Citilink Traveling

Taman Laut Bunaken Spot Indah yang Sayang untuk Dilewatkan

by SEO Valuklik | Mei 09, 2018



taman laut bunaken


Jika berbicara soal wisata biota laut di Indonesia, Taman laut Bunaken juaranya. Salah satu lokasi yang populer ini berada di Taman Nasional Bunaken yang letaknya ada di Manado, Sulawesi Utara. Taman laut Bunaken ini didirikan pada tahun 1991 dan 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, yang terdiri dari lima pulau, yakni Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen, dan Siladen.

Secara geografis, letak taman laut Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas”, yakni jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia.  Diperkiran ada lebih dari sekitar 3000-an spesies ikan yang berada di Bunaken. Keindahan taman laut bunaken yang begitu populer membuat organisasi nasional dan internasional non pemerintah bekerja sama untuk menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Spot Diving Taman Laut Bunaken

Di taman laut Bunaken ada 40 lokasi penyelaman yang kaya akan aneka terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah. Wisatawan yang melakukan diving di wilayah taman laut Bunaken bisa menikmati pemandangan 150 spesies ikan dari sekitar 58 genus ikan dan terumbu karang. Kamu juga bisa melihat spesies alga seperti Caulerpa, Halimeda dan Padina, serta spesies rumput laut seperti Enhallus acoroides, Thalassia hemprichii, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Laut juga memiliki berbagai spesies ikan, di antaranya mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Oleh karena itu, banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk melakukan aktivitas menyelam di kawasan Bunaken. Taman Laut Bunaken juga memiliki 20 dive spot yang memiliki tingkat kedalaman yang bervariasi. Dari 20 dive spot, ada 12 dive spot berada di Pulau Bunaken dan menjadi lokasi penyelaman yang paling sering dikunjungi oleh penyelam-penyelam baik lokal maupun mancanegara.

Biaya Masuk ke Taman Laut Bunaken

Masuk ke Taman Laut Bunaken, setiap pengunjung akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp50.000,-/orang untuk sekali masuk. Dan Rp150.000,-/orang yang berlaku 1 tahun. Bila kamu membeli tiket yang berlaku untuk 1 tahun, maka akan diberikan lencana yang terbuat dari plastik sebagai pengganti tiket.

Bagi kamu yang ingin mencoba diving di taman laut Bunaken, akses untuk mencapai Taman Laut Bunaken bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi ke Bunaken yang sudah tersedia yakni perahu motor dari pantai Teluk Manado. Sementara untuk fasilitas dan akomodasi yang ada di kawasan Bunaken, kamu bisa menginap di hotel yang ada di kawasan Bunaken yang tersedia dengan beragam pilihan. 

Hotel Dekat Taman Laut Bunaken

Beberapa hotel dekat Taman Laut Bunaken yang bisa kamu pilih, yakni Bunaken Island Dive Resort dan Bunaken Divers Sea Breeze Resort. Kedua hotel tersebut terletak di Pulau Bunaken. Selain itu, kamu bisa menyewa peralatan menyelam selama bersama dengan instruktur yang fasih beberapa bahasa asing, yakni Perancis, Belanda, Inggris, dan Jerman.

Bagi kamu yang ingin sekali mengunjungi taman laut bunaken, tak perlu bingung lagi. Kamu bisa menggunakan Citilink yang akan mengantarkan kamu ke tempat tujuan. Anak perusahaan dari Garuda Indonesia ini adalah maskapai penerbangan berbiaya terjangkau terkemuka di kawasan regional. Menyediakan berbagai rute perjalanan domestik, salah satunya adalah tujuan Manado. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang rute dan jadwal penerbangan dari Citilink, bisa mengunjungi situs resminya di www.citilink.co.id/.

 

Leave a comment