Citilink Cargo

Lebih Cepat Pengiriman Cargo #BarengCitilink


 
Pengiriman Cargo Live Animals
 
 
 
  • Product & Services

    Citilink Cargo merupakan bagian pelayanan kepada customer dalam bidang pengiriman barang melalui udara.

    Layanan jasa pengiriman kargo port to port sesuai dengan load capacity yang tersedia pada penerbangan Citilink (Priority Cargo).

    Saat ini Citilink melayani jasa pengiriman udara untuk jenis General Cargo dan Special Cargo dengan mengutamakan aspek keamanan, ketepatan waktu pengiriman serta menjamin keutuhan barang sampai di tempat tujuan.

    1. General Cargo

    Pesawat dengan kargo
             

    Citilink Cargo melayani pengiriman barang umum atau General Cargo, seperti fashion, tekstil, buku, mainan, dan lain sebagainya. Pengiriman General Cargo harus dilakukan penanganan yang tepat;


     
    1. Reservation
      • Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman Dangerous Goods
      • Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan
      • Customer juga diharapkan telah menyiapkan dokumen
    2. Cargo dapat diterima oleh Citilink minimal 180 menit sebelum keberangkatan
    3. Barang akan di identifikasi oleh Citilink terkait keamanan
    4. Melakukan proses Packing, Marking, dan Labelling
    5. Setelah semua proses berlangsung, Cargo dapat diangkut dan siap di kirim
     


    2. Special Cargo

    Citilink Cargo melayani pengiriman barang special cargo, dimana membutuhkan pengemasan dan penanganan khusus. Berikut special cargo yang dapat dikirim menggunakan pesawat Citilink:

    Barang-barang zat berbahaya
             

    Dangerous Goods

    Citilink Cargo kini melayani pengiriman Barang Berbahaya atau Dangerous Goods yang berisiko membahayakan kesehatan, keselamatan, aset atau lingkungan. Misalnya produk yang mengandung zat yang berpotensi memicu ledakan atau kiriman barang hasil industri kimia.



    1. Reservation
      • Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman Dangerous Goods
      • Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan
      • Customer juga diharapkan telah menyiapkan dokumen
    2. Cargo dapat diterima oleh Citilink minimal 180 menit sebelum keberangkatan
    3. Barang akan di identifikasi oleh Citilink terkait keamanan
    4. Barang akan diproses Packing, Marking, dan Labelling
    5. Setelah semua proses berlangsung, Cargo DG wajib di snapshot foto saat diangkut (acceptance s/d loading di pesawat)
     

    ​​

    Sayuran dan buah-buahan
             

    Perishable Goods

    Citilink Cargo melayani pengiriman yang rentan akan waktu dan tempat atau Perishable Goods yang membutuhkan penanganan khusus dengan menyediakan Cool Room di Warehouse. Contoh Perishable Goods, Frozen Food, Buah-buahan, Sayuran dan bunga.


     
    1. Reservation
      • Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman Dangerous Goods
      • Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan
      • Customer juga diharapkan telah menyiapkan dokumen
    2. Cargo dapat diterima oleh Citilink minimal 180 menit sebelum keberangkatan
    3. Barang akan diproses Packing, Marking, dan Labelling
    4. Barang harus melakukan karantina
    5. Barang bisa langsung dikirim ketika dinyatakan aman​


    Bermacam hewan peliharaan di kandang
             

    Live Animals (AVI)

    Citilink Cargo melayani pengiriman Hewan atau Live Animal (AVI) yang membutuhkan penanganan yang tepat dan aman. Seperti, Unggas (Day Old Chick (DOC) Anak Ayam), Pets dan Reptil (Kura-kura, Penyu, Labi-labi), Cacing Lubricants Hidup.



