Citilink Traveling

  • Wisata Ke Ujung Pandang Tidak Lengkap Jika Kamu Tidak Mengunjungi Beberapa Obyek Wisata Berikut Ini

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Wisata ke Ujung Pandang

    Ujung Pandang merupakan salah satu kota di daerah Sulawesi Selatan dan merupakan ibu kota dari provinsi tersebut. Kota ini terkenal dengan keramahan penduduk dengan berbagai suku dan juga wisata kuliner yang menarik. Namun, ternyata di sisi lain, potensi wisata di daerah ini cukup menarik untuk kamu jadikan tempat tujuan liburan kamu. Ada beberapa tempat wisata di Ujung Pandang yang bisa kamu jadikan referensi liburan kamu. Beberapa tujuan wisata ke Ujung Pandang yang wajib kamu kunjungi seperti:

    Fort Rotterdam

    Wisata ke Ujung Pandang tak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi Fort Rotterdam. Benteng Fort Rotterdam yang dulunya bernaman benteng Ujung Pandang ini merupakan bangunan peninggalan kerajaan Gowa Tallo. Kamu pun tak perlu heran jika masyarakat sering menyebutnya Benteng Penyu karena memang arsitektur dari bangunan tersebut menyerupai hewan penyu.

    Dan menurut sejarah, konon tempat ini merupakan markas dari pasukan Katak kerajaan Gowa Tallo. Di dalam benteng ini pun terdapat museum yang menyimpan berbagai barang peninggalan sejarah. Jika kamu tertarik dengan tempat wisata ini, anda dapat mengunjunginya di jalan Ujung Pandang. Letaknya sangat strategis, dan tak jauh dari benteng ini pun terdapat pantai yang hanya dipisahkan dengan badan jalan. Obyek wisata yang satu ini wajib kamu kunjungi ketika kamu pergi wisata ke Ujung Pandang.

    Taman Nasional Bantimurung

    Saat kamu pergi wisata ke Ujung Pandang jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Bantimurung. Objek wisata yang satu ini terkenal oleh Kupu-Kupunya yang dijadikan maskot tempat wisata. Alasan mengapa kupu-kupu menjadi maskot tempat wisata ini karena taman nasional ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani dari Inggris, Alfred Russel Wallace dan dia berhasil menemukan 250 jenis kupu-kupu di sini.  

    Selain menikmati keanekaragaman kupu-kupu, kamu juga masih bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain flying fox, berenang di kolam yang telah disediakan, bermain di bawah air terjun atau menjelajahi gua yang ada di kawasan ini. Kamu cukup mengeluarkan Rp.20.000 untuk mauk ke kawasan Taman Nasional Bantimurung.

    Air Terjun Parangloe

    Saat kamu pergi wisata ke Ujung Pandang jangan lupa untuk mengunjungi air terjun Parangloe. Obyek wisata yang satu ini berjarak tidak jauh dari jantung kota Ujung Pandang, hanya berlokasi 20 KM dari pusat kota tepatnya di desa Bori, Parangloe menawarkan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Air terjun ini mengalir deras melalui tumpukan batu yang tersusun rapi secara alami dan memiliki kondisi air yang terhitung masih jernih dan terjaga kebersihannya.

    Tanjung Bira

    Saat kamu pergi wisata ke Ujung Pandang jangan lupa untuk mengunjungi Tanjung Bira. Pantai ini berada cukup jauh yaitu sekitar 200 km dari kota Makassar. Jarak ini tak akan berarti saat kamu sudah menginjakkan kaki di atas pasirnya yang putih dan lembut. Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang selembut dan seputih salju serta airnya yang jernih kebiruan.

    Keindahan tempat wisata ini tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu laukan di pantai Ujung Pandang yang satu ini seperti berenang, bersantai, snorkeling atau minum es kelapa sambil menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari. Jika lupa membawa alat snorkeling, kamu bisa menyewanya seharga 30.000 Rupiah.

    Itulah beberapa tempat wisata ke Ujung Pandang yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Kota Ujung Pandang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Ujung Pandang atau Makassar, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Hasanuddin. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

  • Tips Backpacker ke Banyuwangi yang Wajib Kamu Ketahui

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Backpacker ke Banyuwangi

    Banyuwangi adalah salah satu destinasi wisata yang sedang berkembang. Alasan mengapa destinasi wisata Banyuwangi sedang berkembang adalah karena Banyuwangi memiliki wisata yang lengkap. Banyuwangi memiliki wisata yang lengkap mulai dari kuliner, budaya, sejarah dan alam. Karena alasan itulah banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang dan menikmati obyek wisata Banyuwangi.

    Beberapa obyek wisata Banyuwangi yang memesona adalah kawah ijen, pulau merah, teluk hijau atau green bay¸ dan Pantai Plengkung. Salah satu pantai di Banyuwangi yang sudah terkenal sampai mancanegara adalah Pantai Plengkung, pantai ini terkenal akan ombaknya yang setinggi 3 meter dan menjadi incaran para wisatawan. Memiliki beberapa atraksi wisata lengkap membuat Banyuwangi menjad tempat yang wajib kamu kunjungi. Namun bagi kamu yang ingin ke Banyuwangi tetapi memiliki budget murah jangan khawatir simak tips backpacker ke Banyuwangi berikut ini:

    Booking Penginapan jauh-jauh hari

    Salah satu tips backpacker ke Banyuwangi adalah kamu harus mempersiapkan akomodasi dari jauh-jauh hari. Ada beberapa pilihan bagi kamu yang ingin memilih penginapan murah di Banyuwangi. Salah satu budget yang berat untuk biaya liburan ke Banyuwangi adalah budget untuk akomodasi. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena jika kamu booking dari jauh-jauh hari kamu akan mendapatkan penginapan murah.

    Sebagai contoh ada Manyar Garden Hotel dengan harga Rp.185.000 per kamar untuk dua jadi kamu bisa membayar sekitar Rp.90.000 permalam. Kemudian jika kamu ingin mengunjungi Kawah ijen terdapat guest house dirumah warga dengan harga Rp.150.000 per malam untuk empat orang jadi kamu cukup membayar sekitar Rp.37.000 permalamnya.  Sangat murah bukan? Ada beberapa rumah warga yang menawarkan penginapan seharga kurang lebih Rp.100.000 per malamnya sangat cocok untuk budget backpacker bukan?

    Kunjungi Tempat Wisata Gratis

    Tips backpacker ke Banyuwangi berikutnya adalah kamu sebaiknya kamu mengunjungi tempat wisata gratis. Ada beberapa tempat wisata gratis di Banyuwangi seperti Taman Blambangan, Bukit Mondoleko, dan Pantai Waru Doyong . Selain beberapa tempat yang telah disebutkan diatas masih banyak beberapa destinasi alam yang cukup membayar Rp.5.000- Rp.15.000 untuk masuk ke dalam kawasan wisatanya. Biaya masuk yang tidak terlalu mahal tentu tidak akan membuat budget biaya liburan ke Banyuwangi kamu membengkak.

    Makan di Warung Makan Lokal

    Tips backpacker ke Banyuwangi agar biaya liburan ke Banyuwangi tidak membengkak adalah dengan makan di warung makan lokal. Terdapat beberapa pilihan kuliner yang menggugah selera di Banyuwangi seperti pecel rawon, sego cawuk, dan nasi tempong. Beberapa restoran atau makanan untuk wisatawan biasanya lebih mahal daripada harga normal, oleh karena itu sebaiknya kamu makan di warung makan lokal yang merupakan tempat warga lokal makan sehari-hari.

    Memilih Transportasi

    Salah satu tips backpacker ke Banyuwangi adalah memilih moda transportasi. Jika kamu memiliki waktu liburan yang panjang ada baiknya kamu memilih transportasi darat seperti bus dan kereta karena harganya sangat murah di bandingkan transportasi udara. Jika kamu datang dari Jakarta kamu bisa naik kereta dengan kisaran harga Rp.100.000 an sampai Surabaya dan melanjutkan dengan kereta dari Surabaya ke Banyuwangi dengan harga kurang lebih Rp.50.000 an. Namun, jika kamu hanya memiliki waktu sebentar seperti 3 hari dua malam lebih baik kamu menggunakan pesawat untuk menghemat waktu perjalanan kamu. Sebaiknya kamu memesan tiket pesawat jauh-jauh hari karena banyak promo dan diskon menarik yang di berikan.

    Itulah beberapa tips backpacker ke Banyuwangi murah yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Jika kamu merencanakan dengan matang biaya liburan ke Banyuwangi tidak lagi mahal.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di Indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Banyuwangi, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara udara Banyuwangi. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

  • Spot Wisata Malam di Penang Yang Wajib Kamu Kunjungi

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Wisata malam di Penang

    Penang adalah kota kedua setelah Kuala Lumpur yang sering di buru para wisatawan untuk berlibur di Malaysia. Terkenal akan rumah sakit dan pemandangan kolonialnya, ternyata kota Penang juga memiliki daya Tarik wisata malam. Ketika matahari terbenar keadaan kota Penang benar-benar berubah drastis karena lampu-lampu mulai menyala di semua bagian kota. Bar, pub, dan bar pantai adalah sebagian tampilan luar kehidupan malam kota Penang. Ternyata masih banyak destinasi wisata malam dan kegiatan ramah keluarga yang kamu bisa lakukan di kota ini mulai dari berbelanja atau sekedar menikmati deburan ombak di malam hari. Berikut beberapa pesona wisata malam di Penang yang wajib kamu ketahui:

    Pasar Malam Batu Ferringhi

    Salah satu destinasi wisata malam di Penang yang wajib kamu kunjungi adalah pasar malam yang berlokasi di jalan Jalan Batu Ferringhi. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata malam di Penang yang cukup terkenal. Jalan Batu Ferringhi di penuhi dengan berbagai macam kedai di sepanjang jalannya yang menjual street food, pernak-pernik, oleh- oleh, dan bahkan dvd bajakan.

    Kemudian tidak hanya itu jalan ini juga memiliki café atau restoran yang menghadap ke pantai cocok untuk bersantai setelah seharian mengelilingi kota Penang. Kamu juga akan menemukan kerajinan khas kota Penang seperti ikat kepala seharga RM 12 dan bahkan pop art Marvel dan DC.

    Bar Pantai

    Salah satu destinasi wisata malam di Penang yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bar Pantainya. Jika kamu memiliki mimpi untuk berlibur dengan menikmati cocktail dengan pasir di antara jari-jari kaki kamu, bar pantai di Penang adalah jawabanya. Mulai dari gubuk sederhana yang di lengkapi dengan bir hingga bar premium dengan settingan fancy.

    Kamu tidak hanya akan menemukan bar pantai di sepanjang perbatasan pantai Jalan Batu Ferringhi, tetapi ada juga beberapa bar yang berlokasi di pinggir laut di Georgetown. Ada beberapa tempat yang sempurna untuk meninggalkan kepenatan kamu seperti Sand Bar bergaya Karibia di Hard Rock, dan QEII yang sangat mewah, dengan DJ lokal yang memutar lagu remix dari tahun 80-an hingga lagu hits terbaru.

