event icon Press Release

Citilink Gelar Ramp Safety Campaign, Tingkatkan Standar Keselamatan Di Bandara

img21
  • Jakarta, 20 Juni – Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah, Citilink menyelenggarakan Kampanye Keselamatan di Sisi Udara (Ramp Safety Campaign) di lingkungan Terminal 1C Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, guna meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan penerbangannya.

    “Citilink terus berupaya menajamkan standar keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang, kegiatan ini merupakan komitmen kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam hal keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata President & CEO Citilink Indonesia di Jakarta, Jumat.

    Arif menekankan bahwa prosedur keselamatan di sekitar Ramp Area (tempat aktifitas pesawat ketika boarding dan unload penumpang) sama pentingnya dengan prosedur dalam penerbangan serta kegiatan perawatan pesawat yang rutin.

    Kegiatan yang diluncurkan di Bandara Soekarno-Hatta tersebut akan diikuti oleh 25 peserta yang kemudian disusul oleh daerah-daerah lain di Indonesia. Para peserta yang menjadi fokus kampanye keselamatan adalah personel pemandu parkir pesawat udara, personel pelayanan garbarata, personel pengelola pemantau lingkungan, personel pertolongan kecelakaan penerbangan pemadam kebakaran, personel teknik, elektronika dan mekanik bandar udara, personel pengatur pergerakan pesawat udara, serta personel peralatan pelayanan darat pesawat udara.

    Citilink Ramp Safety Campaign merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh maskapai penerbangan di Indonesia, sebelumnya kegiatan serupa pernah diadakan oleh maskapai Korean Air dari Korea Selatan dan PT Angkasa Pura selaku operator bandara.

    International Air Transport Association (IATA) mencatat bahwa faktor human error merupakan penyebab utama dari kecelakaan di sekitar Ramp Area dengan persentase yang mencapai 92 persen dari insiden tersebut disebabkan oleh kurangnya training yang memadai, kondisi lapangan terbang, serta ketidakpatuhan terhadap prosedur.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, di Desember 2014 Citilink melayani 182 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan.

    Adapun kota-kota tujuan terseut adalah; Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makasar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan, Solo, Surabaya,dan Palangkaraya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink). Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain, dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut yaitu 2011, 2012, 2013, 2014 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.