event icon Press Release

DUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA BARAT, CITILINK BUKA RUTE PONTIANAK – BATAM

Press Release Fix
  • Pontianak, 1 Desember 2016 – Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia membuka rute penerbangan langsung Batam – Pontianak mulai tanggal 1 Desember 2016 guna mendukung kedua kota tersebut untuk menjadi pembuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian barat.

    “Letak geografis Provinsi Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau yang berbatasan langsung membuat kedua provinsi tersebut memiliki peran yang strategis untuk menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia Barat”, kata President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan di Pontianak, Kamis (1/12).

    Albert menilai kedua kota baik Batam maupun Pontianak memiliki potensi ekonomi yang luar biasa yang akan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia.

    Sektor industri dan perdagangan misalnya, kedua sektor ini berkembang dengan pesat di kedua kota dan tentunya bisa tumbuh lebih besar lagi apabila didukung dengan akses transportasi yang lebih mudah dan nyaman.

    Albert menjelaskan rute penerbangan langsung Pontianak – Batam pp dibuka untuk mengakomodir besarnya permintaan pelanggan yang menginginkan Citilink membuka rute tersebut. Hal ini disebabkan saat ini maskapai yang melayani rute Pontianak – Batam pp dan sebaliknya masih sangat minim sehingga pilihan masyarakat untuk bepergian menjadi terbatas.

    “Rute ini juga sekaligus menjadi penerbangan langsung Citilink pertama yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Kalimantan. Dengan demikian penumpang bisa melakukan perjalanan dengan lebih singkat dan efektif tanpa harus transit di Jakarta terlebih dahulu”, tambahnya.

    Selain itu, rute ini banyak diminati karena segmen masyarakat yang terbang pada rute Pontianak – Batam pp cukup beragam, mulai dari penumpang bisnis ataupun leisure. Oleh karena itu, katanya, Citilink memilih waktu penerbangan terbaik yaitu pada pagi hari agar penumpang bisa segera menjalankan aktivitasnya segera setelah tiba di kota tujuan.

    Penerbangan rute Pontianak – Batam pp akan dilayani setiap hari masing-masing satu kali sehari dengan durasi 75 menit penerbangan. Untuk rute Pontianak – Batam pada pukul 08.30, sementara untuk rute sebaliknya pada pukul 15.15 dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

    Selain membuka rute baru Pontianak – Batam pp, Citilink Indonesia juga menambah frekuensi pada rute-rute lain dari dan menuju ke Pontianak, yaitu Pontianak – Jakarta pp dan Pontianak – Surabaya pp dari sebelumnya masing-masing satu kali sehari menjadi dua kali sehari.

    “Melalui pembukaan dan penambahan frekuensi rute ini selain untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat yang ingin bepergian, kami berharap ini juga akan semakin memperluas konektivitas Citilink di Indonesia”, tutup Albert.

    Dari Januari hingga Oktober 2016 tercatat Citilink Indonesia telah mengangkut 9,11 juta penumpang di seluruh rute Citilink di Indonesia. Untuk rute Pontianak, Citilink telah menerbangkan 82.559 penumpang dari Pontianak dan 85.167 penumpang menuju ke Pontianak.

      

    Tentang Citilink

    Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah.

    Saat ini Citilink telah melayani lebih dari 234 frekuensi penerbangan harian ke 27 kota tujuan Jakarta, Surabaya, Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makassar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, Solo, Palangkaraya, Pontianak, Manado, Aceh dan Dili.

    Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmen meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan. Sepanjang 2015 Citilink meraih berbagai penghargaan baru, di antaranya Asia Best Employer Brand Awards dari Employer Brand Institute, Indonesia Original Brand dan Middle Class Brand Champions dari Majalah Swa, Best eMark Award dari Telkom University, dan Top IT Innovation Award on Transportation dari Kemenkominfo. Sedangkan dari Indonesia Travel and Tourism Foundation Citilink meraih untuk kategori Indonesia Leading Low Cost Airline selama lima tahun berturut-turut sejak 2011

    Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi situs www.citilink.co.id, halaman Facebook FanPage Citilink dan Twitter @citilink.