Product & Services
Citilink Cargo merupakan bagian pelayanan kepada customer dalam bidang pengiriman barang melalui udara.
Layanan jasa pengiriman kargo port to port sesuai dengan load capacity yang tersedia pada penerbangan Citilink (Priority Cargo).
Saat ini Citilink melayani jasa pengiriman udara untuk jenis General Cargo dan Special Cargo dengan mengutamakan aspek keamanan, ketepatan waktu pengiriman serta menjamin keutuhan barang sampai di tempat tujuan.
1. General Cargo  | | Citilink Cargo melayani pengiriman barang umum atau General Cargo, seperti fashion, tekstil, buku, mainan, dan lain sebagainya. Pengiriman General Cargo harus dilakukan penanganan yang tepat; - Reservation
- Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman Dangerous Goods
- Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan
- Customer juga diharapkan telah menyiapkan dokumen
- Cargo dapat diterima oleh Citilink minimal 180 menit sebelum keberangkatan
- Barang akan di identifikasi oleh Citilink terkait keamanan
- Melakukan proses Packing, Marking, dan Labelling
- Setelah semua proses berlangsung, Cargo dapat diangkut dan siap di kirim
|
2. Special Cargo Citilink Cargo melayani pengiriman barang special cargo, dimana membutuhkan pengemasan dan penanganan khusus. Berikut special cargo yang dapat dikirim menggunakan pesawat Citilink:
 | | Dangerous Goods
Citilink Cargo kini melayani pengiriman Barang Berbahaya atau Dangerous Goods yang berisiko membahayakan kesehatan, keselamatan, aset atau lingkungan. Misalnya produk yang mengandung zat yang berpotensi memicu ledakan atau kiriman barang hasil industri kimia. - Reservation
- Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman Dangerous Goods
- Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan
- Customer juga diharapkan telah menyiapkan dokumen
- Cargo dapat diterima oleh Citilink minimal 180 menit sebelum keberangkatan
- Barang akan di identifikasi oleh Citilink terkait keamanan
- Barang akan diproses Packing, Marking, dan Labelling
- Setelah semua proses berlangsung, Cargo DG wajib di snapshot foto saat diangkut (acceptance s/d loading di pesawat)
|
 | | Perishable Goods
Citilink Cargo melayani pengiriman yang rentan akan waktu dan tempat atau Perishable Goods yang membutuhkan penanganan khusus dengan menyediakan Cool Room di Warehouse. Contoh Perishable Goods, Frozen Food, Buah-buahan, Sayuran dan bunga. - Melakukan reservasi di agen cargo mitra kerja Citilink atau CSC Cargo Citilink.
- Menggunakan case box atau protection case untuk barang sejenis.
- Masukkan comodity ke dalam stereofoam
- Menggunakan absorben untuk melapisi commodity, bisa menggunakan tisu atau kertas koran.
- Apabila menggunakan stereofoam, mohon sebelum commodity dimasukan, agar di masukkan plastik dan setelahnya stereofoam dibungkus plastik dan disegel menggunakan lakban.
- Bisa menggunakan dry ice, maksimal 2 kg per kemasan.
- Diterima maximal 4 jam sebelum jadwal penerbangan.
|
 | | Live Animals (AVI)
Citilink Cargo melayani pengiriman Hewan atau Live Animal (AVI) yang membutuhkan penanganan yang tepat dan aman. Seperti, Unggas (Day Old Chick (DOC) Anak Ayam), Pets dan Reptil (Kura-kura, Penyu, Labi-labi), Cacing Lubricants Hidup. - Reservation :
- Customer harus melakukan reservasi (pembukuan) terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space (available space) untuk pengiriman live animals tersebut.
- Customer juga harus Memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan.
- Cargo dapat diterima oleh Citiink minimal 3 Jam sebelum jadwal penerbangan.
