event icon Press Release

CITILINK RAIH LABA RP. 65 MILIAR SEPANJANG TAHUN 2015

833 x 399 - Press Release Fix
  • Jakarta, 16 Juni 2016 – Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia mencetak laba komprehensif US$ 4,9 juta atau sekitar 65 miliar sepanjang tahun 2015, mengalami lonjakan yang cukup besar jika dibandingkan dengan kinerja keuangan yang diperoleh tahun lalu.

    “Performa Citilink meningkat pesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pelemahan ekonomi global yang berlangsung sepanjang tahun 2015, Citilink justru berhasil mencetak laba bersih untuk pertama kali sejak berdirinya”, kata Presiden & CEO Citilink Albert Burhan di Jakarta, Kamis (16/6).

    Albert menjelaskan bukan hal mudah bagi Citilink untuk dapat memperoleh hasil yang luar biasa ini. Berbagai strategi dilakukan oleh Citilink, mulai dari penambahan pesawat baru, ekspansi rute penerbangan, penguatan branding dan value Citilink sebagai maskapai berbiaya murah yang tetap mengutamakan kenyamanan dan keamanan penumpang, begitu juga dengan program efisiensi yang dilakukan di seluruh lini pekerjaan.

    Pada tahun 2015 Citilink menunjukkan peningkatan laba bersih dari yang sebelumnya merugi US$ 14,8 juta di tahun 2014, menjadi untung US$ 3,5 juta. Adapun pada tahun 2015 pendapatan Citilink adalah US$ 470 juta atau naik 16,5% dari US$ 403,5 juta di tahun 2014.

    Sementara itu, pertumbuhan positif juga ditunjukkan melalui jumlah penumpang yang berhasil diterbangkan oleh Citilink dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015 tercatat total jumlah penumpang yang diterbangkan sebanyak 9,5 juta penumpang. Pada tahun 2012 sebanyak 2,8 juta penumpang diangkut, tahun 2013 sebanyak 5,3 juta penumpang, dan 2014 sebanyak 7,5 juta penumpang.

    Sedangkan untuk Seat Load Factor (SLF), Citilink juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2015 rata-rata SLF adalah sebesar 80.2%. Pada tahun 2012 rata-rata SLF adalah sebesar 70.6%, pada tahun 2013 sebesar 77%, dan pada tahun 2014 sebesar 79.6%.

    “Pertumbuhan positif Citilink juga dapat dilihat dari kenaikan jumlah penumpang dan jumlah kursi yang terisi setiap tahunnya. Jumlah penumpang penerbangan Citilink naik 26% jika dibandingkan tahun lalu, sedangkan Seat Load Factor mengalami kenaikan sebesar 0.6%”, jelas Albert.

    CITILINK SIAPKAN 112 EXTRA FLIGHT HADAPI LEBARAN 2016

    Pada kesempatan yang sama Albert juga menyatakan kesiapan Citilink dalam menghadapi lonjakan penumpang selama libur Lebaran 2016, yaitu dengan penambahan 112 penerbangan ekstra dan sedikitnya 16.800 extra seat yang akan diberlakukan pada puncak arus mudik dan balik, yaitu mulai tanggal 1-17 Juli 2016.

    Albert menjelaskan bahwa rute-rute yang ditambah frekuensi penerbangannya adalah rute pulang pergi dari Jakarta dengan tujuan Medan, Padang, dan Denpasar. Dengan penerbangan tambahan tersebut, Citilink akan terbang sedikitnya 238 kali dalam sehari selama periode Lebaran.

    “Kami siap mengerahkan seluruh armada Citilink yang terdiri dari 38 unit pesawat Airbus A320 dan 2 unit pesawat Boeing 737-500 untuk mengangkut penumpang selama libur Lebaran 2016. Pemeriksaan dan perawatan secara berkala dan khusus telah dilaksanakan sehingga dapat dipastikan pesawat kami berada dalam kondisi prima dalam menyambut padatnya jadwal saat libur Lebaran mendatang”, jelas Albert.

    Selain itu, katanya, Citilink juga akan mengerahkan armada cadangan berupa 1 unit pesawat Airbus A320 dan 1 unit Boeing 737-500.

    Pesawat Airbus A320 Citilink memiliki kapasitas tempat duduk untuk 180 penumpang dan pesawat Boeing 737-500 memiliki kapasitas tempat duduk untuk 120 penumpang.

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah.

    Berbasis di Jakarta dan Surabaya, pada April 2016 Citilink telah melayani lebih dari 240 frekuensi penerbangan harian ke 27 kota tujuan Jakarta, Surabaya, Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makassar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, Solo, Palangkaraya, Pontianak, Manado, Aceh dan Dili.

    Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmen meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan. Sepanjang 2015 Citilink meraih berbagai penghargaan baru, di antaranya Asia Best Employer Brand Awards dari Employer Brand Institute, Indonesia Original Brand dan Middle Class Brand Champions dari Majalah Swa, Best eMark Award dari Telkom University, dan Top IT Innovation Award on Transportation dari Kemenkominfo. Sedangkan dari Indonesia Travel and Tourism Foundation Citilink meraih untuk kategori Indonesia Leading Low Cost Airline selama lima tahun berturut‐turut sejak 2011

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi situs www.citilink.co.id, halaman Facebook FanPage Citilink dan Twitter @citilink.