FAQ

Frequently Asked Question About LinkMiles

Tentang LinkMiles

LinkMiles adalah Program Loyalty untuk pelanggan setia Citilink Indonesia. 

Setiap keanggotaan LinkMiles akan memperoleh miles, yaitu satuan yang diperoleh setiap kali terbang pada eligible flight Citilink dan/atau bertransaksi dengan mitra dalam program LinkMiles.

Masa berlaku miles adalah 2 (dua) tahun sejak dikreditkan ke akun keanggotaan LinkMiles.

Setiap keanggotaan LinkMiles akan memperoleh miles untuk setiap penerbangan pada eligible flight Citilink.

Keanggotaan LinkMiles juga dapat menikmati layanan eksklusif, seperti: priority boarding, priority check-in, reschedule dan ekstra bagasi. Mendapatkan berbagai potongan harga untuk pemesanan pre book meals, pilih kursi greenzone atau regular zone dan lounge

Pendaftaran keanggotaan LinkMiles dapat dilakukan melalui aplikasi dan website Citilink (m-member.citilink.co.id/app/auth/signin). Keanggotaan LinkMiles akan mendapatkan nomor kartu setelah pendaftaran berhasil.

 

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar keanggotaan LinkMiles melalui aplikasi Citilink:

  1. Unduh aplikasi Citilink versi terbaru melalui Google Play atau App Store.
  2. Klik "Punya LinkMiles?" atau klik ikon "LinkMiles" pada menu "Produk Lain".
  3. Pilih "Daftar Akun Sekarang" dan lengkapi data diri.
  4. Buat "Sandi Anda" berisi setidaknya panjang minimal 8 karakter dan maksimal 16 karakter. Berisi setidaknya huruf kecil, besar, angka, dan simbol dengan contoh sebagai: Citilink24@
  5. Cek email aktivasi LinkMiles pada email Anda klik "Aktivasi Sekarang".
  6. Masuk kembali aplikasi Citilink dan lakukan "Sign In".
  7. Setelah berhasil terdaftar sebagai member LinkMiles dan mendapatkan Bonus 200 Mileage LinkMiles (dengan kadaluwarsa selama 1 (satu) tahun.
  8. Pendaftaran LinkMiles tidak dipungut biaya.
  9. Kartu keanggotaan LinkMiles hanya berupa elektronik card yang tertera di aplikasi Citilink.

 

 Berikut langkah-langkah diwebsite Citilink (m-member.citilink.co.id/app/auth/signin):

  1. Kunjungi website Citilink citilink.co.id.
  2. Pilih icon “Profil”, lalu “Daftar Member”.
  3. Pilih "Daftar Akun Sekarang" dan lengkapi data diri.
  4. Buat "Sandi Anda" berisi setidaknya panjang minimal 8 karakter dan maksimal 16 karakter. Berisi setidaknya huruf kecil, besar, angka, dan simbol dengan contoh sebagai: Citilink24@
  5. Cek email aktivasi LinkMiles pada email Anda klik "Aktivasi Sekarang".
  6. Masuk kembali website Citilink dan lakukan "Sign In".
  7. Setelah berhasil terdaftar sebagai member LinkMiles dan mendapatkan Bonus 200 Mileage LinkMiles (dengan kadaluwarsa selama 1 (satu) tahun.
  8. Pendaftaran LinkMiles tidak dipungut biaya.
  9. Kartu keanggotaan LinkMiles hanya berupa elektronik card yang tertera di aplikasi Citilink.

Jika gagal melakukan aktivasi dapat melampirkan alamat email yang terdaftar pada keanggotaan LinkMiles dan melampirkan email tersebut ke Customercare@citilink.co.id.

Perbaharui profil data keanggotaan LinkMiles dapat dilakukan melalui aplikasi Citilink. Berikut langkah-langkah untuk perbarui profil melalui aplikasi Citilink:

  1. Unduh aplikasi Citilink pada ponsel Anda.
  2. Login menggunakan akun LinkMiles Anda.
  3. Setelah proses login berhasil, klik "Akun".
  4. Klik “Profile”.
  5. Klik “Change” pada data yang ingin diperbarui.
  6. Masukkan perubahan data Anda, kemudian klik “Save”.

*Jika terdapat penggabungan akun LinkMiles, perubahan nama dan tanggal lahir, maka member dapat mengajukan permohonan melalui email customercare@citilink.co.id.

Jika mengalami kendala login di aplikasi Citilink, Berikut langkah-langkah untuk reset password melalui aplikasi Citilink:

  1. Buka aplikasi Citilink kemudian klik "Lupa sandi?".
  2. “Masukkan Alamat Email Anda” Pastikan akun terdaftar dan klik “Lanjut” .
  3. Cek email “Reset Password Anda Disini” yang dikirimkan ke email Anda.
  4. Klik "Reset Password" pada email yang diterima.
  5. Masukkan kata sandi baru Anda.
  6. Simpan.