    Live Music

    Salah satu destinasi wisata malam di Penang yang sayang jika kamu lewatkan adalah Penang’s Live Music. Live Music di Penang adalah industri yang berkembang. Pulau ini menjadi tuan rumah bagi beberapa festival musik sepanjang tahun termasuk Penang Island Jazz Festival, acara seni pertunjukan terbesar kedua Malaysia yang diselenggarakan pada bulan Agustus, dan Penang World Music Festival yang berlangsung antara bulan Maret dan April.

    Namun, pengunjung yang mencari hiburan live sepanjang tahun tidak akan kecewa karena beberapa bar pulau menjadi tuan rumah pertunjukan live music setiap hari. Salah satu tempat live music yang menjadi favorit adalah Hard Rock Cafe di sepanjang Jalan Batu Ferringhi, tempat para pemain lokal setempat tampil. Untuk suasana yang lebih santai kamu bisa mengunjungi Reggae Mansion di Lebuh Chulia memiliki outdoor lounge tempat para pemain band lokal tampil.

    Itulah beberapa pesona wisata malam di Penang yang bisa kamu jadikan referensi saat sedang ingin berlibur di Penang, Malaysia. Kota Penang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah. Pastikan kamu mengunjungi spot wisata malam di Penang untuk membuat liburan kamu makin seru.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi destinasi favorit tidak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau dalam dan luar negeri. Sekarang Citilink memiliki direct flight Jakarta tujuan Penang, jadi kamu tidak perlu transit lagi. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke dalam dan luar negeri. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

  • Keindahan Air Terjun Moramo Salah Satu Ikon Wisata Alam di Kendari

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Air terjun Moramo

    Kendari merupakan salah satu bagian dari destinasi wisata di Sulawesi Tenggara yang memiliki potensi besar, sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menarik. Banyak sekali spot-spot keren yang pastinya sayang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kemudian sebagian besar dari spot wisata yang ada di Kendari adalah wisata alam dan wisata pantainya.

    Keindahan alam kota ini sudah tak perlu diragukan lagi, buktinya banyak juga wisatawan yang datang dan berkunjung untuk menikmati keindahan pulau yang satu ini. Selain pantai ternyata Kendari menyimpan banyak keindahan alam, salah satunya adalah air terjun. Salah satu air terjun yang terkenal dan menjadi ikon wisata alam Kendari adalah air terjun Moramo. Ingin tahu info mengenai air terjun Moramo simak ulasan berikut ini:

    Obyek wisata Air Terjun Moramo adalah tempat wisata yang berada di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Air terjun ini memiliki tujuh undakan yang bagi masyarakat setempat merupakan anugerah alam yang sangat menakjubkan, karena air terjun tersebut dipercaya masyarakat sebagai tempat mandi bagi para bidadari yang turun dari langit pada jaman dahulu.

    Udara di Air Terjun Moramo sangatlah sejuk karena berada di wilayah Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa yang merupakan kawasan hutan lindung di Sulawesi Tenggara. Oleh sebab itu banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke air terjun ini karena pesona keindahan alamnya dan udaranya yang bersih dan sejuk. Destinasi alam yang satu ini cocok untuk kamu yang mencari ketenangan.

    Obyek wisata Sulawesi Tenggara ini juga memiliki sumber daya alam yang berupa batu marmer. Menurut penelitian, diperkirakan kandungan marmer yang berada di kawasan ini mencapai 860 milyar meter kubik. Dan merupakan sumber cadangan marmer terbesar yang ada di dunia.

    Air terjun yang memiliki 7 undakan utama dan 60 undakan kecil dengan ketinggian kurang lebih sekitar 100 meter ini merupakan habitat yang baik bagi burung dan kupu-kupu serta satwa lainnya. 60 undakan kecil yang juga merupakan sebuah kolam kecil ini hanya satu yang bisa digunakan untuk berenang. Kolam yang bisa digunakan untuk berenang yaitu kolam yang berada di undakan kedua dari tujuh undakan utama Air Terjun Moramo. Dari berbagai kombinasi antara hutan lindung, obyek wisata air terjun dan habitat aneka satwa merupakan daya tarik wisata tersendiri di Sulawesi Tenggara.

    Tidak hanya kolam dan hutan yang menjadi daya tarik dari air terjun Moramo, susunan bebatuan yang tersusun menjadi undakan juga sangat indah. Wisatawan bisa berfoto di atas undakan-undakan tersebut. Jangan takut, meski undakan tersebut menjadi aliran air, tetapi batuan-batuan tersebut tidaklah licin.

    Air terjun Moramo berada di wilayah Suaka Alam Tanjung Peropa. Tepatnya berada di Desa Sumber Sari, Moramo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Jika kamu tiba dari bandara Walter Monginsidi, kamu bisa menggunakan transportasi umum menuju Suaka Alam Tanjung Peropa. Setelah sampai di tempat tersebut, Kamu bisa melanjutkan trekking dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 2 kilometer.

    Tersedia kamar mandi dan toilet yang bisa kamu gunakan sebagai tempat ganti pakaian setelah Kamu berenang. Tersedia juga tempat beristirahat untuk kamu yang ingin melepas lelah. Dilengkapi juga dengan tempat parkir luas. Jadi kamu jangan khawatir tempat ini tidak memiliki toilet.

    Itulah beberapa info mengenai air terjun Moramo. Rencanakan perjalananmu untuk berkunjung ke Kendari sekarang dengan menyusun jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary, dan kemas barang bawaanmu. Nikmati tawaran menarik dari citilink dengan Direct flight dari Jakarta menuju Kendari. Sebagai maskapai yang tergolong dalam penyedia jasa angkutan udara berjadwal, berbiaya terjangkau, dan mengutamakan keselamatan, Citilink akan mengantarkan kamu sampai ke Bandar Udara Kendari dan kamu bisa menikmati surga tropis Sulawesi tenggara dengan  menyenangkan.

  • Asal Usul Sejarah Ujung Pandang

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Sejarah Ujung Pandang

    Mungkin sebagian dari kamu sedikit bingung perbedaan kota Makassar dan Ujung Pandang? Kota yang terkenal akan Coto Makassar dan Pisang Epe ini memang menyimpan sejarah tentang pergantian nama dari Makassar menjadi Ujung Pandang dan menjadi Makassar kembali. Jika kamu penasaran dengan sejarah Ujung Pandang, simak ulasan sejarahnya berikut ini:

    Sejarah Ujung Pandang di mulai dari penggunaan nama Ujung Pandang untuk Kota Makassar dan dipakai dari kira-kira tahun 1950-an sampai tahun 2000. Alasan untuk mengganti nama Makassar menjadi Ujung Pandang adalah alasan politik, antara lain karena Makassar adalah nama sebuah suku bangsa padahal tidak semua penduduk kota Makassar adalah anggota dari etnik Makassar. Nama Ujung Pandang sendiri adalah nama sebuah kampung dalam wilayah Kota Makassar.

    Bermula di dekat benteng Ujung Pandang sekarang ini, membujurlah suatu tanjung yang ditumbuhi rumpun-rumpun pandan. Sekarang Tanjung ini tidak ada lagi. Nama Ujung Pandang mulai dikenal pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-X, Tunipalangga yang pada tahun 1545 mendirikan benteng Ujung Pandang sebagai kelengkapan benteng-benteng kerajaan Gowa yang sudah ada sebelumnya, antara lain Barombong, Somba Opu, Panakukang dan benteng-benteng kecil lainnya.

    Beberapa tahun kemudian benteng Ujung Pandang jatuh ke tangan Belanda, usai perang Makassar, dengan di setujuinya Perjanjian Bungaya tahun 1667, benteng itu diserahkan. Kemudian Speelmen mengubah namanya menjadi Fort Rotterdam. Bangunan-bangunan bermotif Gowa di Fort Rotterdam perlahan-lahan diganti dengan bangunan gaya barat seperti yang dapat kita saksikan sekarang.

    Pergantian nama Kota Makassar berubah menjadi Ujung Pandang terjadi pada tanggal 31 Agustus 1971, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 51 tahun 1971. Kala itu Kota Makassar di mekarkan dari 21 kilometer persegi menjadi 115,87 Kilometer persegi, terdiri dari 11 wilayah kecamatan dan 62 lingkungan dengan penduduk sekitar 700 ribu jiwa. Pemekaran ini mengadopsi sebagian dari wilayah tiga kabupaten yakni Kabupaten Maros, Gowa dan Pangkajene Kepulauan.

    Sebagai “kompensasinya” nama Makassar diubah menjadi Ujung Pandang. Tentang kejadian bersejarah tersebut, Walikota Makassar H.M.Daeng Patompo (alm) berkilah “terpaksa” menyetujui perubahan, demi perluasan wilayah kota. Sebab Bupati Gowa Kolonel K.S. Mas’ud dan Bupati Maros Kolonel H.M. Kasim DM menentang keras pemekaran tersebut. Untunglah pertentangan itu dapat diredam setelah Pangkowilhan III Letjen TNI Kemal Idris menjadi penengah, Walhasil Kedua Bupati daerah tersebut, mau menyerahkan sebagian wilayahnya asalkan nama Makassar di ganti.

    Sejak awal proses perubahan nama Makassar menjadi Ujung Pandang, telah mendapat protes dari kalangan masyarakat. Beberapa kalangan budayawan, seniman, sejarawan, pemerhati hukum dan pebisinis. Bahkan ketika itu sempat didekalarasikan Petisi Makassar oleh Prof.Dr.Andi Zainal Abidin Farid SH, Prof.Dr.Mattulada dan Drs.H.D.Mangemba, dari deklarasi petisi Makassar inilah polemik tentang nama terus mengalir dalam bentuk seminar, lokakarya dan sebagainya.

    Seiring perubabhan dan pengembalian nama Makassar, maka nama Ujung Pandang kini tinggal kenangan dan selanjutnya semua elemen masyarakat kota mulai dari para budayawan, pemerintah serta masyarakat kemudian mengadakan penelurusan dan pengkajian sejarah Makassar, hasilnya Pemerintah Daerah Nomor 1 Tahun 2000, menetapkan Hari jadi Kota Makassar, tanggal 9 Nopember 1607. Untuk pertama kali Hari Jadi Kota Makassar ke 393, diperingati pada tanggal 9 November 2000. Nama Makasar berasal dari sebuah kata dalam bahasa Makassar “mangkasara” yang berarti yang menampakkan diri atau yang bersifat terbuka.

    Itulah sejarah Ujung Pandang yang bisa menjawab pertanyaan kamu seputar serba-serbi nama Ujung Pandang dan Makassar. Kota Ujung Pandang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di Indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Ujung Pandang atau Makassar, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Hasanuddin. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

  • 5 Wisata Kuliner Bunaken Yang Wajib Kamu Cicipi

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018

    Wisata kuliner Bunaken

    Taman Laut Bunaken adalah salah satu wisata laut dan diving yang sudah terkenal baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Terdapat 20.000 spesies biota laut yang hidup di sini dan terdapat lebih dari 70 spesies karang yang menjadikan taman laut Bunaken sebagai salah satu taman laut dengan keanekaragaman karang terbesar di dunia. Selain terkenal akan keindahan bawah lautnya ternyata Bunaken juga memiliki wisata kuliner yang nikmat. Beberapa wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu coba adalah:

    Cakalang Fufu

    Salah satu wisata kuliner Bunaken yang sayang jika kamu lewatkan adalah Cakalang Fufu. Karena jaraknya yang berdekatan dengan Manado, makanan khas Bunaken banyak yang terinspirasi dari makanan khas Manado. Banyak orang mengenal Manado dengan olahan cakalang fufu yang lezat. Ikan yang sering mendapat sebutan tongkol putih ini mendapatkan cita rasa yang lezat karena proses memasak yang cukup unik yaitu dengan diasapi. Proses pengasapan ini membuat ikan bisa dikonsumsi dalam waktu lama.

