event icon Press Release

CITILINK LCC PERTAMA BERSERTIFIKAT ISO “DELAY MANAGEMENT”

event-dan-promo-kolom-1
  • meningkatkan kualitas layanannya kepada para pengguna jasa, kali ini dengan menerima Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 Delay Management dari badan sertifikasi ISO yang berpusat di Inggris, British Standard Institute (BSI), sekaligus menjadikannya maskapai LCC pertama bersertifikat ISO tersebut.

    President Direktur Citilink Albert Burhan dalam sambutannya pada acara penyerahan sertifikat tersebut di Jakarta, Selasa (5/1), mengemukakan bahwa delay management yang dimiliki dan diterapkan oleh Citilink Indonesia telah memenuhi sistem manajemen mutu berstandar internasional yang menjamin Service Quality Management kepada pelanggan.

    “Ini menjadi bukti kesungguhan dan ketaatan Citilink terhadap aturan yang diterapkan oleh Kementerian Perhubungan. Di samping itu, Citilink menjadi satu-satunya airline di Indonesia selain Garuda yang telah dinyatakan tersertifikasi ISO ini. Semuanya itu merupakan upaya Citilink untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, khususnya dalam prosedur penanganan ketika terjadi keterlambatan penerbangan,” kata Albert.

    Albert lebih jauh memaparkan bahwa, Sertifikat ISO 9011 : 2015 Delay Management merupakan acuan bagi Citilink Indonesia dalam menangani keterlambatan penerbangan sesuai dengan standar internasional. Proses yang dilalui Citilink untuk mendapat sertifikat ISO berlangsung selama tiga bulan sejak 25 September - 23 Desember 2015. Mulai dari rapat konsultasi hingga pemeriksaan lapangan dan penetapan prosedur standar operasional.

    Prosedur tersebut meliputi 17 prosedur, 14 uraian jabatan, 11 dokumen, 27 formulir. Sementara itu, audit lapangan yang juga dilakukan BSI meliputi 25 station domestik Citilink, audit diadakan baik dari segi station (KK dan Ground Handling), tiap-tiap Customer Service, serta Operation Control Center dan Call Center.

    Delay management merupakan salah satu atribut utama maskapai dalam memenuhi kepuasan pelanggan yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kredibilitas dan kepercayaan pelanggan. Sertifikat ISO 9001 : 2015 Delay Management ini kiranya dapat lebih meningkatkan kepuasan serta menguatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan yang Citilink berikan,” katanya.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, pada Desember 2015 Citilink telah melayani lebih dari 220 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 25 kota tujuan.

    Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmen meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan. Sepanjang 2015 Citilink meraih berbagai penghargaan baru, di antaranya Asia Best Employer Brand Awards dari Employer Brand Institute, Indonesia Original Brand dan Middle Class Brand Champions dari Majalah Swa, Best eMark Award dari Telkom University, dan Top IT Innovation Award on Transportation dari Kemenkominfo.

    Sedangkan dari Indonesia Travel and Tourism Foundation Citilink meraih untuk kategori Indonesia Leading Low Cost Airline selama lima tahun berturut-turut sejak 2011. Citilink pernah meraih penghargaan The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi situs www.citilink.co.id, halaman Facebook FanPage Citilink dan Twitter @citilink.