event icon Press Release

BNP2TKI Tunjuk Citilink Penerbangan Resmi TKI Ke Asia

img21
  • Jakarta, 14 Maret 2014 – Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah (LCC) Citilink, mendapat kepercayaan Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan TKI (BNP2TKI) sebagai perusahaan penerbangan resmi untuk mengangkut tenaga keja Indonesia ke luar negeri dan dalam negeri, terutama kawasan Asia.

    Penunjukkan Citilink tersebut tertuang dalam MoU kedua pihak yang ditandatangi langsung oleh Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat dan CEO Citilink Arif Wibowo di gedung BNP2TKI di Jakarta, Jumat.

    CEO Citilink Arif Wibowo mengatakan, kerjasama ini merupakan wujud kepedulian Citilink dalam membantu tenaga kerja Indonesia mendapatkan kemudahan akses penerbangan sekaligus mengoptimalkan peran BNP2TKI untuk menjamin keamanan dan keselamatan kerja TKI di luar negeri.

    “Citilink membantu mengantar sampai ke tempat tujuan dan memudahkan proses pemesanan tiket hingga pelayanan selama keberangkatan dan selama penerbangan. Begitu juga validasi dokumen  kita bekerjasama dengan BNP2TKI,” kata Arif Wibowo.

    Sementara itu, Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan, pihaknya mengajak Citilink untuk ikut membantu program penempatan tenaga kerja untuk bisa langsung sampai ke majikannya sehingga bisa memberikan jaminan bagi keselamatan kerja TKI.

    “BNP2TKI membantu Citilink dengan menyediakan fasilias pemeriksaan dokumen serta penyebaran informasi terkait pelayanan TKI di dalam dan luar negeri,” kata Jumhur Hidayat.

    Sebelumnya pada Kamis (13 Maret 2014), manajemen Citilink bertemu dengan Sekretaris Daerah Pemprov Jawa Timur Akhmad Sukardi yang mendukung ekspansi bisnis Citilink ke luar negeri seperti Malaysia. Pemprov Jatim juga mengapresiasi layanan penempatan TKI sampai ke majikannya mengingat pekerja dari Jawa Timur cukup banyak ke Taiwan, Hong Kong, dan Malaysia.

    Hingga saat ini, Citilink mengoperasikan 24 armada Airbus A320 terbaru, dua di antaranya jenis Sharklets atau bersayap model sirip hiu. Seluruh armada tersebut adalah untuk melayani 28 rute domestik di 22 kota tujuan ke berbagai kota di wilayah Indonesia setiap harinya.

    Citilink meraih penghargaan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama tiga tahun yaitu 2011/2012, 2012/2013, dan 2013/2014 dari ITTA Foundation. Citilink telah menerbangkan 8 juta penumpang sejak pertengahan 2012 hingga akhir 2013. Hingga Januari 2014, Citilink mencatat tingkat keterisian pesawat hingga 85 persen dengan tingkat ketepatan waktu (OTP) 87 persen.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, di Desember 2014 Citilink melayani 182 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan.

    Adapun kota-kota tujuan terseut adalah; Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makasar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan, Solo, Surabaya,dan Palangkaraya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink). Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain, dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut yaitu 2011, 2012, 2013, 2014 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.