    Dalam pengolahannya, ikan cakalang fufu ini bisanya diolah menjadi menu cakalang fufu santan atau menu lainnya. Yang jelas, kuliner ini banyak dicari untuk menjadi oleh-oleh para wisatawan. Cakalang fufu ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau jembatan Sario. Di sana terdapat banyak penjual cakalang fufu yang siap dibawa pulang.

    Tinutuan

    Salah satu wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu coba adalah Tinutuan. Makanan khas Bunaken yang satu ini merupakan kuliner khas Manado yang sering menjadi menu sarapan. Tinutuan memiliki tekstur seperti bubur tapi terbuat dari berbagai campuran sayuran hijau, labu kuning, dan bubur beras. Kadang ada juga masyarakat yang mencampurnya dengan jagung agar rasanya makin nikmat. Kuliner ini biasanya disajikan di restoran Bunaken sebagai menu sarapan.

    Sambal Roa

    Salah satu wisata kuliner Bunaken yang sayang jika kamu lewatkan adalah Sambal Roa. Makanan khas Bunaken yang satu ini tidak boleh lupa kamu cicipi saat kamu mengunjungi Bunaken dan sekitarnya. Sambal ini terbuat dari cabai yang dicampur dengan ikan roa (sejenis ikan terbang) yang sebelumnya diasapi hingga kering. Ikan roa ini dicampur dengan cabai lalu ditumbuk menjadi sangat halus lalu dimasak dengan sedikit minyak. Setelah itu dicampur dengan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula yang telah dihaluskan.

    Sambal ini biasanya menjadi pelengkap kala menyantap tinutuan. Saat ini banyak sekali penjual sambal roa dalam kemasan sehingga bukan hanya dicicipi di Manado, tapi sambal ini bisa menjadi oleh-oleh. Sambal Roa paling nikmat jika kamu mencicipinya bersama nasi panas dan bawang goreng.

    Dabu-dabu

    Salaah satu wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu cicipi saat sedang berlibur di sana adalah Dabu-dabu. Masakan khas Bunaken akan tidak lengkap jika tidak di bumbui dabu-dabu. Dabu-dabu sendiri merupakan penyedap masakan Manado yang rasanya pedas terbuat dari campuran cabai, tomat, dan bawang merah yang dipotong-potong. Dabu-dabu biasanya menjadi pendamping hidangan olahan seafood dan ikan bakar.

    Woku Belanga

    Salah satu wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu cicipi adalah Woku Belanga. Woku Belanga merupakan kuliner yang menjadi ikon pengolahan ikan di Sulawesi Utara. Woku Belanga dimasak dengan belanga yang terbuat dari tanah liat. Woku sendiri merupakan bumbu khas Manado dan sering di makan di daerah Bunaken.

    Bumbu yang digunakan dalam pengolahan menu ini adalah daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi, dan tambahan bumbu beraroma lainnya. Tak lupa cabai juga masuk ke dalam hidangan ini untuk menambah cita rasa pedas setelah dihaluskan.

    Itulah beberapa wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu cicipi saat berada disana. Taman Laut Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata dengan keindahan laut terlengkap.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi kota-kota besar di Indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Bunaken, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Sam Ratulangi Manado dan melanjutkan ke Bunaken. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

  • 5 Wisata Kuliner Banyuwangi yang Wajib Kamu Coba

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Makanan khas Banyuwangi

    Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa, ternyata menyajikan berbagai wisata yang memesona. Mulai dari Gunung Ijen sebagai salah satu ikon wisata di Banyuwangi yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, hingga Pulau merah yang menjadi salah satu destinasi yang sedang naik daun.

    Namun di balik keindahan alamnya, ternyata wisata kuliner di Banyuwangi pun tak kalah menggiurkan. Banyuwangi yang identik dengan hidangannya yang pedas ternyata menyajikan wisata kuliner yang tentu dicari-cari oleh para wisatawan. Beberapa wisata kuliner Banyuwangi yang tidak boleh kamu lewatkan sebagai berikut:

    Pecel Itik

    Salah satu makanan khas Banyuwangi berikutnya adalah Pecel Itik. Pecel Itik merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang paling sering diburu oleh wisatawan. Pecel Itik merupakan hidangan yang terbuat dari ayam kampung yang diberi bumbu dan parutan kelapa. Daging ayam disuwir- suwir terlebi dahulu ditambah dengan parutan kelapa mentah seperti urap. Kamu bisa menemukan Pecel Itik di Desa Kemiren, kecamatan Glagah, tempat tinggal Suku Osing asli Banyuwangi.

    Rujak Soto Mbok Mbret

    Salah satu wisata kuliner Banyuwangi yang sayang jika kamu lewatkan adalah Rujak Soto Mbok Mbrey? Bikin kamu penasaran bukan apakah ini rujak ataupun soto. Rujak Soto adalah hidangan perpaduan rujak dan soto, hidangan ini dibuat dengan cara mencampur semua bahan rujak lalu makanan tersebut disiram dengan kuah soto yang diberi daging babat dan telur puyuh. Kamu bisa menikmati hidangan ini dengan hanya merogoh kocek Rp.20.000-Rp.25.000 saja. Kamu bisa menemukan makanan khas banyuwangi yang satu ini di kawasan Benculuk, Cluring Kabupaten Banyuwangi.

    Sego Cawuk

    Salah satu wisata kuliner Banyuwangi yang wajib kamu coba saat berada di Banyuwangi adalah Sego Cawuk. Kamu bisa menemukan makanan khas Banyuwangi yang satu ini di warung Bu Mantih yang berada di jln. Wahid Hasyim sekitar 500 meter dari stasiun Rogojampi. Sego Cawuk ini makanan khas Banyuwangi yang berupa perpaduan nasi dan kuah kemudian dilengkapi dengan parutan kelapa. Ada beberapa lauk di dalam Sego Cawuk seperti dendeng, telur, pepes, dan ikan. Sego cawuk dibandrol harga dibawah Rp. 10.000 dan belum termasuk harga tambahan lauk.

    Sego Tempong Mbok Wah

    Makanan khas Banyuwangi yang berikutnya adalah Sego Tempong Mbok Wah. Arti kata tempong itu sendiri adalah tampar, wisata kuliner Banyuwangi yang satu ini memang memiliki rasa yang nampar alias enak sekali. Sego Tempong Mbok Wah menawarkan sajian seafood seperti ikan goreng, cumi, dan kepiting. Dengan harga sekitar Rp.8000 sampai Rp. 10.000 kamu sudah dapat menikmati nasi putih, sayuran rebus, ikan asin, dan 3 ekor teri jengki dan sambal.  Kamu bisa menemukan Sego Tempong Mbok Wah di alamat Jalan Gembrung no. 22.

    Mie Kuah Warung Kepiting

    Salah satu wisata kuliner Banyuwangi yang saying jika kamu lewatkan adalah Mie Kuah Warung Kepiting. Restoran yang satu ini menyajikan menu makanan seafood yang khas, menu andalan dari restoran yang satu ini adalah kepiting. Namun, jika kamu tidak suka makan kepting terdapat beberapa makanan seafood lainnya seperti udang, ikan dan cumi yang tak kalah menggugah selera. Alamat dari Mie Kuah Warung Kepiting ada di Jl. Kepiting no. 29B, Banyuwangi.

    Itulah beberapa wisata kuliner Banyuwangi yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Ketika kamu sedang berlibur jangan lupa untuk mencoba makanan daerah salah satunya makanan khas Banyuwangi, karena akan tidak lengkap jika kamu jalan-jalan tanpa mencoba kuliner daerahnya

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di Indonesia tidak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Banyuwangi, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara udara Banyuwangi. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/   ya.

  • 4 Wisata Kuliner di Ujung Pandang Yang Wajib Kamu Coba

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Wisata Kuliner di Ujung Pandang

    Ujung Pandang merupakan destinasi yang sempurna untuk berlibur. Kota yang terkenal akan Pantai Losarinya ini memiliki beberapa atraksi wisata mulai dari wisata alam, budaya, sejarah hingga kulinernya. Berbagai sudut kotanya menyimpan tempat makan enak yang menggugah selera. Dari mulai makanan berat hingga jajanan, tersedia lengkap di Ujung Pandang. Berikut beberapa tempat wisata kuliner di Ujung Pandang yang wajib kamu coba:

    Coto Makassar

    Salah satu wisata kuliner di Ujung Pandang yang sayang jika kamu lewatkan adalah Coto Makassar. Ada yang kurang kalau kamu jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tanpa mencoba Coto Makassar. Makanan khas Ujung Pandang yang satu ini memang memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah menikmatinya. Hidangan ini kaya rempah, yang menjadikan rasanya ‘sangat gurih’ dan akan memberikan kesan mendalam kepada para penikmatnya.

    Di Ujung Pandang, ada beberapa tempat yang direkomendasikan jika kamu tertarik mencoba kuliner ini. Salah satunya, Coto Nusantara dimana kuliner ini disajikan dengan kuah kental dan potongan daging besar, plus ekstra daun bawang dan bawang goreng yang disajikan terpisah. Lokasinya juga masih dekat dengan Pantai Losari lho! Kamu bisa menikmati sajian Coto Nusantara di alamat Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Harga yang di tawarkan juga cocok untuk kantong kamu yaitu sekitar Rp. 15.000 per porsi.

    Konro

    Salah satu wisata kuliner di Ujung Pandang yang saying jika kamu lewatkan adalah Konro atau Iga. Makanan khas Ujung Pandang ini bahan dasarnya adalah iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa dan beragam bahan lainnya, termasuk kluwak, yang biasa dijadikan bumbu dasar untuk rawon Jawa Timur. Sajian sup kaya rempah ini sangat nikmat dicicipi saat panas.

    Jika kamu ingin mencari restoran terbaik untuk menikmati konro di Ujung Pandang, Konro Karebosi adalah jawabannya. Saking terkenalnya, tidak sedikit selebriti, politisi dan public figure lain yang datang untuk menikmati sajian konro yang satu ini. Konro Karebosi berlokasi di Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kamu bisa menikmati sajian konro ini dengan harga mulai dari Rp. 30.000 per porsi.

    Pisang Epe

    Makanan khas Ujung Pandang berikutnya terbuat dari bahan pisang kepok yang bernama Pisang Epe. Wisata kuliner di Ujung Pandang yang satu ini di masak dengan cara dibakar di atas bara api hingga harum, dibelah dan ditekan hingga pipih, kemudian dibakar kembali. Tambahkan topping campuran gula merah dan air daun pandan juga garam, serta durian, jika ada, maka kamu akan mendapatkan camilan dengan rasa istimewa.

    Momen paling pas menikmatinya kuliner ini yaitu saat sore hingga malam, sementara tempat ideal untuk mencoba dessert Makassar ini adalah di sepanjang pantai Losari. Meski banyak penjual yang menjajakan camilan ini, kualitas rasanya hampir sama, dan enak semua.

