Faq

Pertanyaan yang sering diajukan

Dimana saja destinasi penerbangan Citilink? Dimana saya bisa melihat jadwal penerbangan terkini? Untuk saat ini, Citilink melayani 35 rute domestik dan international. Untuk informasi lengkap kunjungi website kami atau klik www.citilink.co.id/route-map untuk rute penerbangan kami.

Di kota apa saja Citilink dapat terbang?

Silahkan melihat kota yang tersedia di halaman Citilink atau anda dapat melihat pada flight search box.

Mengapa saya tidak menemukan penerbangan yang saya inginkan?

Hal ini terjadi karena beberapa alasan:

  • Rute penerbangan yang tidak beroperasi setiap hari
  • Kursi mungkin tidak tersedia
  • Kami memiliki 2 bandara di Jakarta, rute tersebut beroperasi dari Halim Perdanakusuma (HLP) atau Soekarno Hatta (CGK). Cek kembali rute anda, apakah citilink terbang dari dua bandara tersebut pada kotak pencarian penerbangan 

Apakah aman membayar menggunakan kartu kredit di www.citilink.co.id dan mobile apps Citilink?

Ya, informasi kartu kredit anda aman dengan menggunakan advanced web technology yaitu SSL (Secure Socket Layer) untuk melindungi informasi yang bersifat personal . SSL adalah sebuah standard industry technology yang didukung oleh Internet Explorer, Netscape, Safari, Firefox dan web browser lainnya. Citilink menggunakan SSL untuk mengenkripsi data pada kartu kredit anda agar tidak dapat terbaca oleh orang lain.

Dapatkah saya memesan tiket dan membayar tiket dengan menggunakan kartu kredit teman saya dan dia tidak ikut dalam penerbangan tersebut?

Ya, tentu saja. Tetapi, anda harus membawa dan menunjukan foto kopi kartu kredit dan kartu identitas yang valid pada saat check in di konter Bandara.

Apa yang dimaksud dengan Card Security Code (CVV)?

Card security code adalah 3 atau 4 digit kode yang menyediakan proteksi tambahan terhadap penipuan kredit card. Dengan meminta card security code, kami memvalidasi reservasi online oleh pelanggan dalam kepemilikan dari kredit atau kartu debit dan rekening tersebut sah

Dimana saya bisa melihat security code located?

VISA dan Mastercard: Lihat pada bagian belakang kartu di panel tanda tangan. Anda akan melihat 3 digit kode setelah seluruh 16 digit nomor kartu kredit anda atau hanya 4 digit terakhir nomor kartu kredit anda. 3 digit kode ini adalah kode kode keamanan kartu anda.

Akan citilink.co.id menyimpan kode keamanan saya?

Tidak. Validasi akan dilakukan di depan dan kode tersebut tidak akan disimpan .

Saya tidak memiliki kredit atau kartu debit. Apakah saya masih dapat memesan tiket melalui citilink.co.id dan mobile apps?

Ya , Citilink memberikan kesempatan untuk membayar tunai di alfamart, indomart, carrefour, kantor pos dan kantor penjualan citilink.

Bagaimana cara membayar secara tunai tiket Citilink di toko, kantor pos dan kantor penjualan tiket citilink?

Silahkan membawa nomor kode booking Anda dan melakukan pembayaran di payment point terdekat, beritahukan kepada petugas bahwa anda ingin membayar reservasi Citilink dengan menyebutkan kode booking Anda. Anda akan mendapatkan tanda terima untuk pembayaran kode booking Anda dan Anda bisa menukarnya dengan e-ticket di bandara. Anda juga bisa mengelola pemesanan anda di situs web kami setelah melakukan pembayaran dan mencetak  e-ticket .

Bagaimana saya membayar reservasi dengan ATM BNI,  ATM Mandiri, ATM BCA dan ATM Bersama?

Gunakan kode pembayaran untuk melakukan pembayaran di atm terdekat .Untuk informasi lebih lanjut silahkan ikuti petunjuk di sini http://www.citilink.co.id/payment-channel 

Apa yang harus saya lakukan jika saya memesan tiket namun tidak bisa melakukan pembayaran?

Silahkan menghubungi call center Citilink di 0804 1 080808

Bagaimana saya menemukan dan membayar tiket saya di lain waktu?

Anda dapat mengecek tiket Anda di  “Check My Booking” dari navigasi bar di bagian atas halaman, Silahkan masukkan kode booking dan nama belakang Anda,. Jika anda lupa PNR yang berlaku, Anda dapat menghubungi call center kami dan meminta mereka untuk mencari reservasi anda dengan nama penumpang, penerbangan dan tanggal keberangkatan.

Berapa batas waktu maksimum pembayaran penambahan produk ancillary dengan menggunakan kartu kredit?

Pembelian produk ancillary dapat dibayar menggunakan kartu kredit dengan batas waktu minimum bayar 12 jam sebelum keberangkatan.

Dapatkah saya membatalkan penerbangan saya dan me-refund uang saya?

Anda dapat melakukan pembatalan / pengajuan refund dengan mengikuti ketentuan yang berlaku Disini

Dapatkah saya mengganti reservasi saya setelah saya melakukan pembayaran?