LinkMiles memiliki 5 (lima) tingkatan keanggotaan, seperti:

  1. Newbie Greeners.
  2. HighFlyer Greeners < 4.000 miles.
  3. Elite Greeners < 12.000 miles.
  4. Crown Greeners < 24.000 miles.
  5. Crown+ (segera hadir).

Cara Memperoleh dan Klaim Mileage

  • Anda harus menjadi member LinkMiles terlebih dahulu sebelum melakukan penerbangan.
  • Pastikan nama dan email pada saat reservasi sesuai dengan nama dan email pada keanggotaan LinkMiles.
  • Jika Anda melakukan penerbangan dan transit pada penerbangan, miles yang dapat diklaim hanya jarak keberangkatan sampai dengan kedatangan.
  • Klaim miles diproses paling lambat minimal dilakukan 3 x 24 jam di hari kerja (Senin - Jumat).
  • *Klaim berlaku pada semua kelas penerbangan. Kecuali penerbangan dengan penggunaan promo pada Online Travel Agent.

Klaim miles pada penerbangan Citilink dapat dilakukan selambat-lambatnya 6 (enam) bulan setelah aktivitas penerbangan.

*Perlu diketahui bahwa tidak semua tiket penerbangan Citilink akan mendapatkan miles karena pemberian miles ditentukan berdasarkan tiket pada kelas penerbangan yang Anda beli.

Jika Anda telah terdaftar menjadi member LinkMiles, Anda dapat memperoleh miles secara otomatis (real-time) ketika melakukan penerbangan, dengan syarat nama dan email pada reservasi tiket sesuai dengan nama dan email yang telah didaftarkan pada akun member LinkMiles.

Mileage yang tidak masuk secara otomatis ke akun keanggotaan, dapat di klaim melalui cara sebagai berikut:

Langkah-langkah claim missing mileage melalui aplikasi Citilink:

  1. Unduh aplikasi Citilink pada ponsel Anda.
  2. Masuk ke aplikasi Citilink dan klik "Akun".
  3. Klik “LinkMiles & Referrals” selanjutnya pilih"Klaim Mileage".
  4. Lengkapi data “Kode Booking”, kemudian klik “Cari Penerbangan”
  5. Setelah berhasil, Anda mendapatkan email notifikasi.
  6. Anda dapat mengecek claim missing mileage yang sudah berhasil dengan cara Klik tab "Akun" selanjutnya klik “LinkMiles & Referrals” lalu pilih"Histori Transaksi".

*Claim mileage tidak dipungut biaya.

 

Atau melalui email:
Lampirkan foto boarding pass dan kartu keanggotaan LinkMiles melalui email Customercare@citilink.co.id.  
**Berlaku pembelian di channel Online Travel Agent.

Tier keanggotaan LinkMiles dapat ditingkatkan dengan mengumpulkan frekuensi penerbangan atau tier miles yang diperoleh dari eligible flight Citilink selama 1 periode aktivitas terakhir.

  • Untuk mencapai keanggotaan HighFlyer Greeners Anda harus mengumpulkan 4,000 Tier Miles atau mengumpulkan 80 Flight Frequency Score.
  • Untuk mencapai keanggotaan Elite Greeners Anda harus mengumpulkan 12,000 Tier Miles mengumpulkan 180 Flight Frequency Score.
  • Untuk mencapai keanggotaan Crown Greeners Anda harus mengumpulkan 24,000 Tier Miles.

 

Berdasarkan perhitungan di atas diperoleh dari frekuensi penerbangan yang dilakukan oleh Anda. Tier miles adalah miles yang diperoleh setiap penerbangan dengan Citilink. Flight frequency score ditentukan berdasarkan jarak tempuh dari rute penerbangan Citilink sesuai dengan masing-masing subclass.

  • Keanggotaan LinkMiles tidak akan expired meskipun ada atau tidak adanya aktivitas penerbangan atau pun tidak pernah login kedalam akun LinkMiles.
  • Tingkatan/tier keanggotaan dapat turun/downgrade 1 (satu) level kebawah jika tidak ada aktivitas penerbangan selama 1 (satu) tahun.

Anda tidak bisa melakukan klaim miles jika tidak melakukan penerbangan. Klaim miles hanya dapat dilakukan jika status penerbangan flown (sudah terbang).

Masa berlaku miles selama 2 (dua) tahun.