    Songkolo Bagadang

    Salah satu wisata kuliner di Ujung Pandang yang sayang jika kamu lewatkan adalah Songkolo Bagadang. Kulineran tengah malam di Ujung Pandang, mengapa tidak? Ada Songkolo Bagadang yang patut kamu coba. Nasi ketan hitam atau putih dengan serundeng atau parutan kelapa sangrai sebagai toppingnya ini sangat menarik untuk dicicipi. Belum lagi tambahan ikan teri asin, telur dan sambal kuning untuk menambah kenikmatan. Jika kamu belum terbiasa memakan makanan khas Ujung Pandang yang satu ini kamu akan merasa aneh ketika mencobanya. Akan tetapi, setelah beberapa suap kamu akan mulai menikmati rasanya yang nikmat.

    Makanan khas Ujung Pandang ini kerap dijumpai di acara-acara adat di Sulawesi Selatan. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencobanya di Songkolo Bagadang yang lokasinya ada di Jl. Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Harga yang di tawarkan mulai dari Rp.5.000 per porsi, menarik bukan?

    Itulah beberapa wisata kuliner di Ujung Pandang yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Kota Ujung Pandang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah. Liburan kamu ke Ujung Pandang tidak akan terasa lengkap tanpa oleh oleh khas Ujung Pandang. Jangan lupa untuk beli oleh oleh saat berada di Ujung Pandang.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di Indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Ujung Pandang atau Makassar, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Hasanuddin. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.  

  • 4 Tempat Hits di Ujung Pandang yang Wajib Kamu Kunjungi saat Liburan Tiba

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Tempat Hits di Ujung Pandang

    Ujung Pandang merupakan sebuah kota yang menyimpan potensi pariwisata yang beragam. Tak banyak yang tahu bahwa kota ini juga memiliki banyak pulau indah yang masih sangat alami. Tak hanya itu di Makassar juga terdapat beragam bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu kejamnya masa penjajahan. Selain beberapa tempat di atas ternyata Ujung Pandang memiliki beberapa tempat hits yang bisa kamu kunjungi. Beberapa tempat hits di Ujung Pandang yang wajib kamu kunjungi seperti:

    Malino Highland

    Salah satu tempat hits di Ujung Pandang yang wajib kamu kunjungi adalah Malino Highland. Destinasi wisata ini merupakan sebuah tempat dimana sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Salah satu yang terkenal adalah wisat kebun tehnya, disini kamu bisa berjalan-jalan di areal kebun teh dan kamu akan di suguhkan dengan suguhan teh terbaik dari alam.

    Segala fasilitas yang ada di tempat hits di Ujung Pandang ini serba eksklusif dan bergaya Jepang. Malino Higland juga menawarkan beberapa outdoor activities seperti paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, kegiatan festival layang-layang, jalur tracking, tempat outbond, taman satwa, serta disiapkan teropong untuk melihat benda-benda angkasa. Sangat menarik bukan? Destinasi wisata yang satu ini menawarkan berbagai macam kegiatan dalam satu tempat wisata. Kamu juga bisa berfoto-foto di tempat hits ini.

    Pulau Khayangan

    Salah satu tempat hits di Ujung Pandang yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Khayangan. Pulau kecil ini sangat terkenal akan panorama pemandangan alam yang begitu indah dan hamparan pantai pasir putih bersih membentang disepanjang pantainya. Terdapat juga pemandangan bebatuan karang yang nampak jelas terlihat disebabkan karena begitu jernihnya air laut di sekitar pulau khayangan ini.

    Pulau khayangan ini sebelumnya bernama Meraux atau Marrouw. Pulau ini dikelola sebagai resort serta menjadi tempat favorit untuk liburan sejak thn 1964. Pulau Khayangan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang berstandar internasional mulai dari fasilitas penginapan, restoran, gedung serba guna, sarana olah raga air, anjungan memancing dan permainan anak-anak. Di bagian lain terdapat beberapa buah aquarium yang didalamnya terdapat beraneka ragam jenis ikan hias air laut. Kamu bisa menikmat sunset di pulau Khayangan sambil berfoto-foto untuk menambah feed Instagram kamu. Setelah pulang dari pulau ini di jamin foto-foto kamu akan makin hits.

    Pantai Akkarena

    Salah satu tempat hits di Ujung Pandang yang wajib kamu kunjungi adalah pantai Akkarena. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki pasir berwarna putih atau kecoklatan. Tempat wisata Ujung Pandang satu ini memiliki pasir berwarna hitam. Keunikan inilah yang justru membuat pantai ini menarik, sehingga banyak pengunjung yang datang membludak terutama pada hari libur.

    Di pagi hari udara pantai semilir begitu sejuk menyejukkan jiwa dengan disertai deburan ombak tenang. Ada beberapa kegiatan yang kamu bisa kamu lakukan di pantai ini seperti bermain banana boat, jet sky, sampai dengan permainan yang memacu adrenalin yaitu ATV disamping menikmati angin sepoi-sepoi serta keindahan pantai Akkarena.

    Kemudian salah satu keunikan pantai Akkarena adalah karena terdapat jembatan panjang mengarah ke laut untuk melihat sunset. Sangat menarik bukan? Jadi jangan lupa mengunjungi tempat hits di Ujung Pandang yang satu ini jika kamu sedang berlibur di Ujung Pandang.

    Tanjung Bira

    Salah satu tempat hits di Ujung Pandang berikutnya adalah Tanjung Bira. Pantai ini berada cukup jauh yaitu sekitar 200 km dari kota Makassar. Jarak ini tak akan berarti saat kamu sudah menginjakkan kaki di atas pasirnya yang putih dan lembut. Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang selembut dan seputih salju serta airnya yang jernih kebiruan.

    Keindahan tempat wisata ini tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu laukan di pantai Ujung Pandang yang satu ini seperti berenang, berjemur, snorkeling atau hanya duduk menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari. Jika lupa membawa alat snorkeling, kamu bisa menyewanya seharga 30.000 Rupiah. Kamu juga bisa berfoto untuk menambah feed Instagram kamu agar makin hits.

    Itulah beberapa tempat hits di Ujung Pandang yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Kota Ujung Pandang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi kota-kota besar di indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Ujung Pandang atau Makassar, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Hasanuddin. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. 

  • 4 Spot Diving Terbaik Di Bunaken Yang Tidak Di Ragukan Lagi Keindahannya

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Diving di Laut Bunaken

    Taman laut Bunaken adalah salah satu destinasi utama di Indonesia jika kamu mencari keindahan bawah laut. Terdapat kurang lebih 20.000 spesies biota laut yang terdapat di taman laut Bunaken. Kemudian taman laut Bunaken juga memiliki keanekaragaman terumbu karang terbesar di dunia, kurang lebih terdapat 70 spesies terumbu karang di destinasi wisata ini. Jika kamu berencana melakukan diving di taman laut Bunaken ada baiknya kamu mengetahui spot diving terbaik di sini. Beberapa spot diving taman laut Bunaken yang tidak diragukan lagi keindahanya adalah:

    Fukui Point

    Salah satu Spot Diving Taman Laut Bunaken yang menjadi favorit scuba divers adalah Fukui Point. Spot diving ini pertama kali ditemukan oleh orang Jepang.spot diving ini tidak seperti di kebanyakan lokasi menyelam Bunaken, di tempat ini kamu tidak akan menemukan dinding karang, melainkan lereng dengan turunan yang rendah maupun curam. Biota laut yang kamu bisa jumpai di spot diving ini adalah belut moray berbintik putih (white-spotted moray eels), sailfing tangs, red-tooth tigerfish, napoleon wrasse, atau garden eels. Penyelam juga bisa menemukan 5 kerang raksasa (giant clams) di kedalaman 15 meter.

    Likuan 1, 2, dan 3

    Spot diving Taman Laut Bunaken yang menjadi favorit berikutnya adalah Likuan 1, 2 dan 3. Bagi kamu yang hanya ingin snorkeling, penyelam pemula, maupun penyelam berpengalaman akan sama-sama menikmati spot dengan ombak yang tenang dan air yang jernih ini. Spot diving Taman Laut Bunaken ini memiliki variasi jenis ikan yang kaya. Beberapa biota laut yang akan kamu liat di Likuan 1 dan 2 adalah Penyu , bannerfish, napoleon wrasse, dan pyramid butterflyfish. Kemudian dinding vertikal Likuan 2 ditumbuhi berjenis terumbu karang yang keras maupun lunak.

    Likuan 3 adalah salah satu spot selam terbaik di Bunaken. Kamu yang snorkeling dapat menikmati ragam warna dan jenis terumbu karang dan spesies ikan. Bagi kamu yang akan menyelam, petualangan akan dimulai dari lereng pasir yang landai dengan sedikit puncak bawah laut, setelah itu kamu akan menjumpai dinding laut hampir sedalam 200 meter. Koral kipas laut (gorgonians) dan spons-spons besar menghiasi dinding. Ikan yang berwarna-warni berenang-renang di sekitar spot diving yang satu ini.

    Mike’s Points

    Salah satu spot diving di laut Bunaken yang wajib kamu kunjungi saat sedang diving di Bunaken adalah di spot diving Mike’s point. Spot diving yang satu ini di beri nama berdasarkan fotografer under water yang terkenal yang bernama Mike Severns. Mike telah menghabiskan begitu banyak waktu di dinding karang yang luar biasa ini, sehingga pemandu selam akhirnya menamakan spot diving ini setelah namanya. Kamu bisa menemukan beberapa biota laut seperti pelagics, soft coral, large gorgonians, ikan kakatua, dan ikan napoleon.

    Muka Kampung

    Salah satu spot diving di laut Bunaken yang menjadi tempat favorit wisatawan baik lokal maupun manca Negara adalah Muka kampong. Spot diving ini menawarkan medan bawah laut yang cukup bervariasi. Gerombolan ikan berwarna neon tersebar di mana-mana. Kamu juga dapat menjumpai ular laut (black and white banded sea snakes) yang berenang di antara terumbu karang dendronephthya. Kamu juga bisa menemukan Ikan napoleon (napoleon wrasses), lobster, penyu besar, dan moorish idols dapat kamu temukan di sini. Dengan variasi biota laut yang beragam spot diving ini patut untuk kamu coba ketika kamu diving di Bunaken.

    Itulah beberapa spot diving di laut Bunaken yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Beberapa spot diving Taman Laut Bunaken memang menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa, jangan lupa untuk mengunjungi spot-spot diving tersebut saat berada di Bunaken.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Taman Laut Bunaken, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Sam Ratulangi. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

  • 4 Jajanan Enak di Malaysia Yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    jajanan enak di Malaysia

    Jika kamu sedang berlibur di Malaysia jangan lupa mencicipi makanan khasnya. Selain terkenal akan makanan beratnya seperti Mee Curry, Nasi Lemak, Asam Laksa, dan Kuey Teow, ternyata Malaysia juga menyimpan street food atau jajanan pinggir jalan yang tak kalah enak dengan makanan beratnya. Beberapa pusat jajanan enak di Malaysia terletak di kota Kuala Lumpur dan George Town, Penang. Beberapa jajanan enak di Malaysia yang wajib kamu coba adalah:

    Mayung

    Salah satu jajanan enak di Malaysia yang wajib kamu coba adalah Mayung. Namanya memang asing, karena jarang ditemukan di Indonesia. Mayung merupakan makanan khas India yang bahan dasarnya berupa tepung beras. Jajanan kaki lima di Penang ini disajikan dengan taburan kelapa, gula merah, dan gula pasir. Rasanya kriuk, mirip banget dengan tekstur putu mayang. Jika kamu ingin mencoba jajanan enak Malaysia yang satu ini kamu bisa mendapatkannya di kota Penang tepatnya di pasar Pulau Tikus. Tak hanya menjajal kuliner ini, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya yang masih sederhana.