    1. Reservation :
      • Customer harus melakukan reservasi (pembukuan) terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space (available space) untuk pengiriman live animals tersebut.
      • Customer juga harus Memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan.
    2. Cargo dapat diterima oleh Citiink minimal 3 Jam sebelum jadwal penerbangan.
    3. Pengirim harus menyediakan surat karantina dan surat sehat dari dokter hewan
    4. Pengirim harus menyediakan kandang yang nyaman sesuai dengan standar kemasan penerbangan yang telah ditentukan Citilink:
    5. Menggunakan Kandang (container box) supaya dapat mencegah binatang tersebut keluar pada saat delivery.
    6. Cargo Wajib diberi tanda khusus (labeling) LIVE ANIMAL (AVI) dan This Way Up.
    7. Pengirim (customer) harus menyediakan kebutuhan makanan dan minuman hewan tersebut selama proses delivery dengan memperhitungkan waktu yang akan ditempuh.
    8. Untuk tipe pesawat Airbus A-320, pengiriman anak ayam (Day Old Chick) & (Day Old Duck) dibatasi maksimum 80 (delapan puluh) collie per-flight.
    9. Pakan Cadangan ternak/hewan unggas yang terdapat dalam kemasan box/kandang wajib dialasi/proteksi dengan kertas koran atau bahan penyerap lainnya.​


    Apotik penjual obat
             

    Pharmacy Goods

    Citilink Cargo melayani pengiriman obat-obatan dan alat kesehatan (healthcare). Barang jenis ini membutuhkan pengaturan suhu dan penanganan yang optimal.



    1. Reservation
      • Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman Dangerous Goods
      • Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan
      • Customer juga diharapkan telah menyiapkan dokumen
    2. Cargo dapat diterima oleh Citilink minimal 180 menit sebelum keberangkatan
    3. Barang akan dilakukan pemeriksaan sesuai jenisnya untuk memastikan penanganan barang

    Barang bisa langsung dikirim ketika dinyatakan aman​



    Harta uang dan emas bertatakan
             

    Valuable Goods

    Citilink Cargo akan melayani pengiriman barang berharga seperti emas, bank notes, perhiasan dan karya seni yang membutuhkan penanganan dan tingkat keamanan yang terjamin.



    1. Pengirim memberikan kepastian keberangkatan dengan melakukan reservasi guna memastikan ketersediaan space di pesawat, kemungkinan connecting flight (transit) dan keberangkatan ke station tujuan dengan pesawat lanjutan.
    2. Pada saat reservasi pengirim wajib menyebutkan commodity Valuable (VAL) & Vulnerable Goods (VUN) yang akan dikirim, seperti emas, obligasi, uang, dan lainnya.
    3. Melengkapi dokumen resmi dari daerah/kota tujuan asal, transit dan tujuan pengiriman.
    4. Melakukan pengisian SMU ( Surat Muatan Udara ) & PTI ( Penjelasan Tentang Isi ) harus sesuai dengan Prosedur Citilink serta Surat pembebasan tanggung jawab yang dikeluarkan oleh Citilink (pada saat penerimaan di bandara) wajib ditempelkan materi 10.000 dan ditandatangani.
    5.  Kemasan/Packaging harus kuat agar dapat melindungi konten dari kerusakan maupun tindakan criminal/pelanggaran. Bagian sudut/sisi tajam pada bagian luar kemasan harus dipasang pelindung (kardus/plastic bubble wrap).
    6. Dalam satu (1) kemasan, commodity ini tidak boleh dikonsolidasi/digabung dengan barang lain, kecuali dengan commodity sejenis.
    7. Apabila kemasan lebih dari satu maka wajib diberikan penomoran/penandaan di tiap kemasan​​
     


    Peti diangkat oleh tiga laki
       

    Human Remains (HUM)

    Citilink Cargo melayani pengiriman Jenazah untuk tujuan domestik.



