Citilink Traveling

Yummy! 5 Kuliner Khas Ujung Pandang Pasti Bisa Bikin Lidah Kamu Bergoyang

by SEO Valuklik | Agu 06, 2018
Wisata kuliner Ujung Pandang

Menurut kamu, hal apa sih yang nggak boleh kita lewatkan saat traveling ke sebuah destinasi? Setuju nggak kalau jawabannya adalah berwisata kuliner.

Yup, Kegiatan satu ini memang wajib dilakukan saat kita menjelajahi suatu tempat. Tujuannya bukan cuma untuk mengganjal perut semata lho. Dari aktivitas ini, kamu pun bisa mempelajari banyak hal termasuk budaya setempat yang dimiliki suatu wilayah.

Hal ini juga berlaku ketika kamu berkunjung ke Ujung Pandang atau Makassar Sulawesi Selatan.

Ternyata ada banyak banget menu-menu nikmat yang bisa kamu temui di Ujung Pandang. Saking enaknya, kuliner tersebut pasti juga bisa bikin lidah kamu bergoyang. Jadi penasaran kan ingin jelajah wisata kuliner Ujung Pandang dan mencicipi menu sedap yang ada di sana?

Nah, Dari sekian banyak jenis makanan dan minuman yang ada di sana, lima terbaik ini nggak boleh kamu lewatkan ya!

Coto Makassar

Siapa sih yang nggak tahu wisata kuliner Ujung Pandang yang satu ini. Coto Makassar adalah menu berkuah paling favorit di Makassar. Tahukah kamu? Cita rasa yang nikmat membuat makanan ini juga disukai traveler mancanegara lho

Kuah Coto Makassar terbuat dari beragam rempah khas Nusantara. Disajikan dengan pelengkap seperti daging,jeroan sapi, dan ketupat ataupun buras. Supaya makin sedap saat menikmatinya, kamu bisa menambahkan sambal, bawang goreng, atau jeruk nipis ke dalam menu tersebut. 

Sop Konro

Makanan khas Ujung Pandang ini juga nggak kalah populer dengan Coto Makassar.  Bahan dasarnya adalah iga sapi atau daging sapi. Disajikan dengan kuah gurih yang kaya rasa rempahnya.

Keistimewaan lain dari sop konro adalah kuahnya yang berwarna cokelat pekat. Warna tersebut berasal dari kluwak yang nggak cuma mempercantik tapi juga memperkaya cita rasa.

Es Palu Butung

Kamu tentu nggak asing dengan menu satu ini. Es palu butung atau es pisang ijo memang termasuk dalam daftar menu wisata kuliner ujung pandang yang paling populer di Indonesia.

Dessert khas Nusantara ini terbuat dari pisang yang diselimuti adonan tepung berwarna hijau, bubur sumsum, es serut, dan sirup. Rasanya manis, nikmat, dan segar banget lho. Cocok deh buat melepas dahaga setelah seharian menjelajahi tempat wisata seru di Makassar.

 

Pisang Epe

Camilan ini terbuat dari pisang kepok setengah matang. Pisang tersebut dibuat dengan cara dipipihkan lalu dibakar di atas arang hingga harum.

Pisang epe yang sudah matang akan disajikan dengan saus gula merah yang manis. Rasa legitnya khas banget lho. Sebab, sausnya dimasak  dengan menggunakan daun pandan dan durian.

Oh iya, kamu juga bisa menjadikan kuliner nikmat ini sebagai oleh-oleh khas Ujung Pandang untuk orang-orang tersayang. Jadi, jangan sampai lupa untuk membelinya saat ke Makassar nanti, ya!

Mie Titi

Tampilan mie titi mungkin akan mengingatkan kamu dengan menu ifumie. Penyajiannya memang mirip banget dengan kuliner tersebut. Mi kering yang disiram dengan kuah kental berisi sayuran, bakso, aneka sefaood, dan daging. 

Menikmati satu piring mie titi mungkin nggak akan cukup untuk kamu. Sebab, rasanya yang gurih dan sedap pasti akan sukses membuat lidah bergoyang karena ketagihan.

Yuk, siap-siap berwisata kuliner ke Ujung Pandang! Agendakan rencana liburan kamu bersama Citilink dari sekarang. Cek selalu www.citilink.co.id karena ada banyak promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Traveling lebih hemat, kamu tentu makin bersemangat.

Leave a comment