Sejarah Citilink

img21
  • Sejak tahun 2001, Citilink Indonesia telah beroperasi sebagai maskapai berbiaya hemat dalam bentuk divisi bisnis Garuda Indonesia hanya dengan menggunakan beberapa pesawat, manajemen bandwith yang terbatas serta beberapa rute dengan fokus pada perkembangan merk Garuda Indonesia yang merupakan maskapai premium.
     
    Setelah perubahan signifikan bisnis Garuda ditahun 2011, pengembangan dan ekspansi Citilink turut menjadi fokus utama Garuda Group.
     
    Citilink memiliki visi untuk menjadi maskapai penerbangan berbiaya murah terkemuka di kawasan regional dengan menyediakan jasa angkutan udara komersial berjadwal, berbiaya murah, dan mengutamakan keselamatan.
     
     

    Citilink highlight 2001-2020

    2001: Citilink berdiri sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) Garuda Indonesia, beroperasi pertama kali pada 16 Juli 2001 di rute Jakarta-Surabaya dengan armada Fokker F28.

    2012: Citilink mendapatkan Air Operator Certificate (AOC) dan berdiri pada 22 Juni 2012 sebagai maskapai berbiaya hemat (LCC) di bawah naungan Garuda Indonesia Group.

    Citilink beroperasi dengan armada pesawat Airbus A320 serta logo, livery, callsign dan seragam baru.

    2014: Citilink beroperasi perdana di Bandara Halim Perdanakusuma dan menjadi maskapai komersial pertama yang beroperasi di bandara tersebut.

    2015: Citilink menjadi maskapai berbiaya hemat pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 perihal SOP Delay Management

    2016: Citilink memenuhi standar keselamatan penerbangan Uni Eropa

    2017: Citilink mendatangkan pesawat Airbus A320NEO ke jajaran armada Citilink.

    Citilink melakukan penerbangan internasional pertama menuju ke Dili, Timor Leste.

    Citilink meraih gelar perusahaan jasa transportasi udara terbaik dalam mengelola aspek keselamatan penerbangan dalam ajang Transportation Safety Management Award 2017 yang digelar oleh Kementerian Perhubungan.

    2018: Citilink mendapat predikat Maskapai Berbiaya Hemat bintang 4 dari Skytrax, Maskapai Berbiaya Hemat bintang 4 dari APEX, dan penghargaan Best Low Cost Airlines-Asia dari Trip Advisor. 

    Citilink membuka rute internasional ke Kuala Lumpur dan Penang, Malaysia.

    Citilink memperkenalkan seragam awak kabin baru dengan motif Gurdo Aji.

    2019: Citilink membuka rute internasional ke Phnom Penh, Kamboja dan Perth, Australia. 

    Citilink kembali meraih predikat Maskapai Berbiaya Hemat Bintang Empat dari APEX.

    Citilink Indonesia melengkapi armadanya dengan pesawat propeller ATR 72-600 dan pesawat berbadan lebar Airbus A330-900NEO.

    2020: Citilink membuka rute internasional ke Melbourne (Avalon), Australia dan Jeddah, Arab Saudi. 

    Citilink mengoperasikan pesawat kargo (freighter).

    Citilink meraih penghargaan Best Low-Cost Airline di Asia untuk ketiga kalinya dalam ajang TripAdvisor Travelers’ Choice Award 2020



     

        Balik ke CitilinkPedia    

     Untuk Anda yang belum bergabung menjadi anggota GarudaMiles,
    registrasi sekarang dan jangan lewatkan penawaran-penawaran spesial kami.
    Kunjungi:
    member.citilink.co.id


    #BetterFlyCitilink