Citilink Traveling

5 Wisata Kuliner Banyuwangi yang Wajib Kamu Coba

by SEO Valuklik | Agu 23, 2018
Makanan khas Banyuwangi

Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa, ternyata menyajikan berbagai wisata yang memesona. Mulai dari Gunung Ijen sebagai salah satu ikon wisata di Banyuwangi yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, hingga Pulau merah yang menjadi salah satu destinasi yang sedang naik daun.

Namun di balik keindahan alamnya, ternyata wisata kuliner di Banyuwangi pun tak kalah menggiurkan. Banyuwangi yang identik dengan hidangannya yang pedas ternyata menyajikan wisata kuliner yang tentu dicari-cari oleh para wisatawan. Beberapa wisata kuliner Banyuwangi yang tidak boleh kamu lewatkan sebagai berikut:

Pecel Itik

Salah satu makanan khas Banyuwangi berikutnya adalah Pecel Itik. Pecel Itik merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang paling sering diburu oleh wisatawan. Pecel Itik merupakan hidangan yang terbuat dari ayam kampung yang diberi bumbu dan parutan kelapa. Daging ayam disuwir- suwir terlebi dahulu ditambah dengan parutan kelapa mentah seperti urap. Kamu bisa menemukan Pecel Itik di Desa Kemiren, kecamatan Glagah, tempat tinggal Suku Osing asli Banyuwangi.

Rujak Soto Mbok Mbret

Salah satu wisata kuliner Banyuwangi yang sayang jika kamu lewatkan adalah Rujak Soto Mbok Mbrey? Bikin kamu penasaran bukan apakah ini rujak ataupun soto. Rujak Soto adalah hidangan perpaduan rujak dan soto, hidangan ini dibuat dengan cara mencampur semua bahan rujak lalu makanan tersebut disiram dengan kuah soto yang diberi daging babat dan telur puyuh. Kamu bisa menikmati hidangan ini dengan hanya merogoh kocek Rp.20.000-Rp.25.000 saja. Kamu bisa menemukan makanan khas banyuwangi yang satu ini di kawasan Benculuk, Cluring Kabupaten Banyuwangi.

Sego Cawuk

Salah satu wisata kuliner Banyuwangi yang wajib kamu coba saat berada di Banyuwangi adalah Sego Cawuk. Kamu bisa menemukan makanan khas Banyuwangi yang satu ini di warung Bu Mantih yang berada di jln. Wahid Hasyim sekitar 500 meter dari stasiun Rogojampi. Sego Cawuk ini makanan khas Banyuwangi yang berupa perpaduan nasi dan kuah kemudian dilengkapi dengan parutan kelapa. Ada beberapa lauk di dalam Sego Cawuk seperti dendeng, telur, pepes, dan ikan. Sego cawuk dibandrol harga dibawah Rp. 10.000 dan belum termasuk harga tambahan lauk.

Sego Tempong Mbok Wah

Makanan khas Banyuwangi yang berikutnya adalah Sego Tempong Mbok Wah. Arti kata tempong itu sendiri adalah tampar, wisata kuliner Banyuwangi yang satu ini memang memiliki rasa yang nampar alias enak sekali. Sego Tempong Mbok Wah menawarkan sajian seafood seperti ikan goreng, cumi, dan kepiting. Dengan harga sekitar Rp.8000 sampai Rp. 10.000 kamu sudah dapat menikmati nasi putih, sayuran rebus, ikan asin, dan 3 ekor teri jengki dan sambal.  Kamu bisa menemukan Sego Tempong Mbok Wah di alamat Jalan Gembrung no. 22.

Mie Kuah Warung Kepiting

Salah satu wisata kuliner Banyuwangi yang saying jika kamu lewatkan adalah Mie Kuah Warung Kepiting. Restoran yang satu ini menyajikan menu makanan seafood yang khas, menu andalan dari restoran yang satu ini adalah kepiting. Namun, jika kamu tidak suka makan kepting terdapat beberapa makanan seafood lainnya seperti udang, ikan dan cumi yang tak kalah menggugah selera. Alamat dari Mie Kuah Warung Kepiting ada di Jl. Kepiting no. 29B, Banyuwangi.

Itulah beberapa wisata kuliner Banyuwangi yang bisa kamu jadikan referensi saat berada disana. Ketika kamu sedang berlibur jangan lupa untuk mencoba makanan daerah salah satunya makanan khas Banyuwangi, karena akan tidak lengkap jika kamu jalan-jalan tanpa mencoba kuliner daerahnya

Sekarang, pilihan maskapai untuk mengunjungi Kota-kota besar di Indonesia tidak lagi sulit. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang kini menyediakan rute untuk kamu bisa sampai ke destinasi tujuan. Bila kamu ingin ke Banyuwangi, kamu bisa melakukan penerbangan dari kota asalmu menuju Bandara udara Banyuwangi. Untuk memilih maskapai penerbangan, kamu bisa memilih Citilink yang telah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat menjangkau hampir seluruh Provinsi di Indonesia. Citilink juga sering mengadakan promo-promo perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mau tahu info lengkap seputar Citilink dan juga promo yang ditawarkan? Kunjungi situs resminya di https://www.citilink.co.id/   ya.

Leave a comment