Informasi Penerbangan Citilink Terkait COVID-19

WhatsApp Image 2020-05-30 at 6.58.01 PM
  • Terima kasih atas kesetiaan Anda terbang bersama Citilink Indonesia.

    Terkait perkembangan epidemic COVID-19, Citilink Indonesia berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan langkah-langkah antisipatif dan tentunya selalu mengutamakan keselamatan serta keamanan penumpang maupun awak kabin pesawat.

    Berikut kami sampaikan informasi mengenai penerbangan dan langkah antisipatif yang sudah Citilink lakukan.


    Citilink Indonesia menutup sementara beberapa rute terkait eskalasi penyebaran Virus COVID-19 sesuai berita yang disampaikan oleh World Health Organization (WHO).  Penutupan sementara ini mengikuti kebijakan setiap negara yang telah melakukan tindakan pencegahan dengan menutup sementara akses masuk ke negara masing-masing.

    Kebijakan ini juga merupakan bagian dari komitmen Citilink Indonesia untuk ikut berkontribusi terhadap kebijakan pemerintah Indonesia  dalam upaya mengurangi penyebaran virus ini di Indonesia. Rute-rute yang terkena dampak adalah:

    • Jakarta (Cengkareng) - Banyuwangi pp
    • Jakarta (Cengkareng) - Danau Toba pp
    • Jakarta (Cengkareng) - Labuan Bajo pp
    • Jakarta (Cengkareng) - Samarinda pp
    • Jakarta (Cengkareng) - Tanjung Pandan pp
    • Makassar - Jayapura pp
    • Makassar - Kendari pp
    • Balikpapan - Ujung Pandang pp
    • Batam - Pontianak pp
    • Jakarta (Halim) - Kuala Namu pp
    • Kualanamu - Banda Aceh pp
    • Jakarta (Halim) - Lombok pp
    • Surabaya - Kupang pp
    • Surabaya - Palangkaraya pp
    • Surabaya - Palembang pp
    • Makassar - Gorontalo pp
    • Jakarta (Halim) - Yogyakarta International Airport pp
    • Jakarta (Halim) - Tanjung Pandan pp
    • Jakarta (Halim) - Jambi pp
    • ​Palembang - Yogyakarta International Airport pp
    • Surabaya - Kertajati pp
    • Batam - Silangit pp
    • Jakarta (Cengkareng) - Kertajati pp
    • Bali - Timika pp
    • Jakarta (Cengkareng) - Penang pp
    • Jakarta (Cengkareng) - Kuala Lumpur pp
    • Bali - Kunming pp
    • Bali - Dili pp
    • Bali - Perth pp
    • Bali - Kuala Lumpur pp
    • Bandung - Kuala Lumpur pp
    • Surabaya - Jeddah pp
    • Kualanamu - Gunungsitoli pp
    • Kualanamu - Lhoksumawe pp
    • Kualanamu - Aek Godang pp
    • Kualanamu - Sibolga pp
    • Palembang - Tanjung Karang pp
    • Tanjung Karang - Jakarta (Halim) pp
    • Surabaya - Banyuwangi pp
    • Surabaya - Yogyakarta pp
    • Bandung - Yogyakarta pp
    • Bandung - Solo pp
    • Pontianak - Pangsuma Kapuan Raya pp
    • Pontianak - Rahadi Usman pp
    • Jakarta (Halim) - Yogyakarta pp


    Citilink menyarankan calon penumpang untuk melakukan pengecekan jadwal penerbangan secara berkala dengan menghubungi Call Center Citilink di 0804 1 080808.

    Hal ini untuk mengantisipasi adanya perubahan jadwal penerbangan terkait perkembangan kasus COVID-19.