    Ban Chang Kuih

    Salah satu jajanan enak di Malaysia yang wajib kamu coba berikutnya adalah Ban Chang Kuih. Kue ini memiliki bentuk gabungan pancake dan kue leker di Indonesia. Ada beberapa topping yang biasa di gunakan untuk pelengkap jajan enak di Malaysia yang satu ini seperti keju, pisang, jagung, kalengan, cokelat, hingga kacang. Penjual Ban Chang Kuih cukup banyak, termasuk Restoran 77 Yard di Jalan Burma, Georgetown. Harga yang di tawarkan untuk jajanan Malaysia yang satu ini terbilang murah yaitu sekitar 2-3 RM. Ketika kamu berkunjung ke Malaysia khususnya kota Penang jangan lupa untuk mencicipi jajanan enak di Malaysia yang satu ini.

    Mua Chee

    Jajanan pasar di Malaysia memang bikin ketagihan.  Salah satu jajanan enak di Malaysia yang akan membuat kamu ketagihan adalah Mua Chee. Seperti Pasar Jalan Ansor di Georgetown. Kamu bisa menemukan Mua Chee atau mochi versi jadul. Proses pembuatannya terbilang unik dan klasik. Dipotong dengan gunting dan diisi manual dengan gula dan kacang. Pun demikian, rasanya nendang di lidah. Jajanan enak di Malaysia yang satu ini terbilang sulit di temukan di Indonesia karena sudah sangat jarang terdapat makanan yang di buat dengan proses pembuatan yang jadul atau klasik.

    Roti Jala

    Salah satu jajanan enak di Malaysia yang wajib kamu coba adalah Roti Jala. Roti yang berbentuk jaring atau net ini sangat familiar oleh orang Indonesia karena bentuknya yang mirip jaring atau net yang juga ada di Indonesia. Karena cita rasa Malaysia yang tidak beda jauh dari Indonesia, makanan ini masih cocok sebagai kudapan saat senggang. Hidangan yang terbuat dari adonan tepung terugu ini sangat nikmat jika kamu santap dalam keadaan panas saat roti ini masih dalam keadaan kriuk. Roti jala biasanya di makan bersama kari dalam keadaan kari yang masih hangat. Jangan lupa untuk mencoba jajanan enak di Malaysia yang satu ini saat kamu sedang berada di Malaysia

    Itulah beberapa jajanan enak di Malaysia yang bisa kamu jadikan referensi saat sedang ingin membeli jajanan di Malaysia. Ketika kamu sedang berlibur jangan lupa untuk mencoba makanan khas tempat tersebut, karena akan tidak lengkap jika kamu jalan-jalan ke Penang tanpa mencoba kuliner khasnya. Kota Penang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi destinasi favorit tidak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau dalam dan luar negeri. Sekarang Citilink memiliki direct flight Jakarta tujuan Kuala Lumpur Malaysia, jadi kamu tidak perlu transit lagi. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke dalam dan luar negeri. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/  ya.

  • 4 Destinasi Wisata Hits Yang Ada Di Banyuwangi

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    tempat hits di banyuwangi

    Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata yang mulai menjadi incaran para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Para wisatawan mulai melirik kota ini, karena memiliki wisata lengkap dari budaya, kuliner, hingga alam. Kemudian, Banyuwangi juga terkenal akan deretan pantai-pantainya yang indah dan memiliki ombak yang di gemari para surfer.

    Pantai di Banyuwangi juga di berikan sebutan sebagai the seven giants wave wonder. Selain terkenal karena kecantikan pantainya, Banyuwangi juga menyimpan beberapa tempat hits untuk spot foto liburan kamu. Beberapa tempat hits di Banyuwangi seperti:

    Taman Nasional Baluran

    Jika kamu ingin menikmati liburan yang bertemakan alam lepas Taman Nasional Baluran merupakan tempat yang tepat. Tempat hits di Banyuwangi yang satu ini dijuluki sebagai Little Africa, Taman nasional Baluran adalah savanna terbesar di pulau jawa dengan luas mencapai 25.000 hektar. Baluran merupakan habitat bagi dengan gerombolan banteng, kawanan rusa yang berlarian bebas, burung merak dengan bulu yang cantik, monyet yang bergelantung di pohon, dan lainnya. Kamu akan di buat terkejut dengan pemandangan taman nasional Baluran yang mirip savanna di Afrika. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di sana seperti berburu sunrise, berkemah serta hunting foto. Di jamin kamu akan makin hits setelah melakukan photo shoot di sini.

    Gunung Raung

    Salah satu tempat hits di Banyuwangi berikutnya adalah Gunung Raung. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur. Gunung ini berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Ada empat titik puncak yang bisa kamu daki, yakni Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati yang merupakan puncak tertinggi.

    Selain pemandangan langit yang begitu indah, pesona lain yang dimiliki Gunung Raung adalah kawah berbentuk elips dengan kedalaman 500 meter. Untuk menuju ke sini, jalur yang harus dilalui cukup ekstrem sehingga tidak disarankan untuk para pemula. Pastikan kamu melakukan persiapan yang matang ya sebelum kamu pergi kesini.

    Pantai Teluk Hijau

    Salah satu tempat hits di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Teluk Hijau. Objek wisata ini di namakan Pantai Teluk Hijau karena tampak kehijauan ketika dilihat dari jauh. Pasalnya, Pantai Teluk Hijau terletak di kawasan perairan dangkal yang terdapat alga yang memantulkan warna hijau. Ada beberapa aktivitas yang kamu bisa lakukan di sini seperti berenang, snorkeling dan jalan menyusuri pantai kemudian mengambil beberapa foto di saat sunset pasti akan membuat feed Instagram kamu menjadi lebih seru.

    Songgon Rafting

    Salah satu tempat hits di Banyuwangi terbaru yang sedang hits adalah Songgon Rafting. Tempat hits di Banyuwangi yang satu ini terletak di kaki Gunung Raung, tepatnya di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, tepatnya di Sungai Badeng dengan kedalaman sekitar 50 cm. Aliran airnya cukup deras, dengan bebatuan yang tidak terlalu tajam cocok dijadikan tempat wisata arung jeram atau rafting bernama Songgon Rafting. Jika tertarik memacu adrenalin di Songgon Rafting, terlebih dulu kamu wajib menghubungi operator rafting atau adventure provider di Banyuwangi

    Itulah beberapa tempat hits di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi saat liburan nanti. Nah untuk kamu yang ingin berlibur dengan banyak pilihan wisata berbeda Banyuwangi bisa menjadi pilihan yang tepat. Rencanakan perjalananmu untuk berkunjung ke Banyuwangi sekarang dengan menyusun jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary, dan kemas barang bawaanmu.

    Nikmati tawaran menarik dari citilink dengan Direct flight dari Jakarta menuju Banyuwangi serta dari beberapa lokasi lainnya . Sebagai maskapai yang tergolong dalam penyedia jasa angkutan udara berjadwal, berbiaya terjangkau, dan mengutamakan keselamatan, Citilink akan mengantarkan kamu sampai ke Bandara Banyuwangi dan kamu bisa menikmati liburan sesuai rencana dengan menyenangkan.

  • 3 Wisata Pantai Banyuwangi yang di Sukai Para Wisatawan

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Wisata Pantai Banyuwangi

    Banyuwangi merupakan kota pelabuhan yang terletak di sisi paling timur pulau Jawa. Selain terkenal karena menjadi kota pelabuhan, Banyuwangi juga kaya akan tradisi dan budaya. Selain kaya akan tradisi, kota dengan julukan The Sun Rise of Java ini juga kaya akan berbagai macam destinasi wisata yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

    Bahkan beberapa tempat wisata di Banyuwangi terkenal hingga ke kancah internasional seperti, Kawah Ijen, Plengkung, dan Pulau Merah. Baru-baru ini sektor pariwisata Banyuwangi kembali menorehkan prestasi internasional dengan menyabet penghargaan tertinggi bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara, yaitu ASEAN Tourism Standard Award. Penghargaan ini diserahkan kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Abdullah Azwar Anas dalam ASEAN Tourism Forum di Thailand. Kemudian kota ini juga terkenal dengan wisata pantainya yang tidak kalah dengan Bali. Beberapa wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan seperti:

    Pantai Pulau Merah

    Salah satu wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan adalah pantai pulau merah. Pantai ini pada mulanya memiliki nama Pantai Ringin Pitu. Konon, pantai ini berubah nama menjadi Pulau Merah karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter yang berada di tengah pantai ini. Pulau kecil yang berada di tengah pantai ini berhasil memikat wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.

    Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, tentu menjadi nilai plus bagi tempat wisata ini. Ketika air laut surut, para pengunjung dapat berjalan kaki menikmati pulau kecil yang berada di tengah pantai ini.

    Pantai Wedi Ireng

    Wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan berikutnya adalah Pantai Wedi Ireng. Pantai yang berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi atau searah dengan Pulau Merah ini sekilas mirip dengan Wineglass Bay yang berada di Australia. Kedua pantai ini jika dilihat dari atas sama-sama berbentuk sabit.

    Perbedaannya, pasir Wineglass Bay berwarna putih dengan latar belakang puncak granit merah. Sedangkan di Pantai Wedi Ireng terdapat 2 macam pasir, yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir coklat yang agak kasar.

    Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pantai ini disebut Wedi ireng yang berarti pasir yang berwarna hitam sedangakan nyatanya pasir di pantai ini berwarna putih? Jawabannya bisa kamu dapatkan dengan menggali pasir di pantai ini. Ternyata dibalik pasirnya yang berwarna putih didalamnya menyimpan butiran pasir hitam, inilah alasan mengapa pantai ini disebut Wedi Ireng.

    Pantai Plengkung

    Wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan berikutnya adalah pantai Plengkung. Pantai yang terkenal dengan nama G-Land ini adalah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di pantai ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu "The Seven Giant Waves Wonder" yang berarti memiliki 7 gulungan ombak.

    Pantai Plengkung merupakan surga bagi para pecinta olahraga surfing, bahkan bagi penggila surfing belum lengkap rasanya jika belum pernah datang ke G-Land. Kemudian, angin lepas pantai yang berhembus antara bulan April dan bulan September ini mengakibatkan terjadinya ombak paling besar dengan ketinggian hingga mencapai 8 meter dengan panjang 2 km. Inilah yang membuat ombak pantai Plengkung menjadi ombak terganas nomor 2 setelah Hawaii.

    Pantai G-Land ini memiliki kawasan yang masih alami. Air di pantai ini memiliki kombinasi tiga warna, yaitu warna putih, biru, dan hijau. Tentu saja ini merupakan pemandangan yang eksotis dan nilai plus bagi Pantai Plengkung dibanding tempat surfing lainnya.

