event icon Press Release

Citilink Journalist Award 2014 Dorong Peningkatan Profesionalisme Wartawan

img21
  • Jakarta 28 Agustus 2014 – Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC), Citilink, kembali menggelar Citilink Journalist Award tahun 2014 sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Citilink terhadap profesionalisme wartawan di Indonesia terutama yang meliput di sektor penerbangan.

    “Citilink menilai peran media begitu sentral dalam kehidupan masyarakat demikian juga dalam dunia bisnis. Media merupakan agen perubahan dan agen pembangunan di Indonesia,” kata President & CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo, dalam acara jumpa pers di Jakarta, Kamis.

    Arif mengatakan Citilink memahami bahwa perkembangan media yang kini kian mengindustri, sehingga profesi jurnalis justru semakin dibutuhkan sebagai perwakilan dari aspirasi masyarakat.

    “Ajang ini merupakan bentuk apresiasi Citilink terhadap profesi jurnalis, mengingat pertumbuhan bisnis Citilink tidak lepas dari rekan-rekan jurnalis sekalian,” kata Arif yang juga ketua Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (INACA).

    Berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan tahun ini Citilink menambah kategori media televisi, setelah sebelumnya penghargaan terbagi untuk kategori media cetak (hard news dan feature), berita online, foto jurnalistik cetak dan online. Selain melakukan pemantauan berita yang dimulai sejak awal tahun, Citilink membuka kesempatan bagi wartawan yang ingin mengirimkan karya berita, foto, serta liputan televisi yang telah dipublikasikan di media massa sepanjang Januari – November 2014.

    Seleksi dan penilaian terhadap karya yang masuk akan dilakukan tim dewan juri yang terdiri dari sejumlah pakar di bidang jurnalistik yaitu Ninok Leksono (Wartawan Senior Kompas), Oscar Motuloh (Fotografer Senior Antara), Arifin Asydhad (Pemred Detik.com), Don Bosco Selamun (Pemred Beritasatu TV), Arbain Rambey (Fotografer Senior Kompas), Toriq Hadad (Direktur Pemberitaan Korporat Tempo Group), Arief Budi Susilo (Pemred Bisnis Indonesia).

    Adapun kriteria penilaian dari tim dewan juri CJA 2014 akan meliputi isu-isu infrastruktur perhubungan udara, peran pemerintah dalam mendorong industri penerbangan, serta kiprah Citilink di tengah persaingan bisnis maskapai penerbangan di Indonesia.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, di Desember 2014 Citilink melayani 182 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan.

    Adapun kota-kota tujuan terseut adalah; Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makasar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan, Solo, Surabaya,dan Palangkaraya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink). Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain, dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut yaitu 2011, 2012, 2013, 2014 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.