event icon Press Release

Citilink Mendukung Pemerintah untuk Layani Penumpang Eks Batavia Air

img21
  • Jakarta, 7 Februari 2013 – Citilink, anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC), mendukung sepenuhnya himbauan Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Perhubungan Udara dengan mengakomodasi calon penumpang eks Batavia Air ke beberapa kota tujuan mulai 11 Februari 2013. Hari ini (Kamis, 7 Februari 2013), Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink Indonesia, Arif Wibowo, mengumumkan prosedur konversi tiket Citilink oleh penumpang eks Batavia Air.

    “Kami berharap melalui mekanisme yang dilakukan oleh Citilink dapat mengakomodasi seluruh calon penumpang untuk berwisata, menjumpai sanak-saudara sampai dengan melakukan aktifitas business di tempat tujuan dengan nyaman,” ujar Arif Wibowo.

    Prosedur dan ketentuan ‘transfer’ penumpang eks Batavia Air ke penerbangan Citilink adalah sebagai berikut:

    1. Penumpang ex Batavia yang ingin terbang dengan Citilink harus melakukan re-booking (penukaran tiket Batavia Air ke Citilink) mulai tanggal 8 Februari 2013 hingga 28 Februari 2013.

    2. Penerbangan hanya disediakan untuk keberangkatan (date of travel) sampai dengan 30 April 2013.

    3. Penumpang eks Batavia Air yang keberangkatannya (date of travel) di atas 30 April 2013 dapat melakukan re-booking untuk penerbangan Citilink dengan keberangkatan sebelum 30 April 2013.

    4. Terhitung mulai tanggal 11 Februari 2013, Citilink mulai melayani penerbangan ke rute tujuan yang sebelumnya telah dilayani oleh Citilink, hanya bagi penumpang eks Batavia Air yang telah melakukan re-booking.

    5. Mekanisme re-booking hanya dapat dilakukan di :

    • Sales Office Citilink Jakarta, Jalan Gunung Sahari Raya No. 52
    • Sales Office Citilink Surabaya, Juanda Business Center, Jl. Raya Juanda No.1 Blok C2

    Khusus untuk penerbangan dari Lombok, Denpasar, dan Ujung Pandang, re-booking hanya bisa dilakuan di Sales Office Citilink di masing-masing bandara.

    - Proses re-booking hanya dapat di lakukan pada hari kerja, Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.

    - Proses re-booking hanya dapat di lakukan di kota keberangkatan (misalnya untuk tiket tujuan Jakarta – Batam, hanya dapat melakukan re-booking di kantor penjualan Jakarta, yaitu di Sales Office Citilink di Jalan Gunung Sahari Raya No. 52)

    6. Dokumen yang harus dibawa saat pengurusan re-booking :

    - Tiket Batavia Air resmi (Citilink akan melakukan validasi atas keabsahan tiket tersebut, dan menukar tiket Batavia Air dengan Citilink apabila re-booking penerbangan Citilink telah dilakukan)

    - Identitas resmi asli dan kopinya, seperti KTP, SIM, atau Paspor.

    7. Penumpang harus datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan oleh travel agent atau pihak manapun. Apabila 1 kode booking terdapat lebih dari 1 penumpang, maka 1 kode booking tersebut dapat diwakilkan oleh 1 penumpang, dimana  tetap harus membawa identitas resmi (KTP, SIM, atau Paspor) penumpang lainnya (asli dan copynya)

    8. Bagasi cuma-cuma 20 kg diberikan kepada setiap penumpang/orang sesuai dengan ketentuan Citilink. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya sesuai tarif yang berlaku.

    9. Penumpang eks Batavia Air diwajibkan membayar IWJR (Iuran Wajib Asuransi Jasa Raharja) sebesar Rp 5.000 per orang untuk setiap penerbangan.

    Arif juga mengemukakan di masa datang Citilink akan terus melakukan penambahan frekuensi dan rute untuk mengakomodasi tingginya pengguna transportasi udara. ‘’Kami bekerja keras untuk memenuhi komitmen sebagai airline pilihan konsumen transportasi udara yang tumbuh pesat di negeri ini, terutama bagi mereka yang memilih menggunakan LCC,’’ tegasnya.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, di Desember 2014 Citilink melayani 182 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan.

    Adapun kota-kota tujuan terseut adalah; Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makasar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan, Solo, Surabaya,dan Palangkaraya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink). Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain, dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut yaitu 2011, 2012, 2013, 2014 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.