    Itulah beberapa wisata pantai Banyuwangi yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Kota Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah.

    Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi kota-kota besar di indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Banyuwangi, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Banyuwangi. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

  • 3 Spot Bulan Madu di Banyuwangi yang Cocok untuk Kamu dan Pasangan

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
    Bulan madu di Banyuwangi

    Jika kamu berpikir soal bulan madu, mungkin yang akan terlintas di pikiran kamu Lombok dan Bali. Akan tetapi ternyata jawa timur juga menyimpan beberapa lokasi wisata yang cantik dan romantis. Jawa Timur merupakan sebuah propinsi di Pulau Jawa yang menarik untuk dieksplorasi. Selain memiliki kota wisata Batu dan Malang, beberapa kota lain di Jawa Timur juga menarik untuk dijadikan lokasi wisata.

    Salah satu kota di Jawa Timur yang cocok untuk di jadikan tempat bulan madu bersama pasangan adalah Banyuwangi. Banyuwangi merupakan kota yang memiliki beberapa spot romantis. Beberapa spot bulan madu di Banyuwangi yang cocok untuk kamu dan pasangan adalah:

    Pantai Sukamade

    Salah satu destinasi wisata bulan madu di Banyuwangi adalah Pantai Sukamade. Pantai ini adalah pantai yang dijadikan potensi wisata terbesar bagi kota Banyuwangi. Tidak salah jika pantai Sukamade dijadikan sebagai daya tarik utama Banyuwangi sebab disini pengunjung akan melihat keunikan yang mungkin jarang ditemui di pantai lain. Keunikan pantai ini terletak pada penyu yang ada di pantai ini.

    Bagi kamu yang ingin pergi liburan madu dengan pasangan tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Pantai Sukamade merupakan pantai yang dijadikan sebagai habitatnya para penyu. Tidak hanya satu jenis penyu saja yang ada disini namun kamu akan menemukan beberapa macam jenis penyu.  Jenis penyu yang ada di pantai ini adalah 4 jenis penyu yaitu Penyu Hijau, Penyu Slengkrah, Penyu Sisik dan juga Penyu Belimbing.

    Namun tidak semua jenis penyu akan mendarat di pantai ini, hanya Penyu Hijaulah yang mendarat di pantai ini. Pengunjung bisa melihat penyu yang beterlur saat malam hari, namun pengunjung tidak boleh mengganggu telur penyu tersebut. Pantai ini dijadikan sebagai tempat konservasi bagi para penyu. Penyu yang dilepaskan ke laut biaanya akan kembali lagi ke penangkaran setelah beberapa tahun. Kamu akan menyukai pengalaman yang tidak ada duanya ini bersama pasangan di pantai Sukamade.

    Air Terjun Lider

    Selain kaya dengan lokasi wisata berupa pantai. Banyuwangi juga kaya akan wisata alamnya. Salah satunya adalah air terjun. Kemudian salah satu air terjun yang sering dijadikan spot bulan madu di Banyuwangi adalah air terjun Lider. Air Terjun Lider adalah air terjun yang sangat indah dan hijau, hal itu dikarenakan alam disekitar air terjun sangat hijau dipenuhi dengan rindangnya pepohonan.

    Tinggi air terjun yang satu ini adalah sekitar 60 meter dan tingginya adalah 1300 meter di atas permukaan laut. Keunikan yang ada pada air terjun ini ada pada dinding tebing pada air terjun ini. Dinding tebing pada air terjun ini diapit pada dua jurang sehingga air terjun ini berada pada dua jurang.

    Untuk sampai ke lokasi ini pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 45 km dari kota Banyuwangi. Sebelum sampai ke air terjun dari kejauhan kamu sudah akan mendengar suara gemericik dari air terjun. Tempat ini cocok untuk kamu bulan madu di Banyuwangi bersama pasangan karena area dan suasanya yang romantis

    Kawah Ijen

    Salah satu destinasi wisata bulan madu di Banyuwangi yang terkenal di kancah Internasional adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen adalah lokasi wisata berupa danau kawah dan terbesar di Pulau Jawa. Keunikan lainnya dari tempat wisata ini adalah kawah putih tercatat di 3 kabupaten sekaligus yaitu Situbondo, Banyuwangi dan Bondowoso sehingga ketiga kabupaten tersebut adalah pemilik dari Kawah Ijen ini. Letak kawah ini ada pada ketinggian 2.443 m dpl dan kedalaman kawahnya 200 meter.

    Pengunjung yang datang kesini harus berhati-hati dan tetap menjaga jarak dengan lokasi kawah sebab kedalamannya sangat dalam dan bau belerang di kawah tersebut membuat orang yang memiliki asma akan sesak nafas. Tidak hanya itu saja suhu kawah bisa mencapai 200 derajat celcius sehingga jika pengunjung tidak berhati-hati dia bisa tercebur ke danau kawah tersebut. Dengan suhu tersebut danau kawah bisa meleburkan tubuh manusia beserta pakaiannya. Tetapi perjalanan panjang kamu akan terbayar ketika kamu ke puncaknya dan dapat melihat nyala api berwarna biru.

    Panorama api biru ini hanya bisa terjadi ketika malam hari dan menjelang saat subuh. Rasa lelah ketika melakukan pendakian akan segera terbayarkan ketika melihat keindahan yang ada di kawah ijen ini. Suasana pemandangan yang indah di atas gunung sangat cocok untuk kamu dan pasangan yang ingin merasakan suasana romantic.

    Itulah beberapa tempat bulan madu di Banyuwangi yang bisa kamu jadikan referensi jika kamu ingin pergi bulan madu bersama pasangan kamu. Nah untuk kamu yang ingin berlibur dengan pasangan, Banyuwangi merupakan pilihan yang tepat karena banyak spot bulan madu di Banyuwangi yang romantic. Rencanakan perjalananmu untuk berkunjung ke Banyuwangi sekarang dengan menyusun jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary, dan kemas barang bawaanmu.

    Nikmati tawaran menarik dari citilink dengan Direct flight dari kota asalmu menuju Banyuwangi serta dari beberapa lokasi lainnya. Sebagai maskapai yang tergolong dalam penyedia jasa angkutan udara berjadwal, berbiaya terjangkau, dan mengutamakan keselamatan, Citilink akan mengantarkan kamu sampai ke Bandara Banyuwangi dan kamu bisa menikmati liburan sesuai rencana dengan menyenangkan.

  • 3 Air Terjun Kendari Yang Menjadi Incaran Wisatawan

    by SEO Valuklik | Agu 23, 2018

    Air terjun Kendari

    Kendari merupakan salah satu bagian dari destinasi wisata di Sulawesi Tenggara yang memiliki potensi besar, sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menarik. Banyak sekali spot-spot keren yang pastinya sayang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kemudian sebagian besar dari spot wisata yang ada di Kendari adalah wisata alam dan wisata pantainya.

    Keindahan alam kota ini sudah tak perlu diragukan lagi, buktinya banyak juga wisatawan yang datang dan berkunjung untuk menikmati keindahan pulau yang satu ini. Selain pantai ternyata Kendari menyimpan banyak keindahan alam, salah satunya adalah keindahan air terjunnya. Wisata alam air terjun Kendari memiliki pesona tersendiri bagi para penggiat wisata. Hamparan alam yang dipenuhi pepohonan dan udara lembab menjadi daya Tarik tersendiri dari wisata air terjun Kendari. Di Sulawesi Tenggara (Sultra) sendiri, bukan hal sulit untuk menemukan air terjun dengan pesona yang tidak kalah menariknya dari daerah lain yang ada di Indonesia. Berikut beberapa air terjun di Kendari yang wajib kamu kunjungi:

    Air Terjun Kandawu-ndawuna

    Salah satu air terjun Kendari yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Kandawu-ndawuna.  Perjalanan menuju wisata Air Terjun Kandawu-nawuna ditempuh melalui darat dari Kota Baubau, yang dulunya merupakan ibukota Kabupaten Buton (sebelum pemekaran). Jarak tempuh kurang lebih satu setengah jam dengan menggunakan kendaraan roda empat. Jarak antara kota Baubau ke lokasi air terjun ini sekitar 60 km. Akan tetapi perjalanan selama 1,5 jam tidak akan begitu terasa ketika kamu dapat menyaksikan keindahan dan kesejukan salah satu air terjun kendari yang satu ini.

    Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata permandian ini sebaiknya jangan pada musim hujan, karena selain jalan yang licin ditambah lagi air sungai deras bisa mengakibatkan terjadinya banjir dan air berubah menjadi warna coklat. Ada baiknya kamu memakai sendal gunung untuk membuat perjalanan kamu menjadi nyaman.

    Air Terjun Moramo

    Salah satu air terjun Kendari yang wajib kamu kunjungi adalah Air terjun Moramo. Air Terjun yang satu ini terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara dan merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang indah dengan ketinggian sekitar 100 meter. Terdapat 7 tingkatan utama dalam air terjun Kendari yang satu ini di tambah dengan 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai kolam penampungan air,

    Air Terjun Moramo ini memiliki keunikan yang khas daerah batuan kapur, yang merupakan tempat air mengalir dengan bebas. Dengan batuan kapur yang mengelilinginya para wisatawan tidak perlu takut untuk memanjatnya karena dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat. Tempat wisata ini terletak di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan dengan jarak sekitar 60 km dari Kota Kendari menuju ke arah timur.

    Air Terjun Tumburano

    Salah satu air terjun Kendari yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah air terjun Tumburano. Air Terjun ini adalah pemandian yang terdapat di Wilayah Desa Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara. Air terjun ini adalah tempat wisata yang sangat ramai di kunjungi wisatawan baik itu wisatawan mancanegara maupun lokal. Jika kamu berencana pergi ke air terjun ini, jangan lupa untuk memakai sendal yang nyaman karena kamu perlu trekking kurang lebih 7 km untuk dapat mencapai lokasi air terjun ini dari pemukiman warga.

    Satu hal yang menarik adalah, di sepanjang perjalanan menuju pemandian ini, kita melawati lahan pertanian dan perkebunan warga yang ditumbuhi dengan berbagai macam komoditi, seperti kelapa, cokolat, pala, berbagai macam tanaman buah-buahan dan lain-lain.

    Perjalanan kamu tidak akan begitu terasa ketika kamu berhasil sampai di lokasi air terjun Kendari yang satu ini karena kamu akan di suguhkan suasana hutan yang masih rimbun dan lestari. Kondisi ini menimbulkan suasana hawa dingin luar biasa. Sangat menyenangkan bukan?

    Itulah beberapa air terjun Kendari yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang berlibur di sana. Rencanakan perjalananmu untuk berkunjung ke Kendari sekarang dengan menyusun jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary, dan kemas barang bawaanmu. Nikmati tawaran menarik dari citilink dengan Direct flight dari Jakarta menuju Kendari. Sebagai maskapai yang tergolong dalam penyedia jasa angkutan udara berjadwal, berbiaya terjangkau, dan mengutamakan keselamatan, Citilink akan mengantarkan kamu sampai ke Bandar Udara Kendari dan kamu bisa menikmati surga tropis Sulawesi tenggara dengan  menyenangkan.