    Citilink melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap situasi ini, melalui:

    • Pelaksanaan desinfeksi armada pesawat secara rutin dan menyeluruh
    • Edukasi kepada penumpang untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan hashtag #MulaiDariKitaAjaDulu
    • Menyediakan hand sanitizer pada area customer service, boarding gate, dan toilet pesawat
    • Armada pesawat yang dilengkapi dengan sistem penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Air) untuk menyaring debu serta berbagai bahan pencemar udara, termasuk virus dan bakteri
    • Melakukan pengecekan suhu tubuh awak kabin dan penumpang pesawat
    • Penggunaan masker dan sarung tangan oleh seluruh awak kabin
    • Melakukan prosedur karantina untuk penumpang pesawat dengan kondisi tidak sehat
    • Melakukan manajemen karantina untuk awak kabin dengan kondisi tidak sehat atau memiliki riwayat mengunjungi negara yang terkena wabah COVID-19
    • Mengimplementasikan pengaturan jarak aman antar penumpang (physical distancing) dalam operasional penerbangan melalui pengaturan nomor kursi dengan menutup kursi tengah (kursi B dan kursi E) pada penerbangan dengan jenis pesawat A-320, baik untuk penumpang yang melaksanakan check-in di meja pelaporan (check-in counter), web check-in maupun fasilitas pelaporan mandiri (self check-in) yang tersedia di bandar udara


    Terhitung tanggal 1 April 2020 sampai 29 Mei 2020, penerbangan rute internasional Citilink Indonesia pindah sementara ke Terminal 3.

    Sedangkan untuk penerbangan rute domestik, tetap pada Terminal 2.

    Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Call Center Citilink di 0804 1 080808.



    Citilink membuka kembali beberapa rute penerbangan dengan tetap mendukung penuh:
    • PM Perhubungan 25 Tahun 2020 Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
    • SE No 5/2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
    • SE Menteri Kesehatan No HK.02.01/MENKES/313/2020 tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
    • SE Menteri Perhubungan No. 37 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara
    • SE.32 Tahun 2020 tentang Petunjuk Operasional Transportasi Udara untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19)
    • KM 116 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Berlaku Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020

    Untuk informasi lebih lanjut, bisa dibaca Disini

    TUJUAN PERJALANAN

    • Penerbangan dilakukan dalam rangka tugas kedinasan (Pemerintah/ Swasta)
    • Repatriasi WNI/pelajar/pekerja migran/pemulangan orang dengan alasan khusus
    • Pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat
    • Keluarga inti sakit keras atau meninggal dunia
    • Tidak untuk mudik/wisata, atau kriteria perjalanan lain diluar yang sudah ditentukan

    Citilinkers yang akan melakukan penerbangan harus memastikan hal-hal sebagai berikut :

    1. Surat Persyaratan Pendukung Perjalanan dari Lembaga/Instansi Terkait
    2. Surat Pernyataan Perjalanan dalam Rangka Pengendalian COVID-19
    3. Surat Kesehatan dengan hasil tes Rapid non-reaktif atau PCR/Swab negative
    4. Surat Kesehatan dengan hasil tes PCR/Swab negative
    5. Formulir Kewaspadaan Kesehatan Provinsi Bali
    6. Surat Izin Keluar /Masuk Provinsi DKI Jakarta

     

     

    Rute

    1

    2

    3

    4

    5

    6

    Keberangkatan

    Kedatangan

    WNI

    Internasional

    CGK/DPS tanpa lanjutan

     

     

     

     

     

    Internasional

    DPS tanpa lanjutan

     

     

     

     

    Internasional

    CGK/SUB/DPS dengan lanjutan domestik

     

     

     

    Domestik

    CGK

     

     

    Domestik

    DPS

     

     

    Domestik

    Kota PSBB/Red Zone selain CGK dan DPS

     

     

     

    WNA

    Internasional

    CGK/DPS tanpa lanjutan

     

     

     

     

     

    Internasional

    DPS tanpa lanjutan

     

     

     

     

    Internasional

    CGK/SUB/DPS dengan lanjutan domestik

     

     

     