- Pengirim harus menyediakan surat karantina dan surat sehat dari dokter hewan
- Pengirim harus menyediakan kandang yang nyaman sesuai dengan standar kemasan penerbangan yang telah ditentukan Citilink:
- Menggunakan Kandang (container box) supaya dapat mencegah binatang tersebut keluar pada saat delivery.
- Cargo Wajib diberi tanda khusus (labeling) LIVE ANIMAL (AVI) dan This Way Up.
- Pengirim (customer) harus menyediakan kebutuhan makanan dan minuman hewan tersebut selama proses delivery dengan memperhitungkan waktu yang akan ditempuh.
- Untuk tipe pesawat Airbus A-320, pengiriman anak ayam (Day Old Chick) & (Day Old Duck) dibatasi maksimum 80 (delapan puluh) collie per-flight.
- Pakan Cadangan ternak/hewan unggas yang terdapat dalam kemasan box/kandang wajib dialasi/proteksi dengan kertas koran atau bahan penyerap lainnya.
|
 | | Pharmacy Goods
Citilink Cargo melayani pengiriman obat-obatan dan alat kesehatan (healthcare). Barang jenis ini membutuhkan pengaturan suhu dan penanganan yang optimal. - Reservation
- Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman Dangerous Goods
- Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan
- Customer juga diharapkan telah menyiapkan dokumen
- Cargo dapat diterima oleh Citilink minimal 180 menit sebelum keberangkatan
- Barang akan dilakukan pemeriksaan sesuai jenisnya untuk memastikan penanganan barang
Barang bisa langsung dikirim ketika dinyatakan aman
|
 | | Valuable Goods Citilink Cargo akan melayani pengiriman barang berharga seperti emas, bank notes, perhiasan dan karya seni yang membutuhkan penanganan dan tingkat keamanan yang terjamin. - Pengirim memberikan kepastian keberangkatan dengan melakukan reservasi guna memastikan ketersediaan space di pesawat, kemungkinan connecting flight (transit) dan keberangkatan ke station tujuan dengan pesawat lanjutan.
- Pada saat reservasi pengirim wajib menyebutkan commodity Valuable (VAL) & Vulnerable Goods (VUN) yang akan dikirim, seperti emas, obligasi, uang, dan lainnya.
- Melengkapi dokumen resmi dari daerah/kota tujuan asal, transit dan tujuan pengiriman.
- Melakukan pengisian SMU ( Surat Muatan Udara ) & PTI ( Penjelasan Tentang Isi ) harus sesuai dengan Prosedur Citilink serta Surat pembebasan tanggung jawab yang dikeluarkan oleh Citilink (pada saat penerimaan di bandara) wajib ditempelkan materi 10.000 dan ditandatangani.
- Kemasan/Packaging harus kuat agar dapat melindungi konten dari kerusakan maupun tindakan criminal/pelanggaran. Bagian sudut/sisi tajam pada bagian luar kemasan harus dipasang pelindung (kardus/plastic bubble wrap).
- Dalam satu (1) kemasan, commodity ini tidak boleh dikonsolidasi/digabung dengan barang lain, kecuali dengan commodity sejenis.
- Apabila kemasan lebih dari satu maka wajib diberikan penomoran/penandaan di tiap kemasan
|
 | | Human Remains (HUM)
Citilink Cargo melayani pengiriman Jenazah untuk tujuan domestik. - Reservation
- Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman (HUM) Cremated & Un-Cremated
- Customer memastikan kelengkapan surat-surat dan dokumen penting lainnya
- Dipastikan kembali pengiriman jenazah meggunakan Peti, Guci, ataupun Kotak.
- Peti jenazah akan dilapisi seng atau lapisan kedap lainnya serta dipatri untuk mencegah kebocoran dan mencegah timbulnya bau yang tidak sedap.
- Kemasan peti jenazah yang telah siap untuk dibawa ke Bandara wajib dilapisi plastic wrapping dan setiap sudutnya ditutupi oleh rubber atau proteksi potongan kardus.