    1. Reservation
      1. Customer melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space untuk pengiriman (HUM) Cremated & Un-Cremated
      2. Customer memastikan kelengkapan surat-surat dan dokumen penting lainnya
    2. Dipastikan kembali pengiriman jenazah meggunakan Peti, Guci, ataupun Kotak.
      1. Peti jenazah akan dilapisi seng atau lapisan kedap lainnya serta dipatri untuk mencegah kebocoran dan mencegah timbulnya bau yang tidak sedap.
      2. Kemasan peti jenazah yang telah siap untuk dibawa ke Bandara wajib dilapisi plastic wrapping dan setiap sudutnya ditutupi oleh rubber atau proteksi potongan kardus.
    3. Pastikan untuk tiba di gudang minimum 180 menit untuk penerbangan International sebelum Schedule Time of Departure (STD). Dan 120 menit untuk penerbangan domestik sebelum STD.
    4. Cargo Jenazah ditempatkan di area khusus Jenazah dan terpisah dengan penyimpanan General Cargo (Genco), Dangerous Goods (DG) dan Live Animals (AVI).
    5. Cargo Jenazah akan diawasi oleh personil Citilink dan dipastikan dalam keadaan baik​


    Laki mengangkat barang berat
             

    Heavy Cargo

    Citilink Cargo melayani pengiriman Heavy Cargo, barang yang dapat diangkut kedalam pesawat dan didistribusikan sesuai dengan ketentuan Citilink Weight & Balance Manual (WBM) dan sesuai jenis pesawatnya. Seperti, Spareparts dan alat berat.



    1. RESERVATION : Harus memiliki kepastian dari reservasi mengenai
      • Ketersediaan space di pesawat
      • Kemungkinan connecting flight
      • Keberangkatan ke station tujuan
    2. Penerimaan cargo min. 3 Jam sebelum jadwal penerbangan
    3. Pengirim wajib memastikan kemasan telah sesuai dengan standar kemasan penerbangan yang telah ditentukan Citilink:
      • Diberi protector/pelindung plastic bubble wrap ataupun potongan kardus (absorbent) ujung disetiap sudut kemasan agar dapat mencegah kerusakan atau robek pada kompartemen pesawat.
      • Diberi spreader jika diperlukan agar memudahkan petugas dalam proses penanganan loading maupun unloading baik ke gerobak maupun ke pesawat.
      • Wajib diberi tanda khusus/label FRAGILE dan THIS WAY UP.
      • Pengirim wajib mengetahui dari maksimum ukuran pintu pesawat (Aircraft door size) dari sejenisnya.

    Untuk tipe pesawat Airbus A-320, pengiriman Heavy Cargo – HEA dibatasi maks. 150kgs per collie​



    Aneka seafood segar
             

    Marine Products

    Citilink Cargo melayani pengiriman Wet Cargo, seperti Ikan laut, Tuna, Kepiting, Udang, Belut, dan Lobster.



    1. Reservation :
      • Customer harus melakukan reservasi terlebih dahulu di official cargo agent Citilink terdekat dan memastikan ketersediaan space (available space) untuk pengiriman marine products tersebut.
      • Customer juga harus memastikan kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke station tujuan.
    2. Untuk Packing yang aman, Customer diminta untuk menyiapkan box Styrofoam.
      • Menggunakan alas absorbent
      • Masukan komoditas (Marine Products) ke dalam dua lapis kantung plastik dengan ketebalan 0,08 mm
      • Ikat ujung kantung plastik pertama dengan karet gelang kemudian  masukan kedalam kantung plastik lainnya dan ikat kembali ujung plastik tersebut dengan karet gelang
      • Masukan kantung plastik yang berisi  komoditas tersebut ke dalam kantung plastik pada box Styrofoam kemudian ikat ujung  plastik dengan karet gelang. Beri absorbent dibagian atas komoditas
      • Tutup box styrofoam dengan tutupnya, satukan dengan menggunakan tape band dengan ukuran lebar lebih 4 cm kemudian pasang label live animal dan This Way Up
      • Bungkus Styrofoam dengan kantung plastik ketebalan 0,08 mm
      • Ikat Plastik Pembungkus styrofoam dengan lakban/ tape band lebar lebih 4 cm)
    3. Dokumen / surat-surat pendukung kargo yang dikirim seperti Sertifikat Karantina , agar diserahkan minimal 4 jam sebelum keberangkatan
    4. Cargo Wajib diberi tanda khusus (labeling) Marine Product​


    3. Freighter

    Pesawat kargo citilink
             

    Citilink Freighter merupakan pesawat cargo milik Citilink yang memiliki kapasitas mencapai 13 Ton untuk mengangkut Kargo ke rute-rute domestik hingga kawasan Asia.