    Domestik

    CGK

     

     

    Domestik

    DPS

     

     

    Domestik

    Kota PSBB/Red Zone selain CGK dan DPS

     

     

     

     

     

    KELENGKAPAN DOKUMEN PERJALANAN

    • Surat perintah melaksanakan tugas dari atasan (Pemerintah/ Swasta)
    • Surat Tugas yang ditandatangani oleh pejabat setingkat Eselon 2 (ASN, Polri, TNI)
    • Surat Tugas yang ditandatangani oleh Direksi/Kepala Kantor (Pegawai BUMN, BUMD, UPT, Satuan Kerja, NGO, Lembaga Usaha)
    • Surat pernyataan bermaterai yang di ketahui Lurah/Kepala desa (non pemerintah/ non swasta)
    • Melaporkan detil rencana perjalanan mulai dari keberangkatan, pada saat di kota tujuan, dan kepulangan (Pemerintah/ Swasta/ non pemerintah/ non swasta)
    • Surat keterangan dari perwakilan RI di luar negeri (repatriasi)
    • Surat keterangan dari sekolah/universitas (pelajar)
    • Surat keterangan dari BPMI (pekerja migran)
    • Surat rujukan rumah sakit dan kartu keluarga/akta kelahiran (pasien yang melakukan pengobatan/penjenguk keluarga yang sakit keras)
    • Surat kematian anggota keluarga yang meninggal dan kartu keluarga/akta kelahiran (Pelayat)
    • Surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas Covid-19 yang masih berlaku (untuk semua penumpang)
    • Kartu Tanda Pengenal (untuk semua penumpang)
    • Mengisi pernyataan perjalanan dalam masa penanggulangan Covid 19 di Indonesia yang disediakan oleh Citilink melalui website/mobile app (untuk semua penumpang)
    • Mengisi kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card/HAC) dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore untuk perangkat berbasis android atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/ untuk perangkat berbasis iOS, atau hardcopy disediakan di check-in counter dan boarding gate sebagai cadangan.
    • Surat Keterangan Sehat dengan hasil tes Rapid non-reaktif (berlaku maksimal 3 hari dari waktu diterbitkan)
    • Surat Keterangan Sehat dengan hasil tes PCR/Swab Negatif (berlaku maksimal 7 hari dari waktu diterbitkan)
    • Formulir Kewaspadaan Kesehatan Provinsi Bali dapat diunduh disini
    • Surat Izin Keluar /Masuk Provinsi DKI Jakarta dapat diunduh disini
    • Citilinkers dengan penerbangan dari Pontianak (PNK) wajib untuk melengkapi seluruh dokumen dengan 4 rangkap.

     

    Catatan:

    • Dokumen pernyataan perjalanan dalam masa penanggulangan penyebaran Covid 19 dapat diunduh Disini. Setiap penumpang wajib mencetak dan mengisi formulir Surat Pernyataan Perjalanan dalam Rangka Pengendalian COVID-19 di Indonesia.
    • Jika Citilinkers tidak dapat menunjukkan dokumen-dokumen tersebut pada saat check-in dan menunjukkan copy beserta aslinya, maka calon penumpang tidak diperkenankan untuk check-in/boarding.
    • Citilinkers yang melakukan web check-in diharuskan tetap melapor di boarding gate dan menunjukkan kelengkapan dokumen penyerta.
    • Bagi Citilinkers yang tidak memenuhi persyaratan sesuai dengan kriteria diatas, terdapat konsekuensi tindak lanjut sesuai dengan otoritas bandara setempat
    Citilink tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kekurangan dokumen persyaratan dan berhak untuk membatalkan perjalanan bagi Citilinkers yang tidak memenuhi persyaratan diatas

    PENGAMANAN KESEHATAN DIRI
    • Selalu mengenakan masker selama perjalanan
    • Selalu menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain

    #BetterFlyCitilink




        Pesan Sekarang