Citilink Traveling

Informasi Penerbangan Bandara Halim Perdanakusuma

by SEO Valuklik | Mei 09, 2018
Bandara Halim Perdanakusuma

Jika berbicara soal bandara di Jakarta, semua orang pasti teringat dengan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, meskipun secara geografis berada di kecamatan Benda, Kota Tangerang. Selain Bandara Soetta, di Jakarta ada Bandara Halim Perdanakusuma yang merupakan sebuah bandara yang juga digunakan sebagai markas Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) TNI-AU
yang berlokasi di Jalan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sejarah Bandara Halim Perdanakusuma

Sebelum dikenal dengan nama bandara Halim Perdanakusuma pada tahun 1960, bandar udara ini bernama Lapangan Terbang Cililitan, karena lokasinya yang masih berada di kawasan Cililitan. Penamaan menjadi bandara Halim Perdanakusuma karena untuk menghormati pahlawan angkatan udara, yakni Perwira Halim Perdanakusuma.

Selain sebagai pangkalan militer, Halim juga berfungsi sebagai bandar udara sipil utama di Jakarta bersamaan dengan bandara Kemayoran. Pada tahun 1974, bandara ini harus membagi penerbangan internasional dengan bandara Kemayoran dikarenakan padatnya jadwal dan rute penerbangan Halim. bandHalim juga sempat ditunjuk menggantikan peranan Bandara Kemayoran yang semakin padat. tetapi pemerintah memiliki solusi lain untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membangun sebuah bandar udara baru di daerah Cengkareng. Kelak bandar udara tersebut dinamakan Bandara Seokarno-Hatta. Setelah Kemayoran ditutup, Bandar Udara Halim Perdanakusuma mulai mengurangi jadwal penerbangan sipil untuk berfokus guna kepentingan militer.

Informasi Bandara Halim Perdana Kusuma

Sejarah Bandara Halim Perdanakusuma sudah ada sejak tahun 1928 dengan nama awal bandara Cililitan. Pertama kali digunakan oleh maskapai milik kolonial Belanda di Indonesia dengan rute penerbangan pertama dilakukan ke Batavia – Bandung, Batavia – Semarang yang dilakukan pada 1 november 1928. Pada tanggal 17 Agustus 1952, lapangan terbang ini berganti nama menjadi Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma untuk mengenang almarhum Abdul Halim Perdanakusuma yang gugur dalam menjalankan tugasnya.

Awal mulanya, bandara Halim Perdanakusuma menjadi bandara yang hanya melayani penerbangan VVIP dan charter flight. Namun, sejak 10 Januari 2014, bandara ini beroperasi sementara menjadi bandara komersial mulai untuk membantu penerbangan dari Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta yang cukup padat. Selain itu, sejak tahun 2013 Bandara Halim Perdanakusuma juga melayani penerbangan haji yang dialihkan dari Bandara Soekarno – Hatta akibat dari revitalisasi yang sedang dilakukan bandara tersebut.

Adanya bandara Halim Perdanakusuma sangat membantu baik untuk pertahanan negara atau untuk penerbangan pribadi maupun komersil. Bandara ini juga dikelola langsung oleh pihak Angkasa Pura dan Angkatan Udara Indonesia. Oleh karena itu, tak heran jika Bandara Halim Perdanakusuma memiliki fasilitas dan teknologi yang cukup baik.

Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Fasilitas yang ada di Bandara Halim Perdanakusuma cukup baik untuk melayani segala kebutuhan para calon penumpang atau siapapun yang memasuki wilayah bandara ini. Beberapa fasilitas yang tersedia, yakni:

e-Kiosk

e-Kiosk adalah sarana untuk memuat berbagai informasi yang dibutuhkan oleh penumpang pesawat mulai dari jadwal penerbangan hingga berbagai directory lokasi seperti tenant makanan.

Self Check in Counter

Di Bandara Halim tersedia tujuh unit self check in counter yang disediakan khusus bagi penumpang non bagasi. Tujuan diadakan fasilitas ini untuk mengurangi potensi antrean panjang penumpang check in di customer sevice. Adanya fasilitas tersebut, bisa membuat penumpang mencetak boarding pass masing- masing.

Restoran Bandara Halim Perdana Kusuma

Fasilitas yang tersedia, yakni banyaknya restoran yang menyediakan berbagai kebutuhan kuliner, serta pelayanan charge daya baterai handphone. Fasilitas pengisian daya baterai handphone juga tersedia di ruang tunggu. Restoran yang ada di bandara Halim Perdanakusuma, di antaranya yakni A & W, Dunkin
Donuts, Roti Boy, Starbucks Coffee, dan lain-lain.

Musholla

Di bandara Halim Perdanakusuma mushola yang bersih dan masing-masing menyediakan tempat wudhu. Selain mushola, fasilitas toilet juga teraga kebersihan dan kerapihannya. Selain 4 fasilitas di atas, bandara Halim Perdanakusuma juga menyediakan ruang menyusui anak, smoking room, minimarket, ATM, dan fasilitas lainnya. Maskapai Penerbangan dan Tujuan Bandara Halim Perdanakusuma sendiri menyediakan penerbangan dengan beberapa maskapai, salah satunya adalah Citilink dengan rute penerbangan Balikpapan, Batam, Denpasar/Bali, Malang, Mataram—Lombok, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Silangit, Surakarta/Solo, Surabaya, Tanjung Pandan, dan Yogyakarta.

Bagaimana informasi soal bandara Halim Perdanakusuma di atas? Semoga bisa membantu kamu untuk mengenali bandara ini. Mungkin saja ada dari kamu yang berencana melakukan penerbangan di bandara
Halim Perdanakusuma dalam waktu dekat.

Leave a comment