Citilink Traveling

Rekomendasi Kuliner Nikmat Dari Penang yang Rasanya “Nendang”!

by SEO Valuklik | Agu 06, 2018
Wisata Kuliner Penang

Nikmatnya wisata kuliner Penang memang sudah terkenal di kalangan traveler mancanegara. Berbagai menu lezat dengan cita rasa khas Nusantara, Thailand, Cina, hingga India bisa kita jumpai di sana. Pantas deh kalau pulau ini mendapatkan gelar sebagai “The Best Street Food in Asia” dari majalah TIME pada 2004 lalu.

Sebagai pencinta kuliner, hal tersebut tentu bisa jadi alasan utama buat kamu berkunjung ke Penang. Dengan begitu, kesempatan kamu untuk mencicipi menu-menu nikmat dari berbagai tempat bisa tercapai.

Dari sekian banyak pilihan wisata kuliner Penang, ada beberapa menu yang menjadi favorit para traveler. Ini tentu bisa jadi rekomendasi buat kamu dalam memilih mana yang terbaik. Berikut adalah daftarnya.

Nasi Kandar

Jika suka menikmati menu dengan sensasi rempah yang kuat, menu wisata kuliner Penang ini wajib kamu coba. Nasi Kandar adalah menu yang biasa dijual oleh pedagang keturunan Tamil atau India.

Pada dasarnya, menu ini adalah nasi yang disiram dengan berbagai jenis kuah kari. Jenis nasinya bervariasi, bisa nasi putih atau nasi biryani. Sebagai pelengkap, kamu bisa tambahkan aneka lauk seperti  ayam goreng, daging, ikan, telur, atau udang.

Asam Laksa

Sesuai dengan namanya,makanan khas Penang ini punya cita yang sangat menyegarkan. Asam laksa adalah mi yang disiram dengan kuah asam khas. Kuah tersebut dibuat dari rempah, asam, dan kaldu ikan.

Seporsi asam laksa biasanya disajikan lengkap dengan potongan nanas, ketimun, bawang merah, dan daun mint. Ketika mencicipinya, perpaduan rasa asam, manis, gurih, dan pedas akan bersatu padu di dalam mulut. Dijamin “nendang” banget deh!

Nasi Ulam

Lidahmu tentu akan sangat familiar dengan menu satu ini. Nggak heran kalau Nasi ulam jadi salah satu menu yang paling difavoritkan oleh traveler Indonesia.

Nasi ulam adalah hidangan khas Melayu berupa nasi yang dicampur dengan beraneka bumbu rempah. Selain nikmat, menu ini punya aroma yang sangat menggiurkan. Harumnya seporsi nasi ulam ini berasal dari daun pegagan, daun kemangi, bawang, daun kaduk, dan tumbukan kelapa panggang.

Karena sudah memiliki rasa yang cukup kuat, tidak masalah lho kalau kamu mau menikmati nasi ulam tanpa pelengkap lauk.

Pulut Tai Tai

Kuliner di Penang yang bisa kamu coba selanjutnya adalah Pulut Tai Tai. Hidangan yang terbuat dari beras ketan ini memiliki rasa legit. Untuk yang suka dengan makanan manis, tentu akan suka dengan menu satu ini.

Keunikan yang dimiliki oleh Pulut Tai Tai ini adalah warna birunya yang berasal dari bahan alami, bunga telang. Tampilan yang cantik pasti akan membuat kamu makin berselera untuk menyantapnya.

Putu Mayam

Melihat putu mayam tentu akan membuat kamu teringat putu mayang dari Indonesia. Menu khas Melayu ini memang punya kemiripan dengan makanan tradisional khas negara kita.

Namun, masih ada perbedaan yang bisa kita perhatikan dari hidangan berbahan dasar tepung kanji atau tepung beras ini.

Putu mayam memiliki tekstur yang lebih halus. Porsinya juga lebih besar jika dibandingkan dengan putu mayang. Selain itu, makanan khas Penang ini disajikan dengan cara diberi taburan gula aren dan kelapa. Sementara versi Indonesia disajikan dengan cara disiram dengan saus gula.

Makin nggak sabar kan buat mencicipi menu-menu nikmat khas Pulau Penang?

Yuk, agendakan waktu liburanmu dari sekarang untuk menjelajahi nikmatnya wisata kuliner Penang. Cek selalu www.Citilink.co.id untuk tahu berbagai promo dan event menarik yang sedang berlangsung. Raih kesempatan untuk mendapat harga tiket pesawat murah setiap hari.  Selamat berlibur dan kulineran.

Leave a comment