Ya, anda dapat mengganti jadwal penerbangan anda (reschedule) paling lambat  / maksimal 4 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi dengan membayar biaya administrasi mulai dari Rp 150.000 (Seratus lima puluh ribu rupiah) serta ditambah selisih harga ticket yang lama dengan yang baru (jika ada) dengan menghubungi Call centre kami di 0804 1 080808

Dapatkah saya mengubah reservasi saya di www.citilink.co.id?

Ya, Anda dapat membuat perubahan (reschedule, rincian kontak). Untuk reservasi paling  lambat/maksimal 1 x 24 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi pada menu Check My Booking setelah menemukan PNR Anda, dan perubahan dapat selesai dengan menghubungi call center kami. Harap dicatat bahwa perubahan akan dikenakan biaya tambahan.

Bagaimana saya mengubah keberangkatan saya? Berapa biaya tambahan yang harus saya tambahkan?

Ya, anda dapat mengganti jadwal penerbangan anda (reschedule) paling lambat  / maksimal 4 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi dengan membayar biaya administrasi mulai dari Rp 150.000 (Seratus lima puluh ribu rupiah) serta ditambah selisih harga ticket yang lama dengan yang baru (jika ada) dengan menghubungi Call centre kami di 0804 1 080808

Dapatkah saya mengubah nama penumpang setelah melakukan pembayaran?

Koreksi Nama (Corename) :

koreksi nama dapat dilakukan penyesuaian dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Koreksi nama yang tidak sesuai ejaan maksimal 3 karakter

    Contoh : Hendry menjadi Hendri , Arif menjadi Arief

  • Kekurangan huruf pada nama belakang dan atau nama marga/baptis
  • Penyesuaian Jenis Kelamin / Gender
  • Proses Koreksi nama hanya dapat dilakukan melalui call center Citilink dan di Bandara

Dimana saya bisa melihat dan memilih kursi di pesawat?

Peta kursi di penerbangan akan ditampilkan selama proses pemesanan (langkah ke 3)

Bagaimana saya memilih kursi?

Kursi penumpang dipilih secara acak berdasarkan system.

Apa artinya Green seat?

Green seat adalah kursi yang berada di urutan/baris nomor 1-5 yang
 ditandai dengan pembungkus sandaran kepala berwarna hijau.

Kapan kios / counter check in buka dan pencatatan bagasi dibuka?

  • Mulai dari 2 jam 30 menit sebelum keberangkatan, untuk check in di counter.
  • Mulai dari 2 hari sebelum keberangkatan, untuk web/mobile check-in.


Kapan kios / counter check in dan pencatatan bagasi ditutup?

  • 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik
  • 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional
  • Khusus untuk keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, check-in & baggage drop ditutup 45 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk domestik dan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan internasional.


Kapan harus menunggu di ruang tunggu / ruang boarding?

Kita harus berada diruang tunggu setidaknya 40 menit sebelum jadwal keberangkatan (tertera didalam boarding pass)


Apakah ada batas waktu untuk check-in?

  • Mobile Check-in dan Web Check-in dapat dilakukan 48 jam hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan domestik.
  • Konter check in buka 2 jam sebelum jam keberangkatan dan akan tutup 30 menit untuk penerbangan domestik atau 1 jam untuk penerbangan internasional sebelum waktu keberangkatan.
    Anda harus membeli tiket baru jika anda tidak melakukan check-in 30 menit untuk penerbangan domestik atau 1 jam untuk penerbangan internasional sebelum waktu keberangkatan.
  • Khusus untuk keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, check-in (mobile, web, kiosk, counter) & baggage drop ditutup 45 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk domestik dan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan internasional. Anda harus membeli tiket baru jika anda tidak melakukan check-in 45 menit untuk penerbangan domestik atau 1 jam untuk penerbangan internasional sebelum waktu keberangkatan.


Bagaimana Ketentuan Check-In di Website & Mobile Apps?

Website check in dan mobile check in tidak berlaku untuk penerbangan International, website check in dan mobile check in hanya berlaku untuk penerbangan Domestik.
Untuk penerbangan International dapat check in langsung di counter check in di Bandara.


Dokumen apa saja yang diperlukan untuk proses check in dan memasuki bandara?

Untuk memasuki bandara dan untuk keperluan check-in, Anda harus menunjukkan Tiket Elektronik  beserta dengan surat identifikasi yang dilampiri foto yang dikeluarkan oleh Pemerintah, seperti paspor, kartu identitas atau KTP Indonesia.


Jika penumpang belum memiliki kartu identitas (KTP), dokumen apa yang harus dibawa?

Bagi penumpang yang tidak memiliki kartu identitas (KTP) dapat diganti dengan SIM, Passport, Buku Nikah, Kartu Pelajar atau surat keterangan lainnya dengan tertera foto penumpang dan bukan fotocopy.


Apa yang harus dibawa untuk check-in bayi?

Untuk check-in bayi silahkah membawa fotokopi akta kelahiran bayi tersebut. Jika bayi belum memiliki akta lahir, dapat diganti dengan surat keterangan lahir dari rumah sakit.


