event icon Press Release

Citilink Terbangi Surabaya – Pekanbaru Dukung Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Riau

img21
  • Pekanbaru, 17 November 2014 – Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink melihat potensi ekonomi besar yang dimiliki Provinsi Riau sehingga memutuskan untuk membuka rute baru penerbangan Surabaya – Pekanbaru PP, setelah sebelumnya menerbangi Pekanbaru dua kali sehari via Jakarta, sebagai upaya untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan ekonomi dan mobilitas penduduk di Provinsi Riau dan Jawa Timur.

    “Kekuatan ekonomi yang dimiliki Pekanbaru dan Surabaya dapat disinergikan guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di masing-masing wilayah. Citilink dalam hal ini membantu percepatan sinergi tersebut sehingga betul-betul bisa dirasakan secara nyata bagi masyarakat Riau dan Jawa Timur,” kata Vice President Corporate Communications PT. Citilink Indonesia, Benny S Butarbutar di Pekanbaru, Senin.

    Benny Butarbutar mengatakan bahwa hal tersebut juga didasari oleh strategi ekspansi bisnis Citilink yang mengutamakan penguatan konektivitas antar kota di Indonesia, sekaligus sebagai langkah antisipatif untuk memperkuat jaringan domestik menyambut ASEAN Open Sky Policy 2015. Perluasan konektivitas pada akirnya meningkatkan daya saing Ctilink dalam era liberalisasi tersebut.

    Sebagai kota terbesar ketiga di Sumatera, sudah saatnya “Kota Bertuah” yang sebelumnya terhubung dengan enam kota di Indonesia (Jakarta, Batam, Dumai, Medan, Bandung dan Yogyakarta) serta Kuala lumpur dan Singapura, memiliki keterhubungan dengan Surabaya yang merupakan salah satu pusat perekonomian penting di Jawa Timur dan Indonesia.

    Berdasarkan data BPS Semester I 2014, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau tercatat tumbuh sebesar 3,42 persen, dengan sumber pertumbuhan terutama berasal dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan. Tetapi, pertumbuhan pada sektor perdagangan, hotel dan restoran (pariwisata) tercatat lebih tinggi lagi yaitu sebesar 8,52 persen.

    Citilink akan melayani penerbangan Surabaya – Pekanbaru setiap hari dengan keberangkatan pukul 05.20 WIB, sementara untuk Pekanbaru – Surabaya akan diberangkatkan pukul 08.25 WIB. Citilink sebelumnya telah memperkuat penerbangan dari Surabaya dengan membuka rute Surabaya-Makassar dan Surabaya – Palangkaraya guna mengutilisasi armada berkekuatan 31 pesawat Airbus A320 pada November 2014.

    Sejak Citilink memperoleh Air Operator Certificate (AOC) dari Kementerian Perhubungan pada 2012 Citilink telah berkembang dengan pesat. Diawali dengan sembilan pesawat Airbus A320, bertambah menjadi 29 pesawat pada 2013, dan akan menjadi 32 pesawat pada akhir 2014. Dan akan menjadi 50 pesawat pada 2016, tetap dengan armada jenis Airbus A320.

    Citilink telah menerbangkan sebanyak 2,9 juta penumpang pada 2012, kemudian meningkat sebanyak 5,2 juta penumpang pada 2013, dan menargetkan untuk menerbangkan 8,2 juta penumpang hingga akhir 2014. Adapun kota-kota yang diterbangi hingga kini mencapai 26 kota dengan frekuensi penerbangan mencapai 180 penerbangan per hari. Sedangkan tingkat  ketepatan waktu penerbangan atau on time performance (OTP) rata-rata mencapai 87% dari keseluruhan penerbangan. 

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, di Desember 2014 Citilink melayani 182 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan.

    Adapun kota-kota tujuan terseut adalah; Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makasar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan, Solo, Surabaya,dan Palangkaraya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink). Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain, dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut yaitu 2011, 2012, 2013, 2014 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.