- Pastikan untuk tiba di gudang minimum 180 menit untuk penerbangan International sebelum Schedule Time of Departure (STD). Dan 120 menit untuk penerbangan domestik sebelum STD.
- Cargo Jenazah ditempatkan di area khusus Jenazah dan terpisah dengan penyimpanan General Cargo (Genco), Dangerous Goods (DG) dan Live Animals (AVI).
- Cargo Jenazah akan diawasi oleh personil Citilink dan dipastikan dalam keadaan baik
|
 | | Heavy Cargo
Citilink Cargo melayani pengiriman Heavy Cargo, barang yang dapat diangkut kedalam pesawat dan didistribusikan sesuai dengan ketentuan Citilink Weight & Balance Manual (WBM) dan sesuai jenis pesawatnya. Seperti, Spareparts dan alat berat. - RESERVATION : Harus memiliki kepastian dari reservasi mengenai
- Ketersediaan space di pesawat
- Kemungkinan connecting flight
- Keberangkatan ke station tujuan
- Penerimaan cargo min. 3 Jam sebelum jadwal penerbangan
- Pengirim wajib memastikan kemasan telah sesuai dengan standar kemasan penerbangan yang telah ditentukan Citilink:
- Diberi protector/pelindung plastic bubble wrap ataupun potongan kardus (absorbent) ujung disetiap sudut kemasan agar dapat mencegah kerusakan atau robek pada kompartemen pesawat.
- Diberi spreader jika diperlukan agar memudahkan petugas dalam proses penanganan loading maupun unloading baik ke gerobak maupun ke pesawat.
- Wajib diberi tanda khusus/label FRAGILE dan THIS WAY UP.
- Pengirim wajib mengetahui dari maksimum ukuran pintu pesawat (Aircraft door size) dari sejenisnya.
Untuk tipe pesawat Airbus A-320, pengiriman Heavy Cargo – HEA dibatasi maks. 150kgs per collie
|
 | | Marine Products
Citilink Cargo melayani pengiriman Wet Cargo, seperti Ikan laut, Tuna, Kepiting, Udang, Belut, dan Lobster. - Reservation :
- Customer harus melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space (available space) untuk pengiriman marine products tersebut.
- Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan.
- Untuk Packing yang aman, Customer diminta untuk menyiapkan box Styrofoam.
- Menggunakan alas absorbent
- Masukan komoditas (Marine Products) ke dalam dua lapis kantung plastik dengan ketebalan 0,08 mm
- Ikat ujung kantung plastik pertama dengan karet gelang kemudian masukan kedalam kantung plastik lainnya dan ikat kembali ujung plastik tersebut dengan karet gelang
- Masukan kantung plastik yang berisi komoditas tersebut ke dalam kantung plastik pada box Styrofoam kemudian ikat ujung plastik dengan karet gelang. Beri absorbent dibagian atas komoditas
- Tutup box styrofoam dengan tutupnya, satukan dengan menggunakan tape band dengan ukuran lebar lebih 4 cm kemudian pasang label live animal dan This Way Up
- Bungkus Styrofoam dengan kantung plastik ketebalan 0,08 mm
- Ikat Plastik Pembungkus styrofoam dengan lakban/ tape band lebar lebih 4 cm)
- Dokumen / surat-surat pendukung kargo yang dikirim seperti Sertifikat Karantina , agar diserahkan minimal 4 jam sebelum keberangkatan
- Cargo Wajib diberi tanda khusus (labeling) Marine Product
|
3. Freighter  | | Citilink Freighter merupakan pesawat cargo milik Citilink yang memiliki kapasitas mencapai 13 Ton untuk mengangkut Kargo ke rute-rute domestik hingga kawasan Asia. Untuk reservasi dan pemesanan hubungi Sales Representative Citilink |
Untuk detail pengiriman barang anda dapat menghubungi Cargo Service Center (CSC) dan Mitra Agen Cargo Citilink di Kota Anda. Info lengkap silahkan menghubungi
infocargo@citilink.co.id