Citilink Traveling

4 Spot diving Terbaik di Bunaken yang Selalu Jadi Incaran Para Wisatawan

by SEO Valuklik | Jul 16, 2018
Diving di Laut Bunaken

Terdapat beberapa daerah di Indonesia yang terkenal akan surga bawah lautnya seperti Bali, Raja Ampat, Bangka Belitung, dan Bunaken. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Manado, Sulawesi Utara. Taman Laut Bunaken sudah terkenal hingga dunia Internasional terlebih bagi scuba divers. Kamu dapat melihat berbagai macam biota laut mulai dari karang lunak, tiram, ikan hiu, hingga ikan pari manta di sini.

Yang menakjubkan lagi adalah Bunaken sudah menjadi situs warisan dunia pada tahun 2005 setelah pemerintah mendaftarkannya ke UNESCO. Terdapat beberapa spot diving yang bisa kamu pilih saat berada di Taman Laut Bunaken. Namun ada beberapa spot diving yang menawarkan kecantikan bawah laut yang tiada duanya. Beberapa spot diving di Laut Bunaken yang menjadi favorit seperti:

Muka Gereja, Pulau Manado Tua

Salah satu spot diving di laut Bunaken adalah di Muka Gereja atau Pulau Manado Tua. Seperti namanya, spot diving yang satu ini terletak tepat di depan sebuah gereja di Pulau Manado Tua, sebelah timur Pulau Bunaken. Airnya tenang dengan visibilitas yang baik. Ada beberapa biota laut yang bisa kamu temui di spot diving ini seperti White anemone crabs dan sekumpulan leaf fish akan tampak di sekitar anemon. Di tempat ini kamu juga bisa menemukan trevallies besar, white tip sharks, spotted eagle rays, dan scorpionfish. Bukan hanya panorama bawah lautnya yang memukau. Kamu juga akan melihat pemandangan pulau vulkanik yang indah ketika naik ke permukaan.

Muka Kampung

Salah satu spot diving di laut Bunaken yang menjadi tempat favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah Muka Kampung. Spot diving ini menawarkan medan bawah laut yang cukup bervariasi. Gerombolan ikan berwarna neon tersebar di mana-mana. Kamu juga dapat menjumpai ular laut (black and white banded sea snakes) yang berenang di antara terumbu karang dendronephthya. Kamu juga bisa menemukan Ikan napoleon (napoleon wrasses), lobster, penyu besar, dan moorish idols dapat kamu temukan di sini. Dengan variasi biota laut yang beragam spot diving ini patut untuk kamu coba ketika kamu diving di Bunaken.

Mike’s Points

Salah satu spot diving di laut Bunaken yang wajib kamu kunjungi saat sedang diving di Bunaken adalah di spot diving Mike’s point. Spot diving yang satu ini diberi nama berdasarkan fotografer underwater yang terkenal yang bernama Mike Severns. Mike telah menghabiskan begitu banyak waktu di dinding karang yang luar biasa ini, sehingga pemandu selam akhirnya menamakan spot diving ini setelah namanya. Kamu bisa menemukan beberapa biota laut seperti pelagics, soft coral, large gorgonians, ikan kakatua, dan ikan napoleon.

Reruntuhan Kapal di Kota Manado

Salah satu spot diving di laut Bunaken yang wajib kamu kunjungi saat sedang diving di Bunaken adalah di spot diving Reruntuhan Kapal di Kota Manado.Tidak ada yang cukup yakin dan tidak ada catatan tentang kapal laut yang karam ini. Beberapa orang mengatakan bahwa itu bangkai kapal jerman sebagian mengatakan itu bangkai kapal belanda.

Ada beberapa biota laut yang kamu bisa temukan di bangkai kapal belanda ini seperti Nudi branches, leaf fishes, kadang-kadang hiu ujung putih, ikan kelelawar, ikan kerapu, karang hitam, karang lunak, semuanya ada di sana. Jika kamu beruntung kamu dapat menemukan ikan pari manta di sini. Namun perlu diingat spot diving yang satu ini merupakan spot diving untuk diver yang sudah profesional.

Itulah beberapa spot diving di laut Bunaken yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Beberapa spot diving Taman Laut Bunaken memang menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa, jangan lupa untuk mengunjungi spot-spot diving tersebut saat berada di Bunaken.

Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Taman Laut Bunaken, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Sam Ratulangi. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

Leave a comment