    Untuk reservasi dan pemesanan hubungi Sales Representative Citilink


    Untuk detail pengiriman barang anda dapat menghubungi Cargo Service Center (CSC) dan Mitra Agen Cargo Citilink di Kota Anda. Info lengkap silahkan menghubungi infocargo@citilink.co.id



    Product and Service

    1. Apa yang dimaksud dengan pengiriman cargo ?

      Cargo Udara adalah Segala jenis barang yang akan dikirim atau diangkut dengan menggunakan pesawat udara yang telah dilengkapi dengan SMU/AWB serta dengan dokumen pendukung lainnya.

    2. Barang apa saja yang dapat dikirim menggunakan cargo ?

      General Cargo :
      adalah kargo  yang digunakan untuk pengiriman barang tahan lama yang tidak memerlukan perlakuan khusus seperti pakaian dan lain-lain.

      Special Cargo :
      adalah kargo yang membutuhkan penanganan khusus mulai dari  penerimaan, penyimpanan, pengangkutan dan penyerahannya karena sifat, nilai, atau keadaan lainnya seperti Dangerous Goods, Hewan Peliharaan, Human Remains dan lain sebagainya.

    3. Bagaimana cara melacak barang saya ?

      Silakan mengunjungi  https://cargo.citilink.co.id/AWBTracking.aspx kemudian masukkan no AWB Anda, maka posisi barang Anda akan ditampilkan oleh website kami.

    4. Bagaimana cara mengambil barang saya ?

      Customer bisa mengambil barang sendiri ke Gudang cargo incoming dengan menunjukan kartu Identitas (KTP/SIM) atau jika diwakilkan wajib membawa surat kuasa bermaterai 10.000 dan fotocopy KTP.

    5. Berapa tarif cargo ?

      Tarif Cargo Citilink adalah tarif port to port atau tarif airport to airport termasuk pajak dan asuransi cargo. Untuk tarif yang diberikan oleh agent cargo adalah tarif airlines ditambah tarif pemeriksaan barang (regulated agent) dan tarif pergudangan.

    6. Bagaimana perhitungan biaya kirim ?

      Biaya kirim barang dihitung berdasarkan berat barang atau volume barang.

      Adapun metode perhitungan adalah sebagai berikut  :

      1. Metode Perhitungan biaya berdasarkan berat barang yang actual :

        Berat barang kiriman x Tarif normal yang berlaku

      2. Metode perhitungan biaya berdasarkan volume barang :

        = ((Panjang x Lebar x Tinggi) : 6000) x Tarif normal yang berlaku

      Apabila perhitungan biaya berdasarkan volume barang lebih tinggi dari perhitungan berdasarkan berat maka akan dikenakan biaya yang lebih tinggi yaitu berdasarkan volume barang.

    7. Bagaimana mengirim cargo ke luar negeri ?

      Untuk saat ini Cargo Citilink belum bisa melakukan pengiriman ke luar negeri, untuk pengiriman cargo ke luar negeri Citilink bekerjasama dengan cargo Garuda Indonesia.

    8. Apakah ada biaya extra (surcharges)

      Citilink mengenakan biaya extra untuk komoditas special cargo (surcharges) seperti Hewan Peliharaan (Live Animals), Wet Cargo, Heavy Cargo, Human Remains, Dangerous Goods dan lainnya.

