Citilink Traveling

Asal Usul Taman Laut Bunaken yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berkunjung Kesana

by SEO Valuklik | Jul 12, 2018

Taman Laut Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang telah terkenal keindahannya hingga ke mancanegara. Keindahan alam bawah laut di Taman Laut Bunaken membuatnya tidak pernah sepi akan pengunjung baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Dibalik keindahan Taman Laut Bunaken yang luar biasa, ada pula asal usul Taman laut Bunaken yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung kesana. Berikut ini ulasan mengenai sejarah Taman laut Bunaken yang wajib kamu ketahui.

Asal mula nama “Bunaken”

Nama Bunaken tidak serta merta ada begitu saja hingga seringkali disebut seperti sekarang ini. Ada sejarah panjang mengenai penamaan Bunaken. Nama tersebut pertama kali tercetus pada tahun 1850 ketika masyarakat Tanjung Parigi memilih untuk berpindah ke arah Tenggara atau tepatnya di tepi pantai yang menghadap kota Manado. Di tempat yang belum memiliki nama ini, mereka kemudian mencetuskan nama “Wunakeng” yang berasal dari kata “Kiwunakeng” yang berarti tempat tinggal. Dalam perkembangannya, nama tersebut kemudian berubah menjadi “Bunaken” yang berasal dari kata “Pamunakeng” yang berarti tempat mendarat kapal-kapal yang bersandar di tempat tersebut.

Penemuan Taman Laut Bunaken

Meskipun masyarakat setempat telah menghuni Bunaken sejak tahun 1850, bukan berarti Taman Laut Bunaken langsung ditemukan begitu saja. Ada sejarah panjang yang melatarbelakangi penemuan Taman Laut Bunaken seperti sekarang ini. Sejarah panjang tersebut bermula dari mitos nelayan setempat yang mengatakan bahwa laut yang diselami di daerah tersebut terdapat roh-roh jahat yang berasal dari para nelayan yang tewas di terjang ombak. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak berani untuk mengeksplorasi Bunaken selain karena akomodasi di Pulau Bunaken yang masih sulit saat itu.

Pada tahun 1975, sekelompok penyelam memberanikan diri untuk mengeksplorasi alam bawah laut Bunaken yang dikenal berhantu tersebut. Para nelayan yang memperingatkan sempat merasa ketakutan hingga akhirnya rasa takut tersebut berubah menjadi senyuman saat mereka menemukan para penyelam kembali dengan selamat. Penyelam-penyelam tersebut mengatakan bahwa bukan roh-roh jahat yang mereka temui dibawah laut, melainkan taman laut yang begitu indah bak surga bawah laut. Sejak saat itulah, Taman Laut Bunaken dibuka dan Bunaken Snorkeling adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung di tempat ini karena keindahan alam bawah lautnya merupakan yang terbaik di dunia.

Setelah kamu mengetahui asal usul penamaan Bunaken. Yuk, mulai kemasi barang-barangmu dan berlibur kesana. Jangan lupa, pesan tiket Citilink ya, karena Citilink menyediakan rute perjalanan secara langsung ke Manado untuk menuju ke Bunaken dengan harga yang terjangkau. Selamat berlibur!

Leave a comment