Informasi Penerbangan Citilink Terkait COVID-19

panduan terbang-02
 

Terakhir diperbaharui tanggal 14 April 2021 pukul 12.30 (WIB)

  • Domestik

    Citilinkers bagi pelaku perjalanan udara efektif mulai tanggal 01 April 2021 diwajibkan untuk dapat memenuhi persyaratan terbang yang tertuang dalam:

    • Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) (Klik Disini).
    • Surat Edaran Kementerian Perhubungan 26 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) (Klik Disini).
    • Surat Edaran (Satgas) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah (Klik Disini)

     

     

    Internasional

    Menuju Indonesia

    • Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) (Klik Disini).
    • Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 9 Tahun 2021 tentang Tempat Karantina, Isolasi, dan Kewajiban RT-PCR Bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Internasional (Klik Disini).
    • Surat Edaran Kementerian Perhubungan 21 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) (Klik Disini).

    Tujuan Arab Saudi 

    Citilinkers jamaah umrah dan non umrah dengan tujuan Arab Saudi harus memenuhi syarat berikut: 

    Non Umrah :

    1. Pelaku Perjalanan harus memiliki hasil negatif uji swab berbasis PCR dilakukan maksimal 72 (tujuh puluh dua) jam sebelum ketibaan di Jeddah dan mengisi formulir berikut (Klik Disini). 
    2. Pelaku Perjalanan diharuskan menjalani karantina mandiri selama 3 hari di rumah setelah tiba di Arab Saudi, kemudian mengikuti tes PCR setelah 2 hari. Jika uji PCR tidak dilakukan, karantina mandiri di rumah dilanjutkan selama 7 hari. 
    3. Mengunduh dan mendaftar di Aplikasi Tatamman dan Tawakkalna di Aplikasi Playstore atau Appstore. 
    4. Pelaku Perjalanan harus menetapkan lokasi rumah Melalui aplikasi Tatamman dalam waktu 8 jam setelah kedatangan. 
    5. Pelaku Perjalanan harus melakukan penilaian kesehatan harian di aplikasi Tatamman. 

     

    Umrah :

    1. Pelaku Perjalanan harus memiliki hasil negatif uji swab berbasis PCR dilakukan maksimal 72 (tujuh puluh dua) jam sebelum ketibaan di Jeddah dan mengisi formulir berikut (Klik Disini). 
    2. Pelaku Perjalanan diharuskan menjalani karantina mandiri selama 3 hari di hotel yang telah dipilihkan oleh travel dalam paket perjalanan setelah tiba di Arab Saudi, kemudian mengikuti tes PCR setelah 2 hari. Jika hasil uji PCR dinyatakan negatif, maka dapat langsung melaksanankan ibadah umrah dan kegiatan lainnya sesuai ketentuan yang berlaku. Namun jika hasil uji PCR dinyatakan positif, maka karantina mandiri di hotel dilanjutkan selama 7 hari. 
    3. Mengunduh dan mendaftar di Aplikasi Tatamman dan Tawakkalna di Aplikasi Playstore atau Appstore. Proses ini akan dibantu oleh pihak travel penyelenggara perjalanan umrah.
    4. Pelaku Perjalanan dan Travel penyelenggara perjalanan harus menetapkan lokasi Hotel melalui aplikasi Tatamman dalam waktu 8 jam setelah kedatangan. 
    5. Pelaku Perjalanan dan Travel penyelenggara perjalanan harus melakukan penilaian kesehatan harian di aplikasi Tatamman. 

     


    #BetterFlyCitilink




    Dapat kami sampaikan bahwa sebelum melakukan perjalanan penerbangan, penumpang wajib memiliki hasil PCR / Rapid Test yang terdapat dalam Paspor Kesehatan e-HAC yang dapat di download / unduh pada website atau mobile apps e-HAC.

    Pasporsehat.com platform journey

    100

    Berikut langkah mendapatkan Paspor Kesehatan E-HAC:

    1. Download / unduh pada mobile apps e-HAC pada Appstore atau Playstore Anda;
    2. Login / masuk pada akun e-HAC (data diri);
    3. Pilih menu paspor kesehatan;
    4. Pilih menu portal paspor kesehatan;
    5. Pilih menu rumah sakit / klinik / laboratorium Umum untuk daftar test Rapid Antigen/Swab PCR yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal Anda;
    6. Mengisi data diri anda sesuai kolom yang tersedia;
    7. Klik Daftar / Submit untuk mengirim;
    8. Harap menunjukan data yang telah ter-registrasi pada aplikasi e-HAC anda ke faskes atau klinik/RS yang telah anda pilih;
    9. Pastikan hasil anda dimasukkan di dalam e-HAC oleh faskes tersebut.
    10. Anda dapat melihat hasil Rapid/PCR Test di dalam platform E-HAC dengan cara:

    101102


    Data swab PCR / Rapid Test anda akan dapat dipergunakan untuk melakukan perjalanan pesawat udara. Terima kasih.

     

    Alat yang Digunakan oleh KKP

    103 104


    Manual membaca

    111
    105

    106




    Citilink menyarankan calon penumpang untuk melakukan pengecekan jadwal penerbangan secara berkala dengan menghubungi Call Center Citilink di 0804 1 080808.

    Hal ini untuk mengantisipasi adanya perubahan jadwal penerbangan terkait perkembangan kasus COVID-19.



    Citilink melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap situasi ini, melalui:

    • Pelaksanaan desinfeksi armada pesawat secara rutin dan menyeluruh
    • Edukasi kepada penumpang untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan hashtag #MulaiDariKitaAjaDulu
    • Menyediakan hand sanitizer pada area customer service, boarding gate, dan toilet pesawat
    • Armada pesawat yang dilengkapi dengan sistem penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Air) untuk menyaring debu serta berbagai bahan pencemar udara, termasuk virus dan bakteri
    • Melakukan pengecekan suhu tubuh awak kabin dan penumpang pesawat
    • Penggunaan masker dan sarung tangan oleh seluruh awak kabin
    • Melakukan prosedur karantina untuk penumpang pesawat dengan kondisi tidak sehat
    • Melakukan manajemen karantina untuk awak kabin dengan kondisi tidak sehat atau memiliki riwayat mengunjungi negara yang terkena wabah COVID-19


    Terhitung tanggal 23 Juli 2020, penerbangan rute internasional dan domestik Citilink Indonesia pindah ke Terminal 3.

    Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Call Center Citilink di 0804 1 080808.





        Pesan Sekarang