Informasi Award Ticket

Penukaran miles yang sudah dikumpulkan pada akun LinkMiles dapat dilakukan melalui aplikasi Citilink. Langkah-langkah tukar award ticket melalui aplikasi Citilink:

  1. Buka aplikasi Citilink. Checklist “Gunakan LinkMiles” Anda untuk penukaran.
  2. Pilih jadwal penerbangan dan “Temukan Penerbangan”.
  3. Pilih jadwal penerbangan dan pastikan cukup “Jumlah Miles” yang ditukarkan.
  4. “Pilih paket” yang di inginkan.
  5. Pastikan data “Order Form” Citilinkers sudah lengkap dan sesuai.
  6. Temukan “Produk Tambahan” layanan penerbangan.
  7. Pilih “Metode Pembayaran”.
  8. Bayar menggunakan sesuai metode pembayaran yang di pilih.
  9. Transaksi berhasil.

Permohonan pembatalan untuk award ticket penerbangan Citilink dapat dilakukan dengan mengirimkan email ke (Customercare@citilink.co.id).

Pengajuan refund akan otomatis dibatalkan jika dokumen pendukung refund tidak dikirimkan kembali ke Citilink dalam waktu 2x24 jam. Untuk tiap pembatalan penerbangan award ticket akan dikenakan pemotongan miles sebesar 20% (dua puluh persen) dari total nilai miles dan pengajuan pembatalan award ticket dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum penerbangan awal.

Saat menukarkan miles menjadi award ticket, keanggotaan LinkMiles dibebankan atas pembayaran rupa-rupa pajak setempat, pajak negara tambahan, biaya asuransi, fuel surcharge, dan/atau biaya tambahan lainnya yang ditentukan oleh Citilink ataupun maskapai partner Citilink. Untuk penukaran award ticket, keanggotaan LinkMiles pada penerbangan Citilink akan dibebankan administration fee baik untuk fresh issue maupun rebook sebagai berikut:

- IDR 75,000 per booking code untuk award ticket yang dikeluarkan oleh situs (m-member.citilink.co.id).

Tiket yang dibeli menggunakan miles (award ticket) pada penerbangan Citilink tidak dapat dilakukan perubahan rute penerbangan dan tidak dapat dilakukan perubahan jadwal penerbangan.

  • Jika terjadi keterlambatan jadwal penerbangan, penumpang dengan award ticket akan mendapatkan kompensasi yang sama seperti penumpang regular
  • Jika terjadi pembatalan penerbangan dan seluruh penumpang regular diberikan endorsement (transfer ke penerbangan maskapai lain), maka penumpang dengan award ticket akan mendapatkan endorsement sama seperti penumpang regular
  • Jika terjadi pembatalan penerbangan oleh Citilink, biaya administrasi sebesar Rp 75.000 akan dikembalikan 100%. Mohon untuk konfirmasi email ke (Customercare@citilink.co.id).
  • Jika terjadi pembatalan penerbangan oleh Citilink, miles yang telah dipotong akan dikembalikan 100%. Mohon untuk konfirmasi email ke (Customercare@citilink.co.id).

Tentang GarudaMiles

Anda hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) nomor keanggotaan LinkMiles. Apabila Anda memiliki lebih dari 1 (satu) nomor keanggotaan LinkMiles, maka hanya salah satu nomor yang dapat diakui. Miles yang terdapat dalam masing-masing kartu keanggotaan dapat digabungkan dalam kartu yang diakui. Untuk melakukan penggabungan akun, silakan hubungi Customercare@citilink.co.id.

Miles penerbangan tidak dapat diberikan ke anggota lain. Namun Anda dapat memberikan hasil penukaran miles berupa award ticket Citilink.

Ya, perlu mendaftarkan keanggotaan LinkMiles melalui aplikasi Citilink.

Keanggotaan GarudaMiles yang sudah berada ditingkatan keanggotaan tertentu pada GarudaMiles, ketika melakukan registrasi ke LinkMiles maka tingkatan keanggotaan GarudaMiles tersebut tidak berlaku dan akan memulai di tingkatan awal pada keanggotaan LinkMiles yaitu Newbie Greeners.

Miles GarudaMiles yang sudah dikumpulkan oleh keanggotaan saat ini tidak dapat digunakan untuk penukaran ke tiket penerbangan Citilink namun tetap dapat digunakan untuk ditukarkan ke tiket penerbangan Garuda Indonesia. Penukaran miles tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi mobile “Fly Garuda” dan melalui website www.garuda-indonesia.com.

Miles yang dapat diklaim hanya ketika sudah aktif menjadi keanggotaan LinkMiles.

 

Kembali ke halaman utama LinkMiles

Untuk Anda yang belum bergabung menjadi anggota LinkMiles, registrasi sekarang dan jangan lewatkan penawaran spesial ini. Kunjungi: https://m-member.citilink.co.id/app/home

Download Aplikasi Citilink

#BetterFlyCitilink