event icon Press Release

Bisnis Indonesia, Tempo, dan Bloomberg TV Raih Penghargaan Tertinggi Citilink Journalist Award 2014

img21
  • Jakarta, 27 November 2014 – Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia menggelar Citilink Journalist Award (CJA) 2014 sebagai ajang tahunan pemberian penghargaan terhadap profesi jurnalis dan organisasi media dan kali ini berhasil menetapkan Bisnis Indonesia, Tempo, dan Bloomberg TV sebagai juara dalam kategori foto media cetak, feature media cetak & online, berita TV.

    Sedangkan sejumlah media massa lainnya yaitu Antaranews, Jakarta Post, dan Merdeka.com meraih peringkat teratas dalam kategori yang berbeda, masing-masing untuk kategori berita media online, media cetak, karya foto berita media online.

    “Acara ini merupakan penghargaan terhadap insan pers karena kami sadar pentingnya peran media dalam memengaruhi maju ataupun mundurnya dunia penerbangan. Oleh sebab itu, peningkatan kualitas media juga perlu didorong sehingga mampu memberikan pemahaman yang jelas terhadap airlines”, kata Ketua Panitia Citilink Journalist Award, Benny S. Butarbutar.

    Benny mengatakan seluruh proses penyelenggaraan bersifat independen dari keterlibatan manajemen Citilink guna memastikan para pemenangnya sepenuhnya bergantung pada pertimbangan dan standar jurnalistik. Apalagi dalam pelaksanaannya dewan juri mencontoh model pengumpulan naskah a la Pulitzer.

    Adapun naskah yang masuk sebanyak 5.064 naskah dan karya jurnalistik yang meliputi media cetak, online, dan elektronik. Sementara dewan juri meliputi para tokoh pers senior yang diketuai oleh Dr. Ninok Leksono (Kompas). Anggota dewan juri lainnya adalah Toriq Hadad (Tempo), Don Bosco Selamun (Berita satu TV), Arief Budisusilo (Bisnis Indonesia), Arifin Asydhad (Detik.com), Arbain Rambey (Kompas) dan Oscar Motuloh (Antara Foto).

    Sementara itu Dr. Ninok Leksono mengatakan pertimbangan dewan juri mengambil contoh pengumpulan naskah a la Pulitzer guna menemukan ‘berlian’ yang tersembunyi atau karya-karya jurnalistik yang berkualitas. “Jadi kami tidak sekedar pasif menunggu kimiran naskah dari wartawan melainkan secara aktif mendatangi perpustakaan-perpustakaan besar hingga kantor-kantor media massa”.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, di Desember 2014 Citilink melayani 182 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan.

    Adapun kota-kota tujuan terseut adalah; Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makasar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan, Solo, Surabaya,dan Palangkaraya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink). Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain, dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut yaitu 2011, 2012, 2013, 2014 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.