  • 5 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Bisa Kamu Bawa Pulang untuk Keluarga Tercinta

    by SEO Valuklik | Agu 09, 2018
    Oleh oleh khas Malaysia

    Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki beberapa objek wisata. Kemudian, Malaysia juga merupakan destinasi wisata yang tepat bagi kamu yang baru pertama kali pergi ke luar negri. Ada beberapa daerah yang biasa dijadikan destinasi wisata favorit para wisatawan seperti Kuala Lumpur, Penang, Kinabalu dan Langkawi. Beberapa tempat wisata yang menjadi ikon wisata di Malaysia adalah Bukit Bintang, Penang Hill. Setelah asik liburan di Malaysia jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Malaysia untuk keluarga tercinta. Beberapa oleh oleh khas Malaysia yang bisa kamu beli untuk keluarga seperti:

    Kerajinan Timah

    Salah satu oleh oleh khas Malaysia yang bisa kamu berikan kepada keluarga tercinta adalah kerajinan timah.Oleh oleh khas Malaysia yang satu menjadi ikon oleh-oleh khas dari Malaysia. Kerajinan timah ini memiliki bentuk yang beragam. Sayangnya, kerajinan dari timah dibandrol dengan harga yang sedikit mahal. Jadi, sebaiknya Anda membeli kerajinan timah ini untuk orang-orang terdekat saja.

    Karena harganya sedikit mahal, Anda bisa membelikan barang-barang kecil yang terbuat dari timah, seperti korek api, tempat pena, dan bingkai foto. Jika ingin kerajinan timah dengan ukuran yang lebih besar, Anda bisa membeli jam dinding atau mug. Salah satu tempat yang menjual kerajinan timah dengan kualitas premium di Malaysia adalah Royal Selangor. Walaupun harganya sedikit lebih mahal tapi hasil karyanya juga sepadan.

    Ipoh White Coffee

    Kemudian, oleh oleh khas Malaysia yang bisa kamu berikan kepada keluarga tercinta adalah Ipoh white coffee. Sebenarnya, Ipoh merupakan nama sebuah kota di Perak Darul Ridzuan, sebuah negeri yang berada dibagian Utara semenanjung Malaysia. Ipoh memang terkenal sebagai penghasil white coffee. Walaupun di Indonesia kita juga memilki white coffee tidak ada salahnya kamu mencoba kopi yang satu ini.

    Salah satu brand terkenal yang mengeluarkan produk ini adalah Chek Hup dengan berbagai varian, yaitu classic, king, original, less sweet dan with creamer. Rasa kopinya tidak terlalu ‘berat’ dan cocok untuk kalian para casual coffee drinker.

    Cokelat Beryl’s

    Salah satu oleh oleh khas Malaysia untuk keluarga tercinta adalah Coklat Beryl’s. Cokelat Malaysia memang terkenal enak dan pekat, tidak kalah dengan cokelat Belgia. Salah satu produsen cokelat terbesar dan tertua di Malaysia adalah Beryl’s Chocolate Kingdom yang terletak di Jalan Imbi, Kuala Lumpur.

    Cokelat Beryl’s memiliki berbagai macam varian, seperti white chocolate (almond dan strawberry), dark chocolate, fruit chocolate (lychee dan durian) dan yang paling laris adalah tiramisu chocolate with milk. Harganya pun bervariasi, mulai dari RM 25 hingga RM 72 ke atas. Cokelat Beryl’s mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh, termasuk di bandara-bandara dan stasiun kereta api di Malaysia.

    Lego

    Salah satu oleh-oleh khas Malaysia unik yang bisa kamu berikan pada keluarga dan kerabat tercinta adalah Lego dari Legoland. Lego adalah sejenis kotak-kotak beraneka warna yang bisa disusun menjadi tokoh tertentu, bangunan, hingga benda apa pun. Mainan ini tidak berasal dari Malaysia, melainkan dari Denmark. Akan tetapi, kota Johor memiliki Legoland yang merupakan satu-satunya Legoland di Asia Tenggara.

    Mainan ini sangat populer. Ketika berkunjung ke Malaysia, sempatkanlah diri Anda untuk mampir ke Legoland. Di sana kamu juga bisa membeli beberapa mainan lego untuk diberikan kepada keluarga atau teman yang ada di Indonesia.

    Boh Tea

    Salah satu oleh oleh khas khas Malaysia yang bisa kamu berikan kepada keluarga tercinta adalah Boh Tea. Jangan lewatkan untuk membeli jenis teh yang satu ini. BOH Tea merupakan brand teh ternama di Malaysia dan berasal dari perkebunan Teh di Cameroon, Pahang. Perkebunan teh Cameroon sendiri merupakan perkebunan teh terbesar di Malaysia.

    Salah satu varian dari teh ini adalah teh O, green tea latte yang merupakan percampuran teh BOH dan matcha dari Jepang, dan juga teh tarik. Warna teh ini cenderung hitam dan merah pekat, sehingga biasa dikenal juga sebagai teh hitam. Harga kemasan teh ini mulai dari RM 7- RM 15, tergantung dari variasinya.

    Itulah beberapa oleh oleh khas Malaysia yang kamu bisa berikan kepada keluarga tercinta. Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di Asia Tenggara tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Malaysia, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara udara Internasional Kuala Lumpur. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia dan beberapa kota di luar negri. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah wisata. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di www.citilink.co.id/ ya.

  • Tips Berlibur ke Penang Untuk Para Backpacker

    by SEO Valuklik | Agu 06, 2018
    itinerary backpacker ke penang

    Selain Singapura dan Thailand, Penang juga sering menjadi pilihan paling favorit oleh para wisatawan. Ada banyak sekali tempat wisata yang seru dan sederetan makanan khas Penang yang sangat nikmat dan memanjakan lidahmu.

     

    Tak hanya karena jaraknya yang dekat, tetapi untuk bisa ke Penang pun kamu tak perlu mengeluarkan kocek yang banyak. Untuk bisa berkunjung dan menghabiskan waktu liburan nanti. Nah, buat kamu yang baru pertama kali mencoba backpackeran ke Penang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips berlibur ke Penang untuk para backpacker berikut ini. Yuk, simak ulasannya!

     

     

    1. Tentukan Hari Keberangkatan

    Sebelum berniat untuk melangsungkan perjalanan ke Penang, Malaysia, kamu pun juga harus menentukan hari keberangkatan terlebih dahulu. Untuk menghindari harga tiket yang melambung tinggi dan cukup mahal, usahakan kamu melakukan perjalanan pada hari biasa ataupun low season. Karena, jika kamu berangkat pada hari libur maupun weekend, harga yang ditawarkan akan meningkat dua kali lipat. Contohnya, kamu bisa membeli tiket pada hari Minggu, dan berangkat di hari Selasa ataupun Rabu. Mengapa tidak hari Senin? Karena pada hari itu tiket pun juga terbilang masih lumayan mahal.

     

    2. Tentukan Itinerary Perjalanan ke Penang untuk Para Backpacker

    Jika sudah menentukan hari keberangkatan, kamu juga harus menentukan Itinerary perjalanan ke Penang nanti. Pastikan kamu sudah menentukan tempat-tempat maupun lokasi yang akan kamu kunjungi nanti agar perjalanan kamu semakin menyenangkan.

     

    3. Mencari Penginapan Murah

    Tak perlu menginap di Hotel bintang 5 jika kamu ingin liburan ke Penang nanti. Ada banyak Hotel maupun Hostel yang ditawarkan untuk para backpacker di Penang nanti. Biasanya, kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp 60.000 an per malamnya di Penang, Malaysia. Selain itu, kamu juga harus membuat itinerary backpacker ke Penang agar tidak mengeluarkan biaya lebih. Misalnya, kamu pun juga harus memilih Hotel maupun Hostel yang dekat dengan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi nantinya.

     

     

    4. Kunjungi Tempat Wisata Gratis di Penang

    Tak perlu mengeluarkan bujet lebih untuk bisa mendapatkan pemandangan yang indah dan menarik di Penang. Ada banyak sekali tempat wisata gratis di Penang yang bisa kamu kunjungi. Biasanya, para wisatawan banyak yang datang ke George Town Penang untuk berswafoto. Jika sudah menginjakan kaki di George Town Penang nanti, jangan lupa untuk mengabadikan momen kamu dan bisa dipamerkan juga di sosial media pribadimu.

     

    5. Cari Kuliner yang Nikmat Namun Murah!

    Jika sudah berada di Penang, Malaysia nanti tentunya kamu pun juga ingin sekali mencicipi berbagai macam kuliner khas Penang yang nikmat dan lezat. Eits, tapi kamu pun harus pandai-pandai memilih tempat makan nanti ya, karena di Penang ada banyak sekali rumah makan yang menawarkan makanan khas setempat dengan rasa yang lezat dan dapat memanjakan lidahmu. Selain itu, kamu pun juga harus mencicipi jajanan pinggir jalan khas Penang yang nikmat, seperti Roti Canai, Es Kacang, Chee Cheong Fun dan masih banyak lagi.

     

    Nah, sekarang untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan ke Penang, Malaysia tak perlu lagi mengeluarkan biaya yang mahal dan besar. Pelajari terlebih dahulu tips liburan ke Penang 2018 terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu cek Citilink karena ada banyak sekali promo dan event yang sedang berlangsung. Cek langsung di situs resmi kami di www.citilink.co.id. Selamat berlibur!

  • 4 Tempat Wisata Pantai Penang yang Cantik dan Bikin Hati Tenang

    by SEO Valuklik | Agu 06, 2018
    Wisata Pantai Penang

    Destinasi wisata di Malaysia nggak cuma Kuala Lumpur saja lho. Masih banyak tujuan ciamik lain yang bisa kamu jelajahi saat berada di Negeri Jiran. Nah, salah satu yang  wajib dikunjungi adalah Penang yang merupakan negara bagian di Timur Laut Semenanjung Malaysia.

    Kira-kira kenapa ya? Alasannya tentu saja karena ada beragam objek wisata di Penang yang menawarkan keseruan tersendiri buat kamu.  Nah, dari sekian banyak tempat wisata di Penang Malaysia, pantai jadi destinasi yang paling diburu negara traveler.

    Jangan heran dengan hal ini. Pantai di Penang memang dikenal memiliki panorama yang cantik dan epik. Bagi yang ingin mencari ketenangan saat liburan, tempat ini tentu saja jadi tujuan yang terbaik.

    Nah, bagi kamu yang penasaran dan tertarik untuk datang ke sana, simak yuk daftar tempat wisata pantai Penang yang bias dijelajahi berikut ini.

    Pantai Batu Ferringhi

    Pantai Batu Ferringhi ini adalah satu dari sekian banyak tempat wisata pantai Penang yang paling legendaris. Lokasinya nggak jauh dari pusat kota, Georgetown. Waktu tempuh yang kamu perlukan untuk sampai ke sana mungkin hanya 30-45 menit jika menggunakan bus atau mobil.

    Pantai ini cocok banget didatangi oleh kamu yang mendambakan suasana tenang, nyaman, santai, dan jauh dari keramaian. Pemandangan pantai berpasir putih yang dikelilingi perbukitan ditambah merdunya suara deburan ombak pasti akan membuat hati kamu merasa damai.

    Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama berada di Pantai Batu Ferringhi. Mulai dari bermain air, santai-santai, mencoba water sport, hingga menikmati wisata kuliner Penang yang tersedia di restoran setempat.

    Pantai Tanjung Bungah

    Tempat wisata di Penang Malaysia yang terbaik selanjutnya adalah Pantai Tanjung Bungah. Untuk kamu ketahui, pantai ini rutin dijadikan lokasi acara Penang International Dragon Boat Festival lho.

    Pantai ini lokasinya cuma 10 km dari Georgetown.  Kondisi ombak di sana nggak terlalu besar. Kondisi ombak di pantai ini nggak terlalu besar. Jadi, aman banget kalau kamu ingin bersantai sambil bermain air ketika berada di sana. 

    Nah, supaya momen liburan di Pantai Tanjung Bungah semakin seru, kamu nggak boleh lupa untuk menikmati pemandangan sunset yang menawan dengan menyewa perahu yang tersedia di sana ya.

    Monkey Beach

    Sesuai dengan namanya, kamu akan jumpai monyet-monyet yang jadi penghuni asli pantai ini. Jangan takut, monyet di Monkey Beach cukup jinak dan ramah dengan wisatawan kok. 

    Monkey Beach lokasinya berada di Taman Nasional Pulau Penang. Pantai ini menawarkan pemandangan eksotis dari pantai berpasir putih dengan air lautnya yang berwarna biru jernih. Hati dan pikiran kamu bakal tenang banget deh kalau melihat panorama ini.

    Pantai Kerachut

    Lokasi pantai ini juga berada di Taman Nasional Pulau Penang. Butuh perjuangan memang untuk bisa sampai ke tempat wisata pantai Penang ini. Tapi, percaya deh kalau usaha kamu untuk ke sana nggak bakalan sia-sia.

    Sebab, pemandangan pantai eksotis ini mampu membayar segala perjuangan kamu. Pantai ini dikelilingi dengan hamparan pasir putih halus, laut biru jernih, pepohonan hijau rindang, serta bukit batu yang kokoh. Kebayang kan indahnya?

    Belum lagi kamu bisa melihat penangkaran penyu hijau dan penyu belimbing di sana. Kamu pun bisa jumpai danau meromiktik yang langka. Dijamin betah deh berlama-lama di pantai ini!

    Yuk, segera rencanakan liburanmu ke pantai-pantai ciamik di Penang ini sekarang juga bersama Citilink. Jangan lupa cek terus www.citilink.co.id ya! Ada banyak promo menarik dan event menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk dapat harga tiket murah.

    Selamat berlibur!

  • Yummy! 5 Kuliner Khas Ujung Pandang Pasti Bisa Bikin Lidah Kamu Bergoyang

    by SEO Valuklik | Agu 06, 2018
    Wisata kuliner Ujung Pandang

    Menurut kamu, hal apa sih yang nggak boleh kita lewatkan saat traveling ke sebuah destinasi? Setuju nggak kalau jawabannya adalah berwisata kuliner.

    Yup, Kegiatan satu ini memang wajib dilakukan saat kita menjelajahi suatu tempat. Tujuannya bukan cuma untuk mengganjal perut semata lho. Dari aktivitas ini, kamu pun bisa mempelajari banyak hal termasuk budaya setempat yang dimiliki suatu wilayah.

    Hal ini juga berlaku ketika kamu berkunjung ke Ujung Pandang atau Makassar Sulawesi Selatan.

    Ternyata ada banyak banget menu-menu nikmat yang bisa kamu temui di Ujung Pandang. Saking enaknya, kuliner tersebut pasti juga bisa bikin lidah kamu bergoyang. Jadi penasaran kan ingin jelajah wisata kuliner Ujung Pandang dan mencicipi menu sedap yang ada di sana?

    Nah, Dari sekian banyak jenis makanan dan minuman yang ada di sana, lima terbaik ini nggak boleh kamu lewatkan ya!

    Coto Makassar

    Siapa sih yang nggak tahu wisata kuliner Ujung Pandang yang satu ini. Coto Makassar adalah menu berkuah paling favorit di Makassar. Tahukah kamu? Cita rasa yang nikmat membuat makanan ini juga disukai traveler mancanegara lho

    Kuah Coto Makassar terbuat dari beragam rempah khas Nusantara. Disajikan dengan pelengkap seperti daging,jeroan sapi, dan ketupat ataupun buras. Supaya makin sedap saat menikmatinya, kamu bisa menambahkan sambal, bawang goreng, atau jeruk nipis ke dalam menu tersebut. 

    Sop Konro

    Makanan khas Ujung Pandang ini juga nggak kalah populer dengan Coto Makassar.  Bahan dasarnya adalah iga sapi atau daging sapi. Disajikan dengan kuah gurih yang kaya rasa rempahnya.

    Keistimewaan lain dari sop konro adalah kuahnya yang berwarna cokelat pekat. Warna tersebut berasal dari kluwak yang nggak cuma mempercantik tapi juga memperkaya cita rasa.

    Es Palu Butung

    Kamu tentu nggak asing dengan menu satu ini. Es palu butung atau es pisang ijo memang termasuk dalam daftar menu wisata kuliner ujung pandang yang paling populer di Indonesia.

    Dessert khas Nusantara ini terbuat dari pisang yang diselimuti adonan tepung berwarna hijau, bubur sumsum, es serut, dan sirup. Rasanya manis, nikmat, dan segar banget lho. Cocok deh buat melepas dahaga setelah seharian menjelajahi tempat wisata seru di Makassar.

     

    Pisang Epe

    Camilan ini terbuat dari pisang kepok setengah matang. Pisang tersebut dibuat dengan cara dipipihkan lalu dibakar di atas arang hingga harum.

    Pisang epe yang sudah matang akan disajikan dengan saus gula merah yang manis. Rasa legitnya khas banget lho. Sebab, sausnya dimasak  dengan menggunakan daun pandan dan durian.

    Oh iya, kamu juga bisa menjadikan kuliner nikmat ini sebagai oleh-oleh khas Ujung Pandang untuk orang-orang tersayang. Jadi, jangan sampai lupa untuk membelinya saat ke Makassar nanti, ya!

    Mie Titi

    Tampilan mie titi mungkin akan mengingatkan kamu dengan menu ifumie. Penyajiannya memang mirip banget dengan kuliner tersebut. Mi kering yang disiram dengan kuah kental berisi sayuran, bakso, aneka sefaood, dan daging. 

    Menikmati satu piring mie titi mungkin nggak akan cukup untuk kamu. Sebab, rasanya yang gurih dan sedap pasti akan sukses membuat lidah bergoyang karena ketagihan.

    Yuk, siap-siap berwisata kuliner ke Ujung Pandang! Agendakan rencana liburan kamu bersama Citilink dari sekarang. Cek selalu www.citilink.co.id karena ada banyak promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Traveling lebih hemat, kamu tentu makin bersemangat.

  • Rekomendasi Kuliner Nikmat Dari Penang yang Rasanya “Nendang”!

    by SEO Valuklik | Agu 06, 2018
    Wisata Kuliner Penang

    Nikmatnya wisata kuliner Penang memang sudah terkenal di kalangan traveler mancanegara. Berbagai menu lezat dengan cita rasa khas Nusantara, Thailand, Cina, hingga India bisa kita jumpai di sana. Pantas deh kalau pulau ini mendapatkan gelar sebagai “The Best Street Food in Asia” dari majalah TIME pada 2004 lalu.

    Sebagai pencinta kuliner, hal tersebut tentu bisa jadi alasan utama buat kamu berkunjung ke Penang. Dengan begitu, kesempatan kamu untuk mencicipi menu-menu nikmat dari berbagai tempat bisa tercapai.

    Dari sekian banyak pilihan wisata kuliner Penang, ada beberapa menu yang menjadi favorit para traveler. Ini tentu bisa jadi rekomendasi buat kamu dalam memilih mana yang terbaik. Berikut adalah daftarnya.

    Nasi Kandar

    Jika suka menikmati menu dengan sensasi rempah yang kuat, menu wisata kuliner Penang ini wajib kamu coba. Nasi Kandar adalah menu yang biasa dijual oleh pedagang keturunan Tamil atau India.

    Pada dasarnya, menu ini adalah nasi yang disiram dengan berbagai jenis kuah kari. Jenis nasinya bervariasi, bisa nasi putih atau nasi biryani. Sebagai pelengkap, kamu bisa tambahkan aneka lauk seperti  ayam goreng, daging, ikan, telur, atau udang.

    Asam Laksa

    Sesuai dengan namanya,makanan khas Penang ini punya cita yang sangat menyegarkan. Asam laksa adalah mi yang disiram dengan kuah asam khas. Kuah tersebut dibuat dari rempah, asam, dan kaldu ikan.

    Seporsi asam laksa biasanya disajikan lengkap dengan potongan nanas, ketimun, bawang merah, dan daun mint. Ketika mencicipinya, perpaduan rasa asam, manis, gurih, dan pedas akan bersatu padu di dalam mulut. Dijamin “nendang” banget deh!

    Nasi Ulam

    Lidahmu tentu akan sangat familiar dengan menu satu ini. Nggak heran kalau Nasi ulam jadi salah satu menu yang paling difavoritkan oleh traveler Indonesia.

    Nasi ulam adalah hidangan khas Melayu berupa nasi yang dicampur dengan beraneka bumbu rempah. Selain nikmat, menu ini punya aroma yang sangat menggiurkan. Harumnya seporsi nasi ulam ini berasal dari daun pegagan, daun kemangi, bawang, daun kaduk, dan tumbukan kelapa panggang.

    Karena sudah memiliki rasa yang cukup kuat, tidak masalah lho kalau kamu mau menikmati nasi ulam tanpa pelengkap lauk.

    Pulut Tai Tai

    Kuliner di Penang yang bisa kamu coba selanjutnya adalah Pulut Tai Tai. Hidangan yang terbuat dari beras ketan ini memiliki rasa legit. Untuk yang suka dengan makanan manis, tentu akan suka dengan menu satu ini.

    Keunikan yang dimiliki oleh Pulut Tai Tai ini adalah warna birunya yang berasal dari bahan alami, bunga telang. Tampilan yang cantik pasti akan membuat kamu makin berselera untuk menyantapnya.

    Putu Mayam

    Melihat putu mayam tentu akan membuat kamu teringat putu mayang dari Indonesia. Menu khas Melayu ini memang punya kemiripan dengan makanan tradisional khas negara kita.

    Namun, masih ada perbedaan yang bisa kita perhatikan dari hidangan berbahan dasar tepung kanji atau tepung beras ini.

    Putu mayam memiliki tekstur yang lebih halus. Porsinya juga lebih besar jika dibandingkan dengan putu mayang. Selain itu, makanan khas Penang ini disajikan dengan cara diberi taburan gula aren dan kelapa. Sementara versi Indonesia disajikan dengan cara disiram dengan saus gula.

    Makin nggak sabar kan buat mencicipi menu-menu nikmat khas Pulau Penang?

    Yuk, agendakan waktu liburanmu dari sekarang untuk menjelajahi nikmatnya wisata kuliner Penang. Cek selalu www.Citilink.co.id untuk tahu berbagai promo dan event menarik yang sedang berlangsung. Raih kesempatan untuk mendapat harga tiket pesawat murah setiap hari.  Selamat berlibur dan kulineran.