mendampingi UM termasuk apabila harus bermalam di Hotel, sampai keberangkatan penerbangan berikutnya.
- Melakukan serah terima kembali kepada Cabin Crew pada saat keberangkatan penerbangan.