event icon Press Release

Citilink Melakukan Penyegaran Merek dengan Meluncurkan Livery Baru

img21
  • Citilink, Unit Usaha Strategis (SBU) dari PT. Garuda Indonesia, Tbk, untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC), hari ini melakukan penyegaran merek, dengan memperkenalkan livery baru di armada pesawatnya, menyambut era baru bagi Citilink. Livery ini akan diaplikasikan di semua pesawat?pesawat Airbus A320 yang akan mulai diterima bulan depan. Sebagai tambahan, armada Boeing 737 yang telah dimiliki akan dicat ulang dengan warna livery baru.

    Di bulan Juni 2011, dalam gelaran Paris Air Show, Garuda Indonesia telah menandatangani kontrak untuk pembelian 25 pesawat baru Airbus A320, dengan opsi penambahan jumlah pesawat sebanyak 25 pesawat, untuk penerbangan berbiaya murah Citilink. Pesawat baru ini akan diterima mulai tahun 2014. Sebelum kedatangan pesawat baru ini, PT Garuda Indonesia Tbk, akan menambah pesawat jenis Airbus A320 melalui leasing. Dalam waktu dekat akan datang 5 pesawat Airbus A320 yang akan sampai antara bulan September 2011 dan Februari 2012. Jumlah tersebut akan melipatgandakan jumlah armada Citilink yang dimiliki saat ini hingga Februari 2012 dan memungkinkan Citilink untuk mengembangkan jaringan penerbangan berbiaya murah di Indonesia. Citilink juga memiliki rencana untuk menambahkan lebih banyak pesawat A320 di tahun 2012 dan 2013. Rencana pengembangan Citilink bertujuan untuk berpartisipasi dalam memberikan jasa transportasi udara untuk segmen penerbangan berbiaya murah yang berkembang cepat dengan membawa tradisi kualitas keselamatan dan keamanan Garuda Indonesia grup untuk segmen ini.

    Garuda Indonesia saat ini sedang dalam proses persiapan untuk pemisahan Citilink menjadi anak perusahaan dari Garuda Indonesia grup yang akan beroperasi secara mandiri. Diharapkan hal ini dapat terealisasikan sekitar awal tahun 2012. Jika ini terjadi, grup Garuda Indonesia akan memiliki dua merek makapai penerbangan terdepan yang akan melayani seluruh segmen pasar. Garuda Indonesia, maskapai penerima banyak penghargaan, kelas dunia dan menyediakan layanan penuh, dan Citilink, akan menjadi maskapai penerbangan dengan kualitas tinggi berbiaya rendah, dengan menggunakan pesawat baru Airbus A320 keseluruh Indonesia dan negara?negara di wilayah regional dan menawarkan harga tiket yang terjangkau untuk penumpang.

    Menggunakan perpaduan warna hijau dan bentuk sayap menyerupai Garuda Indonesia, berasosiasi dengan kualitas yang pelanggan harapkan dari Garuda Indonesia terlihat di merek dan livery Citilink. Pesawat pertama yang telah dicat dan dikirim untuk dilakukan servis hari ini di kantor pusat di Cengkareng.

    Dalam beberapa bulan kedepan, livery baru akan diikuti dengan peluncuran secara menyeluruh dari strategi branding baru Citilink, yang mana termasuk interior baru dari pesawat, kantor tiketing baru, seragam baru awak kabin, situs baru dan penampilan baru dan didukung dengan program marketing dan komunikasi untuk menjangkau masyarakat secara luas.

    “Livery baru ini melambangkan era baru dari Citilink. Dengan komitmen yang signifikan dari Garuda Indonesia untuk mendukung dan mengembangkan bisnis penerbangan berbiaya murah, melalui Citilink di Indonesia, dimulai dengan pembelian 50 armada baru, perubahan warna livery dan rencana pelepasan Citilink menjadi perusahaan yang mandiri; Citilink akan menjadi salah satu pemain utama di segmen pasar penerbangan biaya murah (LCC) di wilayahnya,” ujar Elisa Lumbantoruan, Chief Financial Officer Garuda Indonesia dan merangkap sebagai Vice President untuk Unit Usaha Strategis (SBU) Citilink. “Kami sedang dalam proses mendaftarkan untuk mendapatkan SIUPP dan Air Operators Cirtificate (AOC) untuk Citilink.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, di Desember 2014 Citilink melayani 182 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan.

    Adapun kota-kota tujuan terseut adalah; Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makasar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan, Solo, Surabaya,dan Palangkaraya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink). Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain, dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut yaitu 2011, 2012, 2013, 2014 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.