    9. Apakah Cargo Citilink telah dilindungi oleh asuransi ?

      Ya , setiap barang yang dikirimkan menggunakan jasa Cargo Citilink telah diasuransikan. Pertanggungan asuransi meliputi :

      1. Kerusakan Barang dalam pengiriman : Pergantian 30x biaya pengiriman. Max IDR 100.000.000,- / kejadian
      2. Kehilangan Barang dalam pengiriman : Pergantian 30x biaya pengiriman. Max IDR 100.000.000,- / kejadian
      3. Garansi Keterlambatan : Pergantian Biaya Pengiriman Max IDR 1.000.000

         

    10. Bagaimana suatu pengiriman dikatakan terlambat ?

      Barang terlambat apabila melewati batas 3 x 24 jam tidak sampai ditempat tujuan

    11. Bagaimana suatu pengiriman dikatakan hilang ?

      Barang hilang apabila melewati batas waktu 14 hari tidak sampai ditempat tujuan

    12. Bagaimana suatu pengiriman dikatakan rusak ?

      Barang dikatakan rusak apabila diterima tidak dalam kondisi semestinya baik jumlah, bentuk, dan volume yang terverifikasi oleh petugas citilink.

    13. Dimana saya bisa check schedule penerbangan ?

      Silakan mengunjungi website kami di www.citilink.co.id

    14. Apakah Citilink menyediakan box packaging dari barang yang akan dikirim ?

      Tidak, silakan menghubungi agen kargo langganan anda

    15. Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengirim barang ?
      1. Surat muatan udara (SMU), Airway bill (AWB)
      2. Surat pembebasan tanggung jawab yang dikeluarkan oleh Citilink (pada saat penerimaan di bandara)
      3. Wajib ditempelkan materai Rp.10.000 dan ditanda tangani oleh pihak pengirim/shipper
      4. Surat pemberitahuan tentang isi (PTI) wajib disebutkan nama isi sebenernya dari kemasan kargo tersebut, disertakan pada saat pengiriman dan dilaporkan pada saat penyerahan seluruh dokumen pendukung.
      5. Dokumen pendukung yang dikeluarkan oleh instansi terkait, untuk komoditas special cargo
      6. Pengurusan surat-surat agar dilakukan min. 1 hari sebelum keberangkatan.
    16. Bagaimana cara mengajukan complain

      Hubungi Customer Service melalui e-mail infocargo@citilink.co.id

    17. Apakah Citilink melayani pengiriman door to door ?

      Untuk saat ini Cargo Citilink belum melayani pengiriman secara door to door

    18. Apakah Citilink melayani pengiriman same day service ?

      Untuk saat ini Cargo Citilink belum melayani pengiriman secara same day service

    19. Apakah Citilink mempunyai sales counter (drop point) ?

      Citilink mempunyai sales counter (drop point/ cargo service centre/ cargo sales outlets) di beberapa bandara berikut (Halim Jakarta, Cengkareng Jakarta, Bandung, Surabaya, Tanjung Pinang, Kuala Namu Medan, Jaya Pura )

      

    1. Bagaimana cara jadi mitra agent Citilink Cargo ?
      1. Pengajuan Surat Permohonan Keagenan Cargo.
      2. Company profile (alamat/lokasi, SDM, dan Visi Misi)
      3. Struktur Organisasi (lengkap dengan alamat email perusahan, nama pejabat, dan contact person)
      4. Akte Pendirian Perusahaan
      5. Pengesahan Menteri Kehakiman dan HAM
      6. Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT)
      7. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB)
      8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
      9. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
      10. Kualifikasi Staff:
        1. Basic cargo course
        2. Awareness Aviation Security
        3. STKP / License Dangerous Goods (Sertifikasi Dirjen Perhubungan Udara) yang masih aktif
      11. Melampirkan Laporan Penjualan (Sales Report) 3 bulan terakhir per airlines.
      12. Mengisi Formulir Permohonan Keagenan
      13. Mengisi Formulir Permohonan User ID
      14. Surat Pernyataan kesanggupan memenuhi peraturan keagenan cargo Citilink

        Kelengkapan data dukung keagenan kargo disampaikan ke alamat email: cargosales@citilink.co.id

    2. Apa benefit menjadi mitra agent Citilink Cargo

      Komisi agen cargo, Update info harga dan rute secara berkala

    3. Siapa saja yang menjadi agent citilink
    4. Semua badan usaha yang telah memiliki dokumen-dokumen perusahan yang sah. 

     
     





        Register Agent Cargo     

        Login Agent Cargo