Citilink Traveling

7 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh di Ujung Pandang yang Paling Terkenal

by SEO Valuklik | Jul 16, 2018
Oleh oleh khas Ujung Pandang

Makassar adalah salah satu destinasi kota yang terkenal di daerah Indonesia bagian tengah. Makassar terkenal dengan kuliner khasnya, pisang epe dan coto ini memiliki berbagai tempat wisata yang indah. Berada di pesisir Pulau Sulawesi, kota ini populer dengan Pantai Losarinya. Tapi ternyata Makassar masih memiliki beragam tempat wisata andalan, mulai dari pantai sampai dataran tingginya. Namun tahukah kamu bahwa sebelum bernama Makassar kota ini memiliki nama Ujung Pandang.

Ujung Pandang adalah nama lain untuk Kota Makassar dan dipakai dari kira-kira tahun 1950-an sampai tahun 2000. Nama Ujung Pandang sendiri adalah nama sebuah kampung dalam wilayah Kota Makassar yang kemudian menjadi nama Kota. Kota Makassar berganti nama menjadi Ujung Pandang pada tahun 1971. Alasan untuk mengganti nama Makassar menjadi Ujung Pandang adalah alasan politik. Selain dari urusan nama, Ujung Pandang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena menawarkan keindahan alam, budaya, kuliner hingga sejarah. Tak lengkap jika kamu pergi ke Ujung Pandang tanpa mencoba oleh oleh khas Ujung Pandang. Berikut beberapa oleh oleh khas Ujung Pandang yang wajib kamu coba ketika sedang berlibur disana:

Abon Rasa Raos

Salah satu oleh oleh khas Ujung Pandang yang wajib kamu coba adalah abon rasa raos.
Raos sebenarnya adalah bahasa Sunda yang berarti enak. Abon Raos adalah abon yang terbuat dari daging sapi memiliki rasa enak dan gurih. Menu makanan ini cocok disajikan dengan sepiring nasi putih yang masih hangat. Kamu akan dengan mudah menemukan oleh oleh ini karena banyak pedagang yang menjual Abon Raos di setiap sudut Kota Ujung Pandang, terlebih di toko pusat oleh-oleh Khas Ujung Pandang.

Otak Otak Ikan

Oleh oleh khas Ujung Pandang berikutnya adalah otak otak ikan. Otak-otak ikan tenggiri khas Ujung Pandang dibungkus menggunakan daun pisang yang kemudian dibakar. Memiliki cita rasa yang unik karena bahan dasar ikannya yang masih segar.

Untuk mendapatkan otak-otak ikan tenggiri ini kamu tidak perlu repot repot karena banyak sekali penjual oleh-oleh ini di sepanjang pantai losari. Namun perlu kamu ketahui juga bahwa ada dua tempat penjual otak-otak ikan tenggiri yang kini sudah sangat terkenal di kota Makassar, diantaranya otak-otak ibu elly yang ada di jl kijang dan otak-otak ibu sanny yang ada di jl. Lasinrang. Biasanya otak-otak ini dijual dalam keadaan mentah sehingga setelah sampai rumah kamu tinggal membakarnya sendiri.

Sirup DHT

Oleh oleh Ujung Pandang berikutnya adalah sirup DHT. Sirup ini merupakan salah satu oleh oleh khas Ujung Pandang yang banyak digemari karena rasanya yang unik. DHT sendiri ternyata kepanjangan dari Dari Hasil Tangan. Kamu bisa memperoleh sirup khas ini di jalan Syekh Yusuf di Makassar seharga Rp. 18.000 per botolnya. Nah, sirup DHT ini pastinya cocok sebagai buah tangan untuk menemani sore . Produksi CV DHT di kabupaten Gowa ini yang paling terkenal adalah dengan rasa Pisang Ambon

Sirup Markisa

Oleh oleh khas Ujung Pandang berikutnya adalah sirup markisa. Tak lengkap jika kamu berkunjung ke Ujung pandang tanpa mencoba dan membawa pulang sirup markisa. Sirup Markisa terbuat dari asli buah markisa, bukan serbuk markisa olahan dari bahan kimia. Kamu bisa temukan oleh oleh khas Ujung Pandang yang satu ini di swalayan-swalayan dan pusat oleh-oleh Ujung Pandang.

Kopi Toraja

Salah satu oleh oleh khas Ujung Pandang berikutnya adalah Kopi Toraja. Tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Ujung Pandang tidak membawa oleh-oleh yang satu ini. Meskipun kamu bukan penggemar kopi, tidak ada salahnya sekedar membawa buah tangan berupa kopi untuk keluarga tercinta ataupun rekan kerja. Perlu Kamu tahu bahwa Kopi Toraja ini memiliki citarasa khas Ujung Pandang yang tidak ditemukan dari kopi biasa pada umumnya. Ada 3 jenis pilihan kopi yang tersedia seperti Arabica, Robusta, dan Special Blend. Kamu bisa temukan banyak Kopi Toraja di pusat oleh oleh yang ada di kota ini.

Kacang Sembunyi

Oleh oleh khas Ujung Pandang berikutnya adalah kacang sembunyi. Oleh oleh yang satu ini terbilang unik karena berbahan dasar kacang tanah yang dibalut oleh tepung. Nama sembunyi itu sendiri di dapat dari kacang yang tertutup lapisan tepung. Kamu bisa mendapatkan kacang sembunyi di pusat oleh oleh kota Ujung Pandang.

Sarung Tenun Bugis

Salah satu produk oleh oleh khas Ujung Pandang yang bisa kamu gunakan adalah sarung dan tenun bugis. Kain tenun dan sarung khas bugis ini juga memiliki corak yang cukup menarik dan lebih khas. Kain tenun dan sarung khas bugis ini memiliki ciri dengan warna yang beragam. Untuk bahan yang digunakan pun juga dapat dipilih mulai dari katun hingga kain sutera. Biasanya kain tenun dan sarung khas bugis ini ditentukan mulai dari harga Rp. 20.000 hingga ratusan ribu dalam satu lembarnya. Kamu bisa memilih jenis kain tenun sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu.

Itulah beberapa oleh oleh khas Ujung Pandang yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Kota Ujung Pandang merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah. Liburan kamu ke Ujung Pandang tidak akan terasa lengkap tanpa oleh oleh khas Ujung Pandang. Jangan lupa untuk beli oleh oleh saat berada di Ujung Pandang.

Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di Indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Ujung Pandang atau Makassar, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Hasanuddin. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di www.citilink.co.id ya.

Leave a comment