Citilink Traveling

3 Wisata Pantai Banyuwangi yang di Sukai Para Wisatawan

by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
Wisata Pantai Banyuwangi

Banyuwangi merupakan kota pelabuhan yang terletak di sisi paling timur pulau Jawa. Selain terkenal karena menjadi kota pelabuhan, Banyuwangi juga kaya akan tradisi dan budaya. Selain kaya akan tradisi, kota dengan julukan The Sun Rise of Java ini juga kaya akan berbagai macam destinasi wisata yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

Bahkan beberapa tempat wisata di Banyuwangi terkenal hingga ke kancah internasional seperti, Kawah Ijen, Plengkung, dan Pulau Merah. Baru-baru ini sektor pariwisata Banyuwangi kembali menorehkan prestasi internasional dengan menyabet penghargaan tertinggi bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara, yaitu ASEAN Tourism Standard Award. Penghargaan ini diserahkan kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Abdullah Azwar Anas dalam ASEAN Tourism Forum di Thailand. Kemudian kota ini juga terkenal dengan wisata pantainya yang tidak kalah dengan Bali. Beberapa wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan seperti:

Pantai Pulau Merah

Salah satu wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan adalah pantai pulau merah. Pantai ini pada mulanya memiliki nama Pantai Ringin Pitu. Konon, pantai ini berubah nama menjadi Pulau Merah karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter yang berada di tengah pantai ini. Pulau kecil yang berada di tengah pantai ini berhasil memikat wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.

Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, tentu menjadi nilai plus bagi tempat wisata ini. Ketika air laut surut, para pengunjung dapat berjalan kaki menikmati pulau kecil yang berada di tengah pantai ini.

Pantai Wedi Ireng

Wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan berikutnya adalah Pantai Wedi Ireng. Pantai yang berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi atau searah dengan Pulau Merah ini sekilas mirip dengan Wineglass Bay yang berada di Australia. Kedua pantai ini jika dilihat dari atas sama-sama berbentuk sabit.

Perbedaannya, pasir Wineglass Bay berwarna putih dengan latar belakang puncak granit merah. Sedangkan di Pantai Wedi Ireng terdapat 2 macam pasir, yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir coklat yang agak kasar.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pantai ini disebut Wedi ireng yang berarti pasir yang berwarna hitam sedangakan nyatanya pasir di pantai ini berwarna putih? Jawabannya bisa kamu dapatkan dengan menggali pasir di pantai ini. Ternyata dibalik pasirnya yang berwarna putih didalamnya menyimpan butiran pasir hitam, inilah alasan mengapa pantai ini disebut Wedi Ireng.

Pantai Plengkung

Wisata pantai Banyuwangi yang di sukai para wisatawan berikutnya adalah pantai Plengkung. Pantai yang terkenal dengan nama G-Land ini adalah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di pantai ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu "The Seven Giant Waves Wonder" yang berarti memiliki 7 gulungan ombak.

Pantai Plengkung merupakan surga bagi para pecinta olahraga surfing, bahkan bagi penggila surfing belum lengkap rasanya jika belum pernah datang ke G-Land. Kemudian, angin lepas pantai yang berhembus antara bulan April dan bulan September ini mengakibatkan terjadinya ombak paling besar dengan ketinggian hingga mencapai 8 meter dengan panjang 2 km. Inilah yang membuat ombak pantai Plengkung menjadi ombak terganas nomor 2 setelah Hawaii.

Pantai G-Land ini memiliki kawasan yang masih alami. Air di pantai ini memiliki kombinasi tiga warna, yaitu warna putih, biru, dan hijau. Tentu saja ini merupakan pemandangan yang eksotis dan nilai plus bagi Pantai Plengkung dibanding tempat surfing lainnya.

Itulah beberapa wisata pantai Banyuwangi yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Kota Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata lengkap karena memiliki wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah.

Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi kota-kota besar di indonesia tak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Banyuwangi, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara Banyuwangi. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/ ya.

Leave a comment