Apa yang terjadi jika saya menolak embarkasi?

Kami tidak akan menerima setiap orang untuk masuk, atau berada di dalam pesawat terbang ketika kami memiliki alasan untuk mencurigai seseorang dibawah pengaruh alcohol atau obat-obatan terlarang untuk aspek keselamatan di atas pesawat.

Kami tidak akan mengizinkan penumpang yang berkelakuan tidak baik karena akan membahayakan penumpang lain dan memberikan aspek tidak nyaman bagi penumpang lain.

Kami mendukung keputusan yang diambil petugas darat kami jika ada penumpang yang tidak diizinkan masuk atau naik ke dalam pesawat karena penumpang tersebut mengkonsumsi alcohol, narkoba dan zat-zat lainnya, seperti keadaan diatas.

 

Bagaimana caranya melakukan Check-in online melalui Mobile Apps Betterfly Citilink ?

Anda dapat melakukan Check-in online melalui Mobile Apps Betterfly Citilink dengan cara sebagai berikut;

  1. Pastikan bahwa Anda sudah mendownload Mobile Apps “Betterfly Citilink”.
  2. Apabila Anda sudah memiliki Mobile Apps Betterfly Citilink dapat langsung klik menu Check-in.
  3. Pastikan Anda sudah mempunyai kode booking yang terdiri dari 6 (enam) digit kombinasi huruf dan angka penerbangan.
  4. Masukan kode booking penerbangan dan nama belakang salah satu penumpang.
  5. Pastikan proses check-in hingga selesai dan mendapatkan boarding pass.
  6. Penumpang diharuskan berada di ruang tunggu 40 menit sebelum waktu keberangkatan (seperti yang tertera pada boarding pass)
 


Jika area boarding berada di area gate 22- 28 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, fasilitas apa yang Citilink berikan?

Seluruh penumpang Citilink dapat menggunakan fasilitas Shuttle Bus menuju area gate 22 - 28 melalui pintu masuk gate 13, dengan jam operasional mulai pukul 04.00 - 18.00 WIB

 


Jika kedatangan berada di area gate 22- 28 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, fasilitas apa yang Citilink berikan?

Seluruh penumpang Citilink yang tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta khusus area gate 22 - 28 dapat menggunakan fasilitas Shuttle Bus melalui pintu keluar di ujung lorong gate 28, dengan jam operasional mulai pukul 04.00 - 18.00 WIB

Apa saja syarat penumpang yang sedang hamil supaya tetap bisa terbang?

Ibu hamil diharapkan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan atau surat layak terbang. Surat berlaku 7 hari sejak tanggal dikeluarkannya.

Catatan:

Dalam hal kondisi tertentu dimana penumpang ibu hamil tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan atau surat layak terbang dari dokter, Citilink akan mewajibkan penumpang untuk menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban terbatas Citilink (Form of Indemnity) pada saat melakukan check-in, untuk membebaskan Citilink dari pertanggungjawaban yang timbul dari hal tersebut. Apabila penumpang tidak dapat menandatangani, penumpang dapat menunjuk anggota keluarganya untuk menandatangani Surat Pernyataan tersebut.

Ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 36 minggu, tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan udara.

 

Persyaratan umur bayi yang sudah bisa terbang sebagai penumpang?

Kami memiliki hak untuk tidak mengangkut bayi yang berusia enam (6) hari atau kurang dari itu. 

Kami mungkin bersedia membawa bayi seusia itu apabila pengangkutan ini dilakukan dengan surat tertulis resmi dari dokter dan setelah orangtua dari bayi menandatangani Pernyataan Pertanggung-jawaban Terbatas.

Untuk mencegah terjadinya kondisi hypoxia dan kemungkinan terjadinya penyakit lainnya, kami tidak mengizinkan untuk membawa bayi berusia kurang dari 3 minggu untuk terbang bersama kami, dengan kemungkinan kami dapat menerimanya jika disertai surat tertulis resmi dari dokter, dan setelah orang tua dari bayi menandatangani pernyataan pertanggungjawaban.

Membawa bayi baru lahir?

  1. Bayi berumur dibawah 7 hari tidak direkomendasikan untuk perjalanan di udara
  2. Bayi berumur 21 hari sampai 2 tahun dapat diterima
  3. Bayi prematur. Bayi prematur harus dipertimbangkan sebagai MEDA (Medical Cases) dan ditangani sebagai Penumpang yang memerlukan penanganan atau permintaan khusus melebihi penumpang lainnya

Membawa Infant?

Infant dibawah umur 2 tahun dapat diterima untuk perjalanan udara dengan mengikuti kondisi dibawah ini:

  • Infant harus didampingi oleh pendamping yang membeli tiket penerbangan
  • Pendamping  harus berpergian dengan pesawat yang sama, di dalam kelas yang sama, dan tujuan yang sama dengan Infant
  • Satu infant harus didampingi oleh satu pendamping dewasa yang dapat dan mampu untuk bertanggung jawab penuh untuk menangani infant 

Perbedaan antara dewasa, anak-anak, dan infant?

  • Penumpang yang dianggap sebagai dewasa berumur dari 12 tahun keatas
  • Penumpang yang dianggap sebagai anak-anak berumur dari 2-12 tahun
  • Penumpang yang dianggap sebagai infant berumur dibawah 2 tahun

Apakah ada biaya yang harus dibayarkan jika membawa kerete dorong bayi (baby stroller) atau wheel chair?

Bagi para pelanggan penyandang cacat (incapacitate Passenger) yang menggunakan atau membawa kursi dorong (wheel chair) dan ibu dengan bayi yang membawa kereta bayi (baby stroller), dibebaskan dari biaya pengangkutan untk kursi dorong dan kereta bayinya, apabila dimasukan kedalam bagasi pesawat sebagai bagasi tercatat (checked baggage)

Apakah di dalam penerbangan Citilink dapat merokok?

Tidak, penerbangan Citilink adalah penerbangan bebas asap rokok


Apakah citilink menjual makanan dan minuman saat penerbangan?

Citilink menjual makanan dengan banyak macam yang tersedia, dimulai dari snack sampai dengan makanan utama (selama persediaan masih ada)


Apakah bisa berbelanja dengan menggunakan kartu kredit?

Untuk saat ini pembayaran dengan kartu kredit hanya berlaku untuk pembelian merchandise, untuk pembelanjaan lainya ketika penerbangan hanya dapat dibayarkan dengan cash.


Apakah boleh mengunakan peralatan elektronik saat penerbangan?

Peralatan elektronik yang dapat mengganggu navigasi pesawat ketika lepas landas dan mendarat harus dimatikan.


Apakah Citilink menyediakan bantal dan selimut saat penerbangan?

Citilink tidak menyediakan bantal dan selimut saat penerbangan.


Apakah jendela pesawat harus dibuka dan sandaran kuris ditegakkan saat lepas landas dan mendarat?

Demi keselematan penumpang, seluruh jendela harus dibuka dan sandaran kursi harus ditegakkan


Apakah merekam aktivitas cabin crew diperbolehkan saat penerbangan?

Saat penerbangan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka dilarang merekam aktifitas crew di dalam pesawat terkait penggunaan elektronik devices


Apa yang harus saya lakukan jika saya duduk dikursi darurat?

Jika anda menempati kursi dekat pintu darurat, anda akan diminta untuk membuka pintu darurat dan membantu awak pesawat pada saat pesawat dalam keadaan bahaya.

  1. Sesuai dengan ketentuan PKPS 121.585 (b) dan SE No.14 Tahun 2021, penggunaan Emergency Seat (kursi nomor 12 dan 14) dan 1 (satu) baris di depan atau 1 (satu) baris di belakang jendela darurat (kursi nomor 11 dan 15) tidak diperbolehkan untuk:
  • Penumpang wanita yang sedang hamil.
  • Penumpang yang bepergian dengan bayi.
  • Penumpang yang memiliki keterbatasan gerak (Obesitas).
  • Penumpang yang memerlukan kebutuhan khusus (penyandang disabilitas).
  • Penumpang dibawah 15 tahun.
  • Penumpang lansia (lanjut usia).
  • Penumpang yang tidak dapat memahami instruksi awak kabin.
  • Penumpang yang tidak bersedia membantu.


Criteria

Penumpang yang duduk di baris pintu keluar darurat HARUS memenuhi kriteria berikut ini:

 

  1. Bersedia membantu awak kabin dalam keadaan darurat
  2. Berusia 15 tahun ke atas
  3. Mampu membaca dan memahami instruksi dalam keadaan darurat
  4. Sehat fisik dan mental untuk membantu awak kabin dalam keadaan darurat
  5. Tidak dalam keadaan hamil usia berapa pun
  6. Tidak bepergian dengan bayi dan

Awak kabin kami berhak menunjuk tempat duduk baru di dalam pesawat jika penumpang tidak memenuhi kriteria di atas.

  • SE 14 Implementation

    Ketentuan untuk emergency exit seat juga berlaku untuk 1 baris di depan dan 1 baris di belakang jendela darurat, yaitu tempat duduk nomor 11 dan 15 (A320) dan baris nomor 2 (ATR 72-600).

  • How do I book a seat?

Penumpang dapat melakukan pemesanan kursi nomor 11 & 15 (A320) dan kursi nomor 2 untuk (ATR 72-600) melaui website Citilink, mobile apps atau OTA selama penumpang dapat memenuhi kriteria

Catatan *)

Check-in tidak dapat dilakukan melalui website Citilink, aplikasi Better Apss/Self Check-in kiosk atau aplikasi OTA

Baby Bassinet di pesawat

Citilink tidak memiliki layanan baby bassinet (keranjang bayi).

 

Sabuk pengaman bayi (Infant Belt) dan pelampung untuk bayi
Sabuk pengaman bayi (Infant Belt) dan baju pelampung untuk bayi tersedia di semua pesawat dan akan dibagikan oleh Awak Kabin pada saat boarding.

 

Ruang ganti popok bayi di dalam pesawat
Apabila dibutuhkan, Ibu yang membawa bayi dapat menggunakan meja lipat khusus untuk mengganti popok yang terdapat di Kamar Kecil (lavatory).

 

Makanan Bayi
Citilink tidak menyediakan layanan makanan bayi di dalam pesawat. Ibu yang bepergian dengan bayi, dapat membawa sendiri makanan bayi tersebut.

 

Kereta dorong bayi
Kereta dorong bayi dapat digunakan hingga pintu sebelum masuk pesawat dan terdaftar sebagai bagasi tercatat. Kereta dorong bayi dapat diambil di bawah tangga, di luar pintu pesawat atau di area pengambilan bagasi. Tergantung kondisi bandara.

Kereta bayi lipat diperbolehkan untuk dibawa ke dalam pesawat sebagai bagasi kabin selama ukuran dan atau beratnya tidak melebihi kebijakan bagasi kabin yaitu seberat 7 (tujuh) kilo dan atau dimensi 56 x 36 x 23.

Apakah dapat meminta air panas untuk membuat susu bayi?
Bisa

Apakah menyediakan susu dan popok untuk bayi?
Tidak

Makanan vegetarian di pesawat

Citilink menyediakan makanan vegetarian dipesawat dengan sistem pre-booked meal. Penumpang dapat memesan terlebih dahulu makanan tersebut pada saat reservasi sebelum penerbangan. Silahkan mendownload e-catalog pada website dan mobile apps kami untuk melihat menu yang disediakan.

 

Makanan anak di pesawat.
Citilink menyediakan makanan anak di pesawat dengan sistem pre-booked meal. Penumpang dapat memesan terlebih dahulu makanan tersebut pada saat reservasi sebelum penerbangan. Silahkan mendownload e-catalog pada website dan mobile apps kami untuk melihat menu yang disediakan.

Aturan terkait physical distancing di dalam pesawat.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 13 Tahun 2020 angka 4, huruf a, butir 12, untuk ketentuan mengenai penerapan prinsip jaga jarak (physical distancing) di dalam pesawat udara kategori jet transport, narrow body dan wide body yang digunakan untuk kegiatan angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri sesuai dengan konfigurasi tempat duduk dan pengaturan kursi penumpang (seat arrangement) tidak diberlakukan.

Citilink tetap menyediakan 3 (tiga) baris kursi yang diperuntukan sebagai area karantina bagi penumpang yang mendadak mengalami gangguan kesehatan pada saat penerbangan (in-flight).

Untuk tetap menjalankan protokol kesehatan selama penerbangan, Awak Kabin tetap akan memberikan anjuran kepada penumpang untuk menjaga jarak (physical distancing) selama naik ke pesawat, antrian kamar kecil (lavatory) dan pada turun dari pesawat.

 

Aturan terkait makan dan minum pada masa pandemi COVID 19.
Sesuai dengan SE 22 Tahun 2020, untuk penerbangan di bawah 2 (dua) jam, penumpang tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan, terkecuali bagi penumpang yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan penumpang tersebut.

Awak kabin tetap akan membagikan makanan dan minuman bagi penumpang yang telah memesan makanan pada saat reservasi (prebooked meal) dan pembelian kursi di area Green Zone (GZN) dan Regular Zone (RZN) untuk dapat dikonsumsi di bandara tujuan.

Apa Itu Unaccompanied minor (UM)?

Unaccompanied minor (UM) adalah anak berusia 6-12 tahun, dalam kondisi fisik maupun mental normal dan sehat, yang bepergian menggunakan pesawat dengan tidak didampingi oleh orang dewasa (anggota keluarga/kerabat).

UM yang diregistrasikan akan mendapatkan tanda pengenal berupa name tag atau stiker, dan akan didampingi oleh petugas darat, mulai dari proses check-in sampai dengan proses serah terima dengan anggota keluarga di terminal kedatangan.

 

Ketentuan Unaccompanied minor (UM) adalah:

  1. Penumpang UM saat melakukan booking/travelling berusia mulai dari 6 tahun sampai 12 tahun. Penumpang UM diterima dalam penerbangan Citilink Indonesia untuk domestik maupun internasional.
  2. Penumpang UM harus dalam keadaan sehat fisik dan mental.
  3. Harus ada pemesanan tempat duduk terlebih dahulu (confirmed booking).
  4. Confirmed booking berlaku point to point, untuk transit : hari yang sama/pesawat yang sama atau bermalam (over night) tidak dizinkan/tidak diperkenankan.
  5. Pengangkutan berlaku dari Bandara ke Bandara. Nama UM harus sesuai dan valid untuk penerbangan yang tertera pada dokumen/tiket.
  6. Penanganan/handling prosess terhadap UM dikenakan biaya sesuai ketentuan yang diberlakukan.
  7. Memastikan data penjemput dan mencatat secara lengkap siapa orang yang akan menjemput di station tujuan.
  8. Bila UM tidak ada penjemput dan atau tidak sesuai dengan data penjemput sebelumnya di kedatangan, agar UM tersebut dikembalikan ke station original pada kesempatan pertama, biaya yang timbul dibebankan kepada penumpang/orang tua/keluarga.

 

Biaya yang dikenakan untuk Unaccompanied minor (UM)

Biaya UM yang dikenakan adalah Rp 150.000 per orang untuk satu kali jalan, di mana biaya ini sudah termasuk duduk di Green Seat (baris 2-5) agar mudah dimonitor oleh awak kabin.

Berapa limit bagasi untuk penumpang Citilink?

Anda akan mendapatkan bagasi gratis 20kg per penumpang per penerbangan Domestik, dan maksimum 7kg untuk hand-carry di dalam cabin dan penumpang ATR mendapatkan 10 kg,untuk setiap penumpang dewasa dan anak-anak. Tidak ada bagasi gratis untuk infant. Jika anda memiliki kelebihan bagasi, maka biaya kelebihan bagasi akan ditambahkan. (Lihat ke biaya-biaya).

Setiap bagasi yang didaftarkan tidak boleh melebihi ukuran 81cm (T) x 119cm (L) x 119  cm (D) dan berat 32kg. Catatan: Berat bagasi yang didaftarkan hanya dapat digunakan bersama penumpang yang memiliki nomor pembelian tiket yang sama. Setiap barang tidak boleh memiliki berat di atas 32kg dan harus memenuhi persyaratan dinas kesehatan dan keselamatan.

Setiap penumpang diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dan 1 tas laptop atau satu tas tangan ke dalam pesawat.Bagasi kabin utama besarnya harus tidak melebihi ukuran 56cmx36cmx23cm dan 41 cm x 34 cm x 17 cm (Untuk penerbangan dengan pesawat ATR) dan beratnya tidak lebih dari 7kg. Bagasi ini harus muat untuk ditaruh di bawah kursi di depan penumpang atau di kompartemen atas.


Barang penumpang tertinggal di bandara keberangkatan. Bagaimana cara penumpang menghubungi bagian kantor kehilangan barang (Lost & Found) Citilink?

Untuk bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, silahkan hubungi 021-55913952 untuk keberangkatan domestik.

Untuk kota tujuan lain silahkan hubungi Call Center kami di nomor 0804 1 08 08 08, atau kontak langsung bagian Kehilangan Barang (Lost & Found) diterminal kedatangan.

Setibanya di terminal kedatangan, segera melaporkan kehilangan / kerusakan bagasi anda kebagian Lost & Found supaya segera dibuatkan PIR (‎Property Irregularity report) yang akan diinput kedalam system tracing bagasi kami untuk dilakukan investigasi.

Kami mengingatkan kepada seluruh penumpang Citilink untuk tidak menyimpan‎/menaruh barang berharga didalam tas bagasi sebelum barangnya dimasukan kedalam check in bagasi. Karena jika terjadi kehilangan barang berharga yang disimpan didalam bagasi tersebut kami tidak bertanggung jawab. (info terdapat di setiap check in counter berupa signage).  

Jika saya tidak membuat laporan kehilangan atau kerusakan bagasi tercatat pada terminal kedatangan,dan baru akan melaporkannya kembali setelah saya sampai dirumah, apa yang harus saya lakukan?

Apabila  Anda ingin mengajukan klaim  mengenai bagasi tercatat yang hilang atau rusak dan anda baru akan melaporkan klaim bagasi anda  setelah meninggalkan tempat pengambilan bagasi di terminal  kedatangan atau bandara, atau sesudah anda sampai dirumah, maka anda tidak dapat melakukan klaim. (laporannya tidak bisa dijadikan bukti pertanggung jawaban)

Apa yang harus saya lakukan bila bagasi saya mengalami kerusakan?

Sebelum meninggalkan terminal kedatangan, pastikan bagasi Anda dalam kondisi yang baik. Jika Anda menemukan kerusakan, sebelum meninggalkan terminal kedatangan, pastikan Anda membuat laporan ke Bagian Kehilangan untuk domestik atau internasional untuk mendapatkan bukti Laporan Kerusakan Barang (PIR). Petugas Baggage Service atau Lost & Found akan mengidentifikasi tingkat kerusakannya Minor atau Major untuk menentukan nilai kompensasinya, merujuk aturan dan prosedur yang berlaku pada Penerbangan Citilink. Jika laporan Anda dibuat setelah anda meninggalkan terminal. Petugas kami membuat laporan sebagai ganti dari PIR. Bagaimanapun juga dokumen Laporan kehilangan ini tidak dapat digunakan sebagai bukti pertanggung jawaban.

Berapa banyak barang bawaan yang boleh saya bawa ke dalam cabin pesawat?

Penumpang Kelas Ekonomi (kecuali bayi) diperbolehkan membawa barang bawaan hingga seberat 7 kg dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm (Untuk penerbangan dengan pesawat A-320) dan 41 cm x 34 cm x 17 cm (Untuk penerbangan dengan pesawat ATR) di kabin Citilink. Berat barang bawaan di kabin tidak boleh melebihi 7 kg. Tas beroda boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas. Sebagai tambahan, Anda boleh membawa kotak peralatan kosmetik atau laptop. Bagasi ini harus cukup  untuk ditaruh di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen atas.

Berapa banyak barang bawaan yang boleh saya bawa kedalam bagasi tercatat check in baggage (free baggage allowance)?

Bagasi yang bisa dimasukan kedalam bagasi terdaftar (check in baggage) sebagai free baggage allowance adalah sebanyak 20 kg (Domestik) / penumpang.

Dan dimensinya tidak boleh melebihi ukuran 81 cm (T) x 119 cm (L) x 119cm (D) dan jika ada kelebihan bagasi, beratnya tidak boleh melebihi 32kg. (dengan tariff kelebihan bagasi yang berlaku).

Apa yang akan terjadi bila bagasi saya terlambat sampai?

Pastikan Anda segera melapor untuk mendapatkan bukti laporan (PIR) dari petugas kami di bagian Barang Kehilangan (Lost & Found).

Isi bagasi saya yang disimpan didalam bagasi terdaftar (check in baggage) ada yang hilang, apakah saya bisa mengajukan klaim dan meminta penggantian kepada Citilink?

Mohon maaf kami tidak dapat memberikan penggantian jika ada isi dari bagasi terdaftar (check in baggage) ada yang hilang. Karena kami sudah mengingatkan kepada seluruh penumpang Citilink untuk tidak menyimpan‎/menaruh barang berharga / dokumen penting  didalam tas bagasi sebelum barangnya dimasukan kedalam check in bagasi. Karena jika terjadi kehilangan barang berharga yang disimpan didalam bagasi tersebut kami tidak bertanggung jawab. (info terdapat di setiap check in counter berupa signage). 

Apa yang akan terjadi pada bagasi saya ketika saya memiliki connecting flight?

Ketika anda memiliki connecting flight bagasi akan terbawa secara otomatis ke penerbangan akhir anda dengan melaporkan kepada petugas saat di konter check in tempat asal keberangkatan anda bahwa anda memiliki connecting flight


Membawa binatang peliharaan?

Tidak diperbolehkan


Membawa tanaman/bunga?

Citilink Indonesia tidak menerima tanaman sebagai bagasi tercatat. Namun apabila penumpang memerlukan untuk membawa tanaman hidup, dapat menghubungi Cargo Agent Citilink yang berada di kota masing-masing atau dengan mengunjungi link berikut : https://www.citilink.co.id/citilink-cargo/ .

Namun khusus untuk hand bouquet (bunga hidup) dapat dibawa dan wajib diletakkan di dalam bagasi kabin dengan ketentuan :

  1. Rangkaian bunga/bunga buket diperuntukkan sebagai buah tangan / souvenir.
  2. Rangkaian bunga / bunga buket / bunga potong sebatas bawaan tangan/ hand held bouquet
  3. Rangkaian Bunga / Bunga buket tidak melebihi 20 batang / tangkai yang dibawa penumpang dan disesuaikan dengan ketentuan / ukuran (panjang maximum 40 cm), jika kondisi luggage bin penuh, bunga buket agar ditempatkan di underseat penumpang
  4. Penumpang hanya diizinkan membawa 1 (satu) bouquet bunga dan maximum dalam cabin diizinkan berjumlah 5 (lima) bouquet dalam satu penerbangan.
  5. Rangkaian bunga tidak mengandung tanah dan tidak terdapat air pada kemasan tersebut.
  6. Packing bunga dalam kotak / wrap plastik atau bentuk lain untuk melindungi dari kondisi rusak, dengan ukuran tidak melebihi ketentuan bagasi kabin.
  7. Rangkaian bunga dipastikan dalam kemasan yang baik dan tidak menimbulkan bau serta
  8. dapat di letakkan dalam tas (paper bag).
  9. Bunga yang dibawa tidak termasuk tanaman yang dilindungi oleh hukum. (Antara lain: Anggrek hitam, Kantong semar, anggrek tebu/macan, Bunga edelweis)
  10. Sudah memperoleh ijin dari otoritas Bandara setempat (Karantina).


Membawa Balon?

Tidak diperbolehkan

Membawa peralatan medis kedalam bagasi pesawat?

Penumpang wajib untuk menghubungi Customer Service Citilink yang berada di Bandara keberangkatan paling lambat 1 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan dan pastikan beratnya tidak lebih dari 5Kg.



Bagaimana jika saya membawa sampel/plasma darah dalam penerbangan?

Penumpang diperbolehkan membawa sampel/plasma darah sebagai bagasi tercatat selama packaging sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh maskapai. Penumpang juga wajib untuk memberikan bukti berupa surat keterangan dari Laboratorium atau Laboraturium Rumah Sakit bahwa sampel/plasma darah tersebut tidak mengandung infectious material/bahan menular.


Ketentuan apa saja yang diperlukan untuk membawa Plasma Darah?
Plasma darah harus dikemas dengan baik menggunakan wadah kedap, tidak bocor, dan tidak mengeluarkan cairan. Umumnya plasma darah dikemas bersamaan dengan menggunakan dry ice, dengan maksimum berat dry ice yang diperbolehkan adalah 2,5 kg/penumpang.


Bolehkah membawa alat elektronik dengan baterai atau alat elektronik lainnya?
Untuk elektronik dengan baterai, pastikan baterai terpisah dari perangkat dan dibawa dalam kabin bagasi.

Untuk Portable Electronic Device, ketentuan daya adalah sebesar 12V atau 100Wh, dengan maksimum 2 spare baterai dengan ukuran yang sama, harus diletakkan dengan separator (umumnya dengan menggunakan tas drone atau kamera dengan separator). Apabila dimensi total dibawah ketentuan kabin, maka alat tersebut dapat masuk ke dalam bagasi kabin. Apabila melebihi ketentuan bagasi kabin, maka barang tersebut masuk kedalam bagasi tercatat.



Membawa spray/semprotan?

Jenis spray yang standard atau tidak mengandung gas (seperti contoh aerosol) diperbolehkan untuk dibawa dalam bagasi kabin.



Membawa peralatan musik?

Peralatan musik dapat dibawa selama diletakkan dalam protective case/tempat pelindung dan diletakkan dalam bagasi tercatat dengan label “FRAGILE”. Penumpang wajib untuk melakukan request/permintaan di counter baggage drop atau check-in counter saat menyerahkan bagasi.



Bolehkah membawa cairan kedalam kabin?

Cairan tersebut diharuskan berada dalam wadah botol dengan maksimum volume adalah 100ml, dan dapat dimasukkan dalam tas plastik transparan ukuran 1 liter yang dapat ditutup Kembali (zipper bag). Tas plastik harus ditunjukkan secara terpisah pada saat pemeriksaan.  Penumpang akan diminta untuk membuang cairan-cairan yang tidak memenuhi persyaratan di atas.



Bolehkah membawa barang mudah rusak atau mudah kadaluarsa seperti makanan basah dan oleh-oleh kedalam bagasi kabin?

Penumpang dapat membawa makanan dan minuman yang termasuk dalam kategori barang mudah rusak, namun harus dipastikan terlebih dahulu untuk kemasan tidak mudah bocor, tidak mengeluarkan bau, berat tidak melebihi ketentuan berat & dimensi bagasi kabin. Apabila melebihi ketentuan maka termasuk kedalam bagasi tercatat.


Apakah air zamzam sudah termasuk kedalam bagasi gratis 20kg?

Air zamzam masuk ke dalam jatah bagasi, kecuali pada penerbangan charter umroh akan diberikan gratis tambahan 5kg untuk Air Zamzam.



Bolehkah membawa peralatan olahraga kedalam bagasi kabin?

Peralatan olahraga dikategorikan sebagai bagasi olahraga, sehingga tidak dapat dibawa ke dalam bagasi kabin. Untuk keterangan lebih lanjut, Penumpang dapat mengakses link berikut: https://www.citilink.co.id/fees. Atau, Penumpang dapat menjadi member CitiSport untuk membawa bagasi olahraga secara gratis! Untuk keterangan lebih lanjut, Penumpang dapat mengakses link berikut: https://www.citilink.co.id/citisport



Bolehkah membawa peralatan bayi seperti stroller dan car seat kedalam bagasi kabin? Dan bolehkah dibawa jika tidak bersama bayinya?

Stroller bayi masuk ke dalam bagasi 20kg, termasuk apabila tidak membawa bayi. Pastikan ukuran sesuai dengan standar bagasi kabin, dan bukan merupakan benda tajam. Apabila melebihi ketentuan ukuran bagasi kabin maka barang tersebut termasuk ke dalam bagasi tercatat.


Membawa thermometer?

Thermometer (medical/clinical), yang mengandung mercury, hanya boleh dibawa 1 pcs/orang untuk penggunaan pribadi (bukan industrial dll) dan harus dibawa bersamaan dengan protective case/tempat pelindung.


Bolehkah membawa Kursi Roda pribadi kedalam kabin?

Untuk kursi roda tidak termasuk dalam kriteria bagasi kabin, melainkan termasuk dalam bagasi tercatat.



Bolehkan membawa peralatan perkakas kedalam bagasi kabin?

Perkakas termasuk ke dalam bagasi tercatat (tidak untuk bagasi kabin). Pastikan perkakas berada di dalam toolbox atau wadah yang tidak mudah sobek. Ini untuk menghindari hazard bagi bagasi penumpang lain atau merusak struktur pada kompartemen pesawat.



Bolehkah membawa sepeda lipat ke dalam kabin?

Sepeda lipat tidak termasuk dalam ketentuan bagasi kabin maupun bagasi regular, melainkan bagasi olahraga atau Sport Baggage. Untuk keterangan lebih lanjut, Penumpang dapat mengakses link berikut: https://www.citilink.co.id/fees. Atau, Penumpang dapat menjadi member LinkSport untuk membawa bagasi olahraga secara gratis! Untuk keterangan lebih lanjut, Penumpang dapat mengakses link berikut: https://www.citilink.co.id/linksport.

Komunikasi

Bagaimana cara saya menghubungi departemen komunikasi dari Citilink? Untuk keperluan media, silahkan menghubungi jktdsqg@citilink.co.id. Sedangkan untuk keperluan kerjasama, silahkan menghubungi kami di contact.citilink.co.id

Ingin mendaftar sebagai travel agent?

Kirim email ke partneroperation@citilink.co.id untuk mendaftar sebagai travel agent