Citilink Traveling

5 Wisata Kuliner Bunaken Yang Wajib Kamu Cicipi

by SEO Valuklik | Agu 23, 2018

Wisata kuliner Bunaken

Taman Laut Bunaken adalah salah satu wisata laut dan diving yang sudah terkenal baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Terdapat 20.000 spesies biota laut yang hidup di sini dan terdapat lebih dari 70 spesies karang yang menjadikan taman laut Bunaken sebagai salah satu taman laut dengan keanekaragaman karang terbesar di dunia. Selain terkenal akan keindahan bawah lautnya ternyata Bunaken juga memiliki wisata kuliner yang nikmat. Beberapa wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu coba adalah:

Cakalang Fufu

Salah satu wisata kuliner Bunaken yang sayang jika kamu lewatkan adalah Cakalang Fufu. Karena jaraknya yang berdekatan dengan Manado, makanan khas Bunaken banyak yang terinspirasi dari makanan khas Manado. Banyak orang mengenal Manado dengan olahan cakalang fufu yang lezat. Ikan yang sering mendapat sebutan tongkol putih ini mendapatkan cita rasa yang lezat karena proses memasak yang cukup unik yaitu dengan diasapi. Proses pengasapan ini membuat ikan bisa dikonsumsi dalam waktu lama.

Dalam pengolahannya, ikan cakalang fufu ini bisanya diolah menjadi menu cakalang fufu santan atau menu lainnya. Yang jelas, kuliner ini banyak dicari untuk menjadi oleh-oleh para wisatawan. Cakalang fufu ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau jembatan Sario. Di sana terdapat banyak penjual cakalang fufu yang siap dibawa pulang.

Tinutuan

Salah satu wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu coba adalah Tinutuan. Makanan khas Bunaken yang satu ini merupakan kuliner khas Manado yang sering menjadi menu sarapan. Tinutuan memiliki tekstur seperti bubur tapi terbuat dari berbagai campuran sayuran hijau, labu kuning, dan bubur beras. Kadang ada juga masyarakat yang mencampurnya dengan jagung agar rasanya makin nikmat. Kuliner ini biasanya disajikan di restoran Bunaken sebagai menu sarapan.

Sambal Roa

Salah satu wisata kuliner Bunaken yang sayang jika kamu lewatkan adalah Sambal Roa. Makanan khas Bunaken yang satu ini tidak boleh lupa kamu cicipi saat kamu mengunjungi Bunaken dan sekitarnya. Sambal ini terbuat dari cabai yang dicampur dengan ikan roa (sejenis ikan terbang) yang sebelumnya diasapi hingga kering. Ikan roa ini dicampur dengan cabai lalu ditumbuk menjadi sangat halus lalu dimasak dengan sedikit minyak. Setelah itu dicampur dengan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula yang telah dihaluskan.

Sambal ini biasanya menjadi pelengkap kala menyantap tinutuan. Saat ini banyak sekali penjual sambal roa dalam kemasan sehingga bukan hanya dicicipi di Manado, tapi sambal ini bisa menjadi oleh-oleh. Sambal Roa paling nikmat jika kamu mencicipinya bersama nasi panas dan bawang goreng.

Dabu-dabu

Salaah satu wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu cicipi saat sedang berlibur di sana adalah Dabu-dabu. Masakan khas Bunaken akan tidak lengkap jika tidak di bumbui dabu-dabu. Dabu-dabu sendiri merupakan penyedap masakan Manado yang rasanya pedas terbuat dari campuran cabai, tomat, dan bawang merah yang dipotong-potong. Dabu-dabu biasanya menjadi pendamping hidangan olahan seafood dan ikan bakar.

Woku Belanga

Salah satu wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu cicipi adalah Woku Belanga. Woku Belanga merupakan kuliner yang menjadi ikon pengolahan ikan di Sulawesi Utara. Woku Belanga dimasak dengan belanga yang terbuat dari tanah liat. Woku sendiri merupakan bumbu khas Manado dan sering di makan di daerah Bunaken.

Bumbu yang digunakan dalam pengolahan menu ini adalah daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi, dan tambahan bumbu beraroma lainnya. Tak lupa cabai juga masuk ke dalam hidangan ini untuk menambah cita rasa pedas setelah dihaluskan.

Itulah beberapa wisata kuliner Bunaken yang wajib kamu cicipi saat berada disana. Taman Laut Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata dengan keindahan laut terlengkap.

Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi kota-kota besar di Indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Bunaken, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Sam Ratulangi Manado dan melanjutkan ke Bunaken